Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Macam-macam hewan, siklus hidup, dan manfaat bagi manusia

Macam-macam hewan, siklus hidup, dan manfaat bagi manusia

Ratings: (0)|Views: 1,830|Likes:
Published by ikawawi
Macam-macam hewan, siklus hidup, dan manfaat bagi manusia. buku Ika wawi Sdn.Ambulu 01.
Macam-macam hewan, siklus hidup, dan manfaat bagi manusia. buku Ika wawi Sdn.Ambulu 01.

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: ikawawi on Apr 22, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/02/2013

pdf

text

original

 
 Perkembangbiakan Hewan
 
Berkembang biak adalah suatu kemampuan makhluk hidup untuk memperbanyak jenisnya, ataumenghasilkan keturunan. Tujuan berkembang biak untuk mempertahankan jenisnya sehingga terhindardari kepunahan.Hewan mengalami kepunahan karena pemanfaatan bagian tubuh hewan yang digunakanuntuk memenuhi kebutuhan manusia. Pemanfaatan bagian tubuh hewan dapat mengganggukeseimbangan ekosistem.Perkembangbiakan hewan dapat di bedakan menjadi dua macam yaitu secara Vegetatif dan Generatif.Perkembangbiakan Vegetatif terjadi tanpa peleburan Sel Kelamin Jantan dan Betina. Perkembangbiakan Vegetatif biasanya terjadi pada hewan tingkat rendah atau tidak bertulang belakang .Cara perkembangbiakan hewan ada beberapa cara, di antaranya dengan cara melahirkan (vivipar), bertelur (ovipar), dan bertelur melahirkan (ovovivipar), serta ada yang berkembangbiak dengan caramembelah diri (fragmentasi).
Perkembangbiakan secara Kawin (Generatif)Perkembangbiakan pada hewansecara kawin diawali dengan pembuahan. Pembuahan terjadi jika selkelamin betina (sel telur) dan sel kelamin jantan(spermatozoid) berbaur (bersatu). Hasil pembuahan inidisebut zigot.
Zigot adalah proses perkembangbiakan sebelum janin atau calon janin/embriopada rahim wanita.
Zigot tumbuh menjadi embrio (janin). Embrio inilah kelak menjadi keturunan baru.Berdasarkan tempat terjadinya pembuahan, hewan yang berkembang biak dengan cara bertelurdikelompokan menjadi dua jenis, yaitu:
1.
Hewan bertelur yangpembuahannya terjadi di dalam tubuh hewan betina (Fertilisasi Internal).Pembuahan di dalam tubuh terutama terjadi pada kelompok reptilia (hewan melata), unggas, danmamalia (hewan menyusui).Contohnya: ayam dan burung.
2.
Hewan bertelur yang pembuahannya terjadi di luar tubuh betina (Fertilisasi Eksternal). Pembuahandi luar tubuh terjadi karena penggabungan sel telur dan sperma terjadi di luar tubuh induknya.Contohnya: katak dan ikan.Perkembangbiakan secara kawin pada hewan dibedakan menjadi tiga, yaitusebagai berikut :
Hewan yang Berkembang Biak dengan Bertelur (Ovipar)
 
Pada hewan bertelur, pertumbuhan dan perkembangan embrio terjadi di luar tubuh induknya. Embrio itudibungkus dan dilindungi oleh cangkang. Embrio di dalam telur ini dilengkapi dengankuning telur (yolk).Kuning telur digunakan sebagai cadangan makanan untuk perkembangan embrio. Jika embrio telahtumbuh sempurna, telur akan menetas dan keluarlah individu baru. Hewan yang berkembang biak secara bertelur disebut ovipar.Ayam dan burung merupakan contoh hewan bertelur. Contoh hewan reptil (Reptil binatang adalah sebuah kelompok hewan vertebrata yang berdarah dingin dan memiliki sisik yangmenutupi tubuhnya) yang bertelur adalah penyu.Hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1.
Tidak mempunyai daun telinga
2.
Tidak mengalami masa mengandung
3.
Tidak memiliki kelenjar susu
4.
Mengerami telurnya
Hewan yang Berkembangbiak dengan Melahirkan (Vivipar)Hewan yang melahirkan juga menghasilkan telur. Akan tetapi,telur tidak dikeluarkan dari tubuh. Telurtetap berada di dalam rahim hewan betina. Telur tersebut juga tidak terbungkus oleh cangkang ataukulit yang keras. Setelah telur itu dibuahi, telur akan tumbuh menjadi calon bayi dan tumbuh menjadi bayi yang sempurna. Selama itu pula hewan betina mengalami masa kehamilan. Setelah mencapaiumur tertentu dalam kandungan, maka anak hewan dilahirkan. Anak hewan yang baru lahir diberimakan oleh induknya dengan cara menyusui. Hewan yang berkembang biak secara melahirkandisebut vivipar. Contoh hewan vivipar sapi, kucing, kambing, dan singaHewan yang berkembangbiak dengan cara melahirkan memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1.
Memiliki daun telinga
2.
Memiliki kelenjar susu
3.
Mengalami masa mengandung
4.
Memiliki rambut/ bulu yang halus
Hewan yang Berkembang Biak dengan Bertelur-Melahirkan (Ovovivipar)Hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur-melahirkan disebut dengan ovovivipar. Pembuahannyaterjadi di dalam tubuh hewan betina. Setelah terjadi pembuahan, di dalam tubuhhewan betina akanterbentuk telur. Zigot tumbuh menjadi embrio di dalam telur tersebut. Proses ini di namakan kehamilan.Setelah embrio tumbuh dengan sempurna di dalam telur, induk mengeluarkannya sebagai keturunan baru.Kadang-kadang, anak yang dikeluarkan masih terbungkus dalam cangkang telur .Contoh hewan ovoviviparadalah paus, ikan pari, dan beberapa jenis ular.
Perkembangbiakan Vegetatif a. Membelah Diri (fragmentasi)

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->