Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Anatomi Dan Fisiologi Sistem Reproduksi

Anatomi Dan Fisiologi Sistem Reproduksi

Ratings: (0)|Views: 64 |Likes:

More info:

Published by: Ridho Firmansyah Sitorus on Apr 24, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/15/2013

pdf

text

original

 
1
BAB I(PENDAHULUAN)
1.1 Latar Belakang Masalah
Sistem reproduksi laki-laki atau sistem kelamin laki-laki terdiri dari sejumlahorgan seks yang merupakan bagian dari proses reproduksi manusia. Pada laki-laki, organ-organ reproduksi ini terletak di luar tubuh manusia, sekitar panggul wilayah.Organ utama pada laki-laki adalah penis dan testis yang memproduksi air mani dansperma, yang sebagai bagian dari hubungan seks pupuk sebuah ovum dalam wanita tubuh danovum dibuahi ( zigot ) secara bertahap berkembang menjadi janin, yang kemudian lahir sebagai anak.Fungsi sistem reproduksi wanita dikendalikan / dipengaruhi oleh hormon-hormongondaotr opin / steroid dari poros hormonal thalamus
 – 
hipothalamus
 – 
hipofisis
 – 
adrenal
 – 
 ovarium.Selain itu terdapat organ/sistem ekstragonad/ekstragenital yang juga dipengaruhi olehsiklus reproduksi : payudara, kulit daerah tertentu, pigmen dan sebagainya.
1.2 Tujuan Pembahasan
Dalam penyusunan makalah ini tentunya memiliki tujuan yang diharapkan berguna bagi para pembaca dan khususnya kepada penulis sendiri. Dimana tujuannya dibagi menjadi duamacam yang pertama secara umum makalah ini bertujuan menambah wawasan mahasiswa/Idalam menguraikan suatu persoalan secara holistik dan tepat, dan melatih pemikiran ilmiahdari seorang mahasiswa/I fakultas kedokteran, dimana pemikiran ilmiah tersebut sangatdibutuhkan bagi seorang dokter agar mampu menganalisis suatu persoalan secara cepat dantepat. Sedangkan secara khusus tujuan penyusunan makalah ini ialah sebagai berikut :1
 
Melengkapi tugas
 small group discussion
skenario pertama , Perut Mama gendut,modul keempat belas.2
 
Menambah khasanah ilmu pengetahuan para pembaca dan penulis.3
 
Sebagai bahan referensi mahasiswa/I fakultas kedokteran UISU semester empatdalam menghadapi ujian akhir modul.
 
2Itulah merupakan salah satu dari beberapa tujuan dalam penyusunan makalah ini, dan juga sangat diharapkan dapat berguna bagi setiap orang yang membaca makalah ini. Semogaseluruhtujuan tersebut dapat tercapai dengan baik.
1.3 Pembatasan Masalah
Dalam penyusunan makalah ini kami dihadapkan pada suatu sistem yaitu ada suatumasalah yang harus disusun dalam suatu strukturisasi, dimana strukturisasi ini juga sekaligusmenjadi pembatasan masalah yang akan dibahas pada makalah ini, berikut merupakan pembatasan masalah dari skenario dua modul tiga belas tentang Perut Mama Gendut Dariskenario tersebut kami menemukan keyword pembahasannya yaitu Anatmi dan Fisiologisistem reproduksi. Berikut pembatasan masalahnya yang dirangkum dalam sebuahstrukturisasi.1.
 
Anatomi sistem reproduksi.2.
 
Fisiologi sistem reproduksi.3.
 
Histologi sistem reproduksi.4.
 
Hormon
 – 
hormon sistem reproduksi.5.
 
Proses ereksi ejakulasi dan emisi .6.
 
Terjadinya kehamilan .Berdasarkan strukturisasi diataslah kami menyusun pembahasan pada makalah ini secarasistematis dan terarah agar didapatkan suatu penyelesaian masalah yang baik.
1.4 Metode dan Teknik 
Dalam penyusunan makalah ini kami mengembangkan suatu metode yang seringdigunakan dalam pembahasan-pembahasan makalah sederhana, dimana kami menggunakanmetode dan teknik secara deskriftif dimana tim penyusun mencari sumber data dan sumber informasi yang akurat lainnya setelah itu dianalisis sehinggga diperoleh informasi tentangmasalah yang akan dibahas. Setelah itu berbagai referensi yang didapatkan dari berbagaisumber tersebut disimpulkan sesuai dengan pembahasan yang akan dilakukan dan sesuaidengan judul makalah dan dengan tujuan pembuatan makalah ini.Itulah sekilas tentang metode dan teknik yang digunakan dalam penyusunanmakalah ini.
 
3
BAB II
 
(SUB PEMBAHASAN)
2.1 SkenarioMODUL 14
(REPRODUKSI)
SKENARIO-1PERUT MAMA GENDUT
Pada suatu hari , terjadi percakapan antara seorang anak kecil dengan ibunya:
Anak : “Mama!Mama!, perut mama kok makin lama makin gendut”.
 
Ibu : “ Perut ibu makin gendut, karena di dalam perut ibu ada adik keci”.
 
Anak : “ Dari mana datngnya adik ?”
Ibu menjelaskan dengan menggunakan gambar 
 – 
gambar sederhana tentang proses terjadinyakehamilan.
Learning Objektive
Learning objective diatas akan dibahas secara sistematis dan jelas pada pembahasan dalam makalah ini, bahan yang diambil dari berbagai sumber baik dari buku,maupun situs internet yang uptodate dan diolah menjadi sebuah karya tulis ilmiah (makalah).1.
 
Mahasiswa mampu mengetahui, mememahami anatomi sistem reproduksi.2.
 
Mahasiswa mampu mengetahui, mememahami fisiologi sistem reproduksi.3.
 
Mahasiswa mampu mengetahui, mememahami hormon
 – 
hormon sistem reproduksi.4.
 
Mahasiswa mampu mengetahui, mememahami ereksi ,ejakulasi dan emisi .5.
 
Mahasiswa mampu mengetahui, mememahami terjadinya kehamilan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->