Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah Profesi

makalah Profesi

Ratings: (0)|Views: 28 |Likes:
Published by Khairuzzaman Sinaga

More info:

Published by: Khairuzzaman Sinaga on Apr 24, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/20/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
Profesi adalah suatu pekerjaan yang dalam melaksanakan tugasnyamemerlukan/menuntut keahlian, menggunakan teknik-teknik ilmiah, serta dedikasi yangtinggi. Keahlian diperoleh dari lembaga pendidikan yang khusus diperuntukkan untuk itudengan kurikulum yang dapat dipertanggungjawabkan. Pada dasarnya profesi guru adalah profesi yang sedang tumbuh. Walaupun ada yang berpendapat bahwa guru adalah jabatansemi profesional, namun sebenarnya lebih dari itu. Hal ini dimungkinkan karena jabatan guruhanya dapat diperoleh pada lembaga pendidikan yang lulusannya menyiapkan tenaga guru,adanya organisasi profesi, kode etik dan ada aturan tentang jabatan fungsional guru.Semakindituntutnya profesionalitas seorang guru, maka guru sebagai tenaga pengajar dan pemberiinformasi kepada siswanya tentu harus mengetahui bagaimana seorang guru yang professional itu.Secara umum, sikap profesional seorang guru dilihat dari faktor luar. Akan tetapi, haltersebut belum mencerminkan seberapa baik potensi yang dimiliki guru sebagai seorangtenaga pendidik. Menurut PP No. 74 Tahun 2008 pasal 1.1 Tentang Guru dan UU. No. 14Tahun 2005 pasal 1.1 Tentang Guru dan Dosen, guru adalah pendidik profesional dengantugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, danmengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalar pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.Profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang danmenjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, dankecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi (UU. No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen pasal 1.4). Guru sebagai pendidik  professional dituntut untuk selalu menjadi teladan bagi masyarakat di sekelilingnya.Masyarakat akan melihat bagaimana sikap dan perbuatan guru sehari-hari, apakah memangada yang patut diteladani atau tidak.Guru merupakan pendidik professional dengan tugasutamanya mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai danmengevaluasi peserta didik pada jalur pendidikan formal. Sedangkan profesi sendiri suatu pekerjaan yang dalam melaksanakan tugasnya memerlukan atau menuntut keahlian. Makatugas guru akan efektif jika memiliki derajan profesionalitas tertentu yang tercermin darikompetensi, kemahiran, kecakapan, atau keterampilan yang memenuhi standar mutu ataunorma etik tertentu.
 
BAB IIPEMBAHASANA.
 
Pengertian Sikap Profesional dan Mencintai Profesi Guru.
Sikap ( attitude) merupakan suatu kecenderungan perasaan terhadap suatu objek yang dimiliki seseorang terhadap sesuatu pekerjaan justru itu sikap bisa dipakai sebagai alatuntuk memprediksi perilaku orang tersebut untuk bekerja. Kecendererungan berprilakudimaksud mulai dari mendukung objek tertentu samapi dengan menolaknya. Sikap memilikikomponen yaitu : kognisi, berkenaan dengan keyakinan, ide dan konsep dan afeksi, berkenaan dengan emosional atau perasaan desedangkan konasi, berkenaan dengankecenderungan tingkah laku.Guru sebagai professionalmempunyai citra yang baik di masyarakat apabila dapatmenunjukan kepada masyarakat bahwa ia layak menjadi panutan atau teladan masyarakatsekelilingnya. Masyarakat terutama akan melihat bagaimana sikap dan perbuatan guru itusehari-hari, apakah memang ada yang patut diteladani atau tidak. Bagaimana gurumeningkatkan pelayanannya, meningkatkan pengetahuannya, memberi arahan dan dorongankepada anak didiknya, dan bagaimana cara guru berpakaian dan berbicara serta cara bergaul baik dengan siswa, teman-temannya serta anggota masyarakat, sering menjadi perhatianmasyarakat luas.Ucapan dan perkataan guru akan menjadi pedoman bagi anak didiknya untuk melangkah kedepan, baik itu berupa materi pelajaran diruang kelas, maupun ucapan yang berkenaan dengan perkataan-perkataan moral berupa petuah-petuah diluar kelas. Guru dalamkesehariannya harus mampu berkata benar, memiliki pengetahuan luas, dapatmembangkitkan semangat dan dorongan kepada anak didiknya, memberi arahan yang benar,serta membawa anak didiknya kearah kebenaran dan kebaikan masa depan anak didik.Berdasarkan pada harapan ini maka guru wajib menigkatkan pengetahuan akademiknya,mengikuti perkembangan dibang keahliannya, mengikuti perkembangan masyarakat terutamadikalangan remaja dan mampu mengaplikasikannya ke dalam pekerjaannya sehari-harisehingga kinerja guru di sekolah dan masyarakat tidak ketinggalan.
 
B. Sikap Profesional Keguruan
 Pada saat ini, Pemerintah sering melakukan berbagai upaya untuk meningkatkankualitas guru. Upaya ini merupakan salah satu bentuk wujud untuk menciptakan guru yang profesional demi tercapainya pendidikan yang bermutu dan berkualitas. Peningkatan kualitasini sering dilakukan melalui seminar, pelatihan, loka karya dan melalui pendidikan formal bahkan dengan menyekolahkan guru pada tingkat pendidikan yang lebih tinggi.Ada beberapa sikap profesional keguruan yaitu :1)
 
Sikap profesional keguruan ditinjau dari segi perundang-undangan
Pada butir Sembilan Kode Etik Guru Indonesia disebutkan bahwa: “Gurumelaksanakan segala kebijaksanaan pemerintah dalam bidang pendidikan” (PGRI, 1973).
Dalam rangka pembangunan di bidang pendidikan di Indonesia, Departemen Pendidikan danKebudayaan mengeluarkan ketentuan-ketentuan dan peraturan-peraturan yang merupakankebijaksanaan yang akan dilaksanakan oleh aparatnya, yang meliputi antara lain: pembangunan gedung-gedung pendidikan, pemerataan kesempatan belajar antara lain denganmelalui kewajiban belajar, peningkatan mutu pendidikan, pembinaan generasi muda denganmenggiatkan kegiatan karang taruna, dan lain-lain.Guru merupakan aparatur Negara dan abdi Negara. Karena itu, guru mutlak perlu mengetahui kebijaksanaan-kebijaksanaan pemerintahdalam bidang pendidikan, sehingga dapat melaksanakan ketentuan-ketentuan yangmerupakan kebijaksanaan tersebut.Dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik, guru dituntut untuk tunduk dan taatterhadap peraturan yang telah ditetapkan. Peraturan yang dimaksud tercantum dalam perundang-undangan dan kode etik guru Indonesia. Dalam hal ini guru harus melaksanakansegala kebijakan pemerintah untuk bidang pendidikan, termasuk dalam melaksanakankurikulum yang berlaku di Indonesia saat ini. Tentu saja hal ini kita ketahui bahwa akhir-akhir ini pemerintah telah melakukan pergantian kembali kurikulum yang diberlakukan diIndonesia. Pemerintah melakukan ini sebagai upaya untuk memajukan mutu dan kualitas dari pendidikan yang ada di Indonesia. Hal ini tentu saja hal yang sah-sah saja tapi membutuhkansikap keprofesionalan dari guru. Guru dalam hal ini diharapkan mampu mengembangkan diriserta dituntut untuk mengikuti seminar-seminar atau pelatihan-pelatihan yang diadakan pemerintah untuk meningkatkan sikap keprofesionalannya itu.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->