Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
contoh pelanggaran etika

contoh pelanggaran etika

Ratings: (0)|Views: 37 |Likes:
Published by Destyan Dwi Asyani

More info:

Published by: Destyan Dwi Asyani on Apr 23, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/29/2014

pdf

text

original

 
1.2 Pelanggaran Etika
Etika sebagai sebuah nilai yang menjadi pegangan seseorang atau suatu kelompok dalammengatur tingkah laku di dalam kehidupan kelompok tersebut, tentunya tidak akan terlepas daritindakan-tindakan tidak etis. Tindakan tidak etis yang dimaksudkan di sini adalah tindakanmelanggar etika yang berlaku dalam lingkungan kehidupan tersebut. Hal-hal yang menyebabkanterjadinya tindakan-tindakan tidak etis dalam sebuah perusahaan menurut Jan Hoesada (2002)adalah:
 
Kebutuhan Individu.Kebutuhan individu merupakan faktor utama penyebab terjadinya tindakan-tindakan tidak etis.Contohnya, seseorang bisa saja melakukan korupsi untuk mencapai kebutuhan pribadi dalamkehidupannya. Sebuah keinginan yang tidak terpenuhi itulah yang memancing individumelakukan tindakan-tindakan yang tidak etis.
 
Tidak ada pedomanTindakan tidak etis bisa saja muncul karena tidak adanya pedoman atau prosedur-prosedur yang baku tentang bagaimana melakukan sesuatu.
 
Perilaku dan kebiasaan individuTindakan tidak etis juga bisa muncul karena perilaku dan kebiasaan individu, tanpamemperhatikan faktor lingkungan di mana individu tersebut berada.
 
Lingkunga tidak etisSuatu lingkungan dapat mempengaruhi orang lain yang berada dalam lingkungan tersebut untuk melakukan hal serupa. Lingkungan tidak etis ini terkait pada teori psikologi sosial, di manaanggota mencari konformitas dengan lingkungan dan kepercayaan pada kelompok.
 
Perilaku atasanJika atasan yang terbiasa melakukan tindakan tidak etis, dapat mempengaruhi orang-orang yang berada dalam lingkup pekerjaannya untuk melakukan hal serupa. Hal itu terjadi karena dalamkehidupan sosial sering kali berlaku pedoman tidak tertulis bahwa apa yang dilakukan atasanakan menjadi contoh bagi anak buahnya.Modus-modus kejahatan dalam teknologi informasi pun sering muncul. Kebutuhan akanteknologi Jaringan Komputer semakin meningkat. Selain sebagai media penyedia informasi,melalui Internet pula kegiatan komunitas komersial menjadi bagian terbesar, dan terpesat pertumbuhannya serta menembus berbagai batas negara. Melalui dunia internet atau disebut jugacyberspace, apapun dapat dilakukan. Segi positif dari dunia maya ini tentu saja menambah trend perkembangan teknologi dunia dengan segala bentuk kreatifitas manusia. Namun dampak negatif  pun tidak bisa dihindari. Tatkala pornografi marak di media Internet, masyarakat pun tak bisa berbuat banyak.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->