Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ADMINISTRASI KESEHATAN

ADMINISTRASI KESEHATAN

Ratings: (0)|Views: 45 |Likes:
Published by Fhadjroel Antek

More info:

Published by: Fhadjroel Antek on Apr 24, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/21/2013

pdf

text

original

 
ADMINISTRASI KESEHATAN
Dalam mengkaji tentang administrasi dalam kesehatan masyarakat sebenarnya terdiri dari duakata yaitu administrasi dan kesehatan masyarakat yang seharusnya dikaji satu persatu.Pertama : AdministrasiMenurut Dwight Waldo dalam
bukunya ”The Study of Public Administrasi”(1995) disebutkan
bahwa administrasi ialah kegiatan kerja sama secara rasional yang tercermin padapengelompokkan kegiatan menurut fungsi yang dilakukan.
Sedangkan menurut Robert D. Calkins dalam bukunya “The art o
f Administration and and the
art of science” (1959) menyebutkan administrasi sebagai kombinasi antara pengambilan
keputusan dengan pelaksanaan dari keputusan tersebut untuk mencapai tujuan yang telahditetapkan. Olehnya selanjutnya disebutkan bahwa dalam administrasi ada tiga unsur pokokyang harus terpenuhi :1. Menetapkan tujuan yang ingin dicapai2. memilih jalan yang akan ditempuh atau alat yang akan dipergunakan3. mengarahkan manusia atau kelompok manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkantersebut.Kedua : Kesehatan masyarakatPada tahun 1938 Perkin mendefinisikan sehat sebagai suatu keadaan seimbang yang dinamisantara bentuk dan fungsi tubuh dengan pelbagai faktor yang mempengaruhinya. WHOmempunyai dua definisi tentang kesehatan, definisi pertama dirumuskan pada tahun 1947,disebutkan sehat adalah suatu keadaan sejahtera sempurna dari fisik, mental dan sosial,sedangkan definisi kedua dirumuskan pada tahun 1957 yang menyebutkan sehat sebagai suatukeadaan atau suatu kualitas dari organ tubuh yang berfungsi secara wajar dengan segala faktorketurunan ataupun lingkungan yang dipunyainya. Dan masih banyak pegertian tentangkesehatan.Dari masing pejelasan atau pengertian di atas dapat ditarik pengertian administrasi kesehatanmasyarakat yaitu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama untuk mencapai tujuanpelayanan kesehatan sebaik-baiknya sehingga tercapai derajat kesehatan masyarakat yangsetinggi-tingginya.Sebenarnya penulis sebelum membaca buku tentang administrasi kesehatan mengirabahwasanya administrasi kesehatan hanya tentang pencatatan, dokumentasi dan pelaporan.
Dan juga menurut Azrul Azwar dalam bukunya ”Pengantar Ilmu Administrasi Kesehatan” 1979.
mengatakan terdapat banyak orang yang jika membicarakan administrasi kesehatan, asosiasihanya pada kegiatan tata usaha saja, yaitu mencatat dan atau melaporkan jumlah kasus, jumlahpengeluaran obat atau pekerjaan rutin diloket karcis sebuah balai pengobatan misalnya.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->