Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
435Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ASCARIS LUMBRICOIDES

ASCARIS LUMBRICOIDES

Ratings:

4.67

(6)
|Views: 34,751 |Likes:
Published by kangmunif2936

More info:

Published by: kangmunif2936 on Mar 30, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/24/2013

pdf

text

original

 
 All about ascaris lumbricoides
ASCARIS LUMBRICUIDESAscaris lumbricoides cacing perut manusia termasuk Nemathelminthes. Ciri-cirinemathelminthes antara lain sebagai berikut :
ü
Tubuh simetribilateral, bulat panjang (gilig) disebut cacing gilig
ü
Memiliki saluran pencernaan
ü
Dioceous (berumah dua) reproduksi seksual (jantan dan betina)
ü
Memiliki rongga badan palsu Triploblastik Pseudoselomata
ü
Kosmopolitan, ada yang parasit dan adapula yang hidup bebasBeberapa keluarga Nemathelminthes ini antara lain :1.Ascaris lumbricoides :Cacing betina ukurannya lebih besar daripada cacing jantan dan dinding posterior cacing jantan terdapat kait yang digunakan untuk reproduksi seksual. Tubuhnya licin karenaterselubungi lapisan kutikula yang terbuat dari protein.Ascaris lumbricoides menyebabkan penyakit yang disebut Askariasis. Mereka hidup dirongga usus halus manusia. Berukuran 10-30 cm untuk cacing jantan dan 22-35 cmuntuk cacing betina. Satu cacing betina Ascaris lumbricoides dapat berkembang biakdengan menghasilkan 200.000 telur setiap harinya. Telur cacing ini dapat termakan olehmanusia melalui makanan yang terkontaminasi. Telur ini akan menetas di usus,kemudian berkembang jadi larva menembus dinding usus, lalu masuk ke dalam paru-paru. Masuknya larva ke paru-paru manusia disebut terinfeksi sindroma loeffler. Setelahdewasa, Ascaris lumbricoides akan mendiami usus manusia dan menyerap makanandisana, disamping tumbuh dan berkembang biak.Inilah yang menyebabkan seseorang menderita kurang gizi karena makanan yang masukdiserap terus oleh Ascaris lumbricoides. Di Indonesia, penderita Askariasis didominasioleh anak-anak. Penyebab penyakit ini bisa karena kurangnya pemakaian jambankeluarga dan kebiasaan memakai tinja sebagai pupuk.
 
 All about ascaris lumbricoides
2.AscarismegalocephalaPersis sepeti Ascaris lumbricoides namun hospes tetapnya adalah hewan kuda di dalamususnya.3.AscarissuilaeAscarissuumPersis seperti Ascaris lumbricoides namun hospes tetapnya adalah hewan babi di dalamususnya4.Ancylostoma duodenale dan Necator americanusMerupakan cacing tambang Hidup di dalam Duodenum manusia menyebabkanAncylostomiasis.Cacing ini memiliki dua jenis yaitu Necator americanus dan Ancylostomaduodenale. Disebut cacing tambang karena dahulunya banyak ditemukan pada buruhtambang di eropa. Necator americanus menyebabkan penyakit nekatoriasis danAncylostoma duodenale menyebabkan penyakit ankilostomiasis. Kedua jenis cacing inibanyak menginfeksi orang-orang di sekitar pertambangan dan perkebunan. N.americanus dan A. duodenale hidup di rongga usus halus dengan mulut melekat padadaging dinding usus.Tubuh Necator americanus mirip huruf S. Panjang cacing betina kurang lebih 1 cm.Setiap satu cacing dapat bertelur 9000 ekor per hari. Sementara itu panjang cacing jantan kurang lebih 0,8 cm. Ancylostoma duodenale lebih mirip dengan huruf C. Setiapekor Ancylostoma duodenale dapat menghasilkan 28.000 telur per hari.Telur cacing tambang keluar bersamaan dengan feces. Dalam waktu 1-1,5 hari, telurakan menetas menjadi larva, yang disebut larva rhabditiform. Tiga hari kemudian larvaberubah lagi menjadi larva filarifom dimana larva ini dapat menembus kulit kaki danmasuk ke dalam tubuh manusia. Di tubuh manusia, cacing tambang bergerak mengikutialiran darah, menuju jantung, paru-paru, tenggorokan, kemudian tertelan dan masuk kedalam usus.Di dalam usus, larva menjadi cacing dewasa yang siap menghisap darah. Setiap ekorcacing N. americanus akan menghilangkan 0,005-1 cc darah per hari sedangkan setiapekor cacing A. duodenale akan menyebabkan manusia kehilangan 0,08-0,34 cc per hari.
 
 All about ascaris lumbricoides
Oleh karena itulah, cacing tambang menjadi berbahaya karena dapat menyebabkananemia pada manusia.Di Indonesia, insiden akibat cacing tambang tinggi pada daerah pedesaan, terutamaperkebunan. Infeksi cacing ini disebabkan oleh kebiasaan masyarakat desa yang BAB ditanah dan pemakaian feces sebagai pupuk. Selain lewat kaki, cacing tambang juga bisamasuk ke tubuh manusia melalui makanan yang masuk ke mulut.5.Oxyuris vermicularis l Enterobius vermicularis cacing kremiHidup di usus halus dan menyebakan Oxyuriasis. Penularan udara, tanah danautoinfeksi.6.Wuchereria bancrofti (Filaria bancrofti)Hidup di dalam kelenjar limfe menyebabkan penyakit kaki gajah Elefantiasis/Filariasis.Ditularkan melalui gigitan nyamuk Culex sp.7.Loa loa, yang hidup di daiam mata mamalia manusia menyebabkan Loasis8.Trichuris trichiura atau cacing cambukCacing Cambuk. Dalam bahasa latin cacing cambuk disebut Trichuris trichiura. Namapenyakit yang ditimbulkannya disebut trikuriasis. Cacing cambuk betina berukuranpanjang 5 cm dengan ujung ekor membulat dan cacing cambuk jantan memiliki panjang4 cm dengan ujung ekor melingkar. Cacing ini hidup di usus besar manusia bagian atas.Telur cacing cambuk berukuran 50-54 mikron. Seseorang akan terinfeksi trikuriasisapabila tertelan telurnya. Pada anak-anak, cacing-cacing cambuk dapat ditemukan diseluruh permukaan usus besar dan rectum. Cacing ini juga yang menyebabkan seseorangterkena disentri dan anemia.9.Trichinella spirolis atau cacing otot

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->