Welcome to Scribd. Sign in or start your free trial to enjoy unlimited e-books, audiobooks & documents.Find out more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Manajemen-Puskesmas

Manajemen-Puskesmas

Ratings: (0)|Views: 115|Likes:
Published by Irvan Kurnia
manajemen puskesmas
manajemen puskesmas

More info:

Published by: Irvan Kurnia on Apr 23, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/28/2013

pdf

text

original

 
 1
Yayan Akhyar Israr, Ayu Hasriani, Christoper A. Purba, Riri Julianti, Ruth TambunanFAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS RIAU - 2009
 
DEFINISIDEFINISIDEFINISIDEFINISI
Puskesmas merupakan unit pelaksana teknis dinas kesehatan kabupaten / kotayang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatu wilayahkerja.
 
4,5
 
 AZAS PUSKESMAS AZAS PUSKESMAS AZAS PUSKESMAS AZAS PUSKESMAS
Penyelenggaraan upaya kesehatan wajib dan upaya kesehatan pengembanganharus menerapkan azas penyelenggaraan Puskesmas secara terpadu. Azaspenyelenggaraan Puskesmas tersebut dikembangkan dari ketiga fungsi dari setiapfungsi Puskesmas dalam menyelenggarakan setiap upaya Puskesmas, baik upayakesehatan wajib maupun upaya kesehatan pengembangan. Azas penyelenggaraanPuskesmas yang dimaksud adalah :
1
 1.
 
Azas Penanggungjawab WilayahAzas penyelenggara Puskasmas yang pertama adalah pertanggungjawabanwilayah. Dalam arti Puskesmas bertanggungjawab meningkatkan derajat kesehatanmasyarakat harus melaksanakan berbagai kegiatan.2.
 
Azas Pemberdayaan MasyarakatAzas penyelenggaraan Puskesmas yang kedua adalah pemberdayaanmasyarakat. Dalam arti Puskesmas wajib memberdayakan perorangan, keluargadan masyarakat, agar berperan aktif dalam penyelenggaraan setiap upayaPuskesmas. Untuk ini, berbagai potensi masyarakat perlu dihimpun melaluipembentukan Badan Penyantun Puskesmas (BPP).
 
 2
3.
 
Azas KeterpaduanUntuk mengatasi keterbatasan sumberdaya serta diperolehnya hasil yangoptimal, penyelenggaraaan setiap upaya Puskesmas harus diselenggarakan secaraterpadu, jika mungkin sejak dari tahap perencanaan.4.
 
Azas RujukanSesuai dengan jenis upaya kesehatan yang diselenggarakan oleh Puskesmas adadua macam rujukan yang dikenal yakni :a.
 
Rujukan Upaya Kesehatan Peroranganb. Rujukan Upaya Kesehatan Masyarakat
MANAJEMEN PUSKESMASMANAJEMEN PUSKESMASMANAJEMEN PUSKESMASMANAJEMEN PUSKESMAS
Untuk terselenggaranya berbagai upaya kesehatan perorangan dan upayakesehatan masyarakat yang sesuai dengan azas penyelenggaraan Puskesmas perluditunjang oleh manajeman Puskesmas yang baik. Manajemen Puskesmas adalahrangkaian kegiatan yang bekerja secara sistematik untuk menghasilkan luaranPuskesmas yang efektif dan efisien. Rangkaian kegiatan sistematis yang dilaksanakanoleh Puskesmas membentuk fungsi-fungsi manajeman. Ada tiga fungsi manajemenPuskesmas yang dikenal yakni Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian tersebutharus dilaksanakan secara terkait dan berkesinambungan.
4
I. Perencanaan
Perencanaan adalah proses penyusunan rencana tahunan Puskesmas untuk mengatasi masalah kesehatan di wilayah kerja Puskesmas. Rencana tahunanPuskesmas dibedakan atas dua macam. Pertama, rencana tahunan upaya kesehatanwajib. Kedua, rencana tahunan upaya kesehatan pengembangan.
4
 1.
 
Perencanaan Upaya Kesehatan WajibJenis upaya kesehatan wajib adalah sama untuk setiap Puskesmas yakniPromosi Kesehatan, Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Ibu dan Anak termasuk Keluarga Berencana, Perbaikan Gizi Masyarakat, Pencegahan dan PemberantasanPenyakit Menular serta Pengobatan. Langkah-langkah perencanaan yang harusdilakukan Puskesmas adalah :a.
 
Menyusun usulan kegiatan
 
 3
b.
 
Mengajukan usulan kegiatanc.
 
Menyusun rencana pelaksanaan kegiatan2.
 
Perencanaan Upaya Kesehatan PengembanganJenis upaya kesehatan pengembangan dipilih dari daftar upaya kesehatanPuskesmas yang telah ada, atau upaya inovasi yang dikembangkan sendiri.Langkah-langkah perencanaan upaya kesehatan pengembangan yang dilakukanoleh Puskesmas mencakup hal-hal sebagai berikut :a.
 
Identifikasi upaya kesehatan pengembanganb.
 
Menyusun usulan kegiatanc.
 
Mengajukan usulan kegiatand.
 
Menyusun rencana pelaksanaan kegiatan
II. Pelaksanaan dan Pengendalian
Pelaksanaan dan Pengendalian adalah proses penyelenggaraan, pemantauanserta penilaian terhadap penyelenggaraan rencana tahunan Puskesmas, baik rencanatahunan upaya kesehatan wajib maupun rencana tahunan upaya kesehatanpengembangan, dalam mengatasi masalah kesehatan di wilayah kerja Puskesmas.Langkah-langkah pelaksanaan dan pengendalian adalah sebagai berikut :
4
 
A.
 
Pengorganisasian
Untuk dapat terlaksananya rencana kegiatan Puskesmas perlu dilakukanpengorganisasian. Ada dua macam pengorganisasian yang harus dilakukan. Pertama,pengorganisasian berupa penentuan para penanggungjawab dan para pelaksana untuk setiap kegiatan serta untuk setiap satuan wilayah kerja dan seluruh wilayah kerjakepada seluruh petugas Puskesmas dengan mempertimbangkan kemampuan yangdimilikinya. Penetuan para penanggungjawab ini dilakukan melalui pertemuanpenggalangan tim pada awal tahun kegiatan.
4
 Kedua, pengorganisasian berupa penggalangan kerjasama tim secara lintassektoral. Ada dua bentuk penggalangan kerjasama yang dapat dilakukan yaitupenggalangan kerjasama bentuk dua pihak yakni antara dua sektor terkait, misalnyaantara puskesmas dengan sektor tenaga kerja pada waktu menyelenggarakan upayakesehatan kerja dan penggalangan kerjasama bentuk banyak pihak yakni antarberbagai sektor terkait, misalnya antara Puskesmas dengan sektor pendidikan, serta

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->