Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Praktikum Kuljar Pengenalan Alat

Laporan Praktikum Kuljar Pengenalan Alat

Ratings: (0)|Views: 867|Likes:
Published by Hanna Hanipeh

More info:

Published by: Hanna Hanipeh on Apr 22, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/22/2013

pdf

text

original

 
LAPORAN PRAKTIKUM KULTUR JARINGANPENGENALAN ALAT, BAHAN, DAN STERILISASI
 Nama: Hanna Hanifa NIM: 1210702028Tanggal Praktikum: 17 Oktober 2012Tanggal Pengumpulan: 31 Oktober 2012
JURUSAN BIOLOGIFAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGIUIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG2012
 
Praktikum 1Pengenalan Alat, Bahan dan SterilisasiI.
 
Pendahuluana.
 
Tujuan
 
Mengetahui alat-alat yang digunakan dalam praktikum kultur jaringan dan kegunaannya.
 
Mengetahui tata cara sterilisasi alat- alat dan bahan yang digunakan dalam laboratorium.
 
Mengetahui tata cara sterilisasi basah dan kering.
b.
 
Dasar Teori
Di dalam memulai melakukan kegiatan kultur jaringan diperlukan ruang dan peralatan.Ukuran ruang yang diperlukan dapat disesuaikan dengan volume aktivitas kultur jaringan yangakan dilakukan. Ruang yang diperlukan untuk kegiatan kultur jaringan yaitu laboratorium yangideal yang memiliki: 1.) Ruang persiapan yang di dalamnya terdapat timbangan analitik, lemari pendingin, hotplate, mikrowave, oven, pH meter, alat-alat gelas standar (labu takar, pipetvolume, erlenmeyer, gelas piala, batang pengaduk dari gelas, dan wadah kultur), alat untuk mencuci (washtaple), lemari untuk alat dan bahan kimia, sentrifuse, fumehood, destilator, dankereta dorong; 2.) Ruang transfer yang di dalamnya terdapat laminar air flow, dissecting,mikroskop, alat diseksi, lemari tempat penyimpanan alat-alat steril, dan timbangan kecil. 3.)Ruang kultur yang dilengkapi dengan rak kultur dan lampu fluorescent, timer untuk mengatur lama penyinaran, AC untuk mengontrol temperatur, mikroskop binokuler, dan shaker (Barahima,2011).Peralatan yang mutlak dimiliki untuk memulai melakukan kegiatan kultur jaringan yaitu:timbangan analitik, destilator, pH meter, autoclaf, laminar air flow, dan gelas-gelas standar.Peralatan ini kemungkinan dapat menimbulkan resiko pada pemakainya atau menimbulkankerusakan apabila salah prosedur dalam mengoperasikannya (Barahima, 2011).Medium yang digunakan untuk kultur jaringan tanaman dapat berupa medium padat ataucair. Medium padat digunakan untuk menghasilkan kalus yang selanjutkan diinduksi membentuk tanaman yang lengkap, sedangkan medium cair biasanya dugunakan untuk kultur sel. Mediumyang diggunakan mengandung lima komponen utama, yaitu senyawa anorganik, sumber karbon,vitamin, zat pengatur tumbuh dan suuplemen organik (Adnan, 2011).
 
Sterilisasi adalah istilah mutlak yang artinya mematikan semua bentuk kehidupan padasuatu daerah. Sehingga dalam sterilisai nanti alat-alat tidak terkontaminasi dengan pihak luar.Sterilisasi terbagi menjadi dua, yaitu:
1. Sterilisasi basah ,yaitu sterilisasi yang menggunakan autoklaf dengan temperatur 121˚C
tekanan 1 atm/0,15 Mpa selama 15-20 menit.2. Sterilisasi kering, yaitu sterilisasi yang menggunakan oven dengan temperatur 160-
170˚C
.Selama kurang lebih 2 jam.Sterilisasi ditujukan agar terjadi denaturasi protein dan terutama tidak aktifnya enzimyang digunakan untuk metabolisme bakteri,dan perlakuan panas ditujukan untuk membunuhspora bakterinya. Sterlisasi pada medium dan alat-alat bertujuan untuk mencegah adanya bakteriyang tidak diinginkan dalam pemiaraan (Waluyo, 2008).Kultur jaringan tanaman terdiri dari sejumlah teknik untuk menumbuhkan organ, jaringandan sel tumbuhan. Jaringan dapat dikulturkan pada agar padat atau dalam medium hara cair. Jikaditanam dalam agar, jaringan akan membentuk kalus, yaitu massa atau sel-sel yang tak tertata.Kultur agar juga mempergunakan teknik untuk meristem (Suryo, 1992).
II.
 
Metodea.
 
Alat dan Bahan
Alat BahanAlat tulis Air Buku Panduan Laporan PlasticAutoclave SabunBotol Sikat BotolBotol kultur 
 
Karet Gelang
b.
 
Cara Kerja
• Menyiapkan alat
- alat dan bahan yang digunakan dalam kultur jaringan.
 
• Memotret alat
- alat tersebut atau menggambar peralatan tersebut.
 
Memberikan keterangan dari bagian alat- alat tersebut. Kemudian mencatat fungsi dan prinsipkerja dari alat- alat tersebut.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->