Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Peran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Generasi Muda

Peran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Generasi Muda

Ratings: (0)|Views: 108 |Likes:
Published by Arjun Fatah Amitha
Peran pendidikan kewarganegaraan dalam membentuk karakter generasi muda. Pendidikan kewarganegaraan berkontribusi dalam sebuah pembangunan sebuah bangsa. Kontribusi nyata pendidikan kewarganegaraan dalam sebuah pendidikan dengan adanya mata pelajaran atau mata kuliah tersebut.
Peran pendidikan kewarganegaraan dalam membentuk karakter generasi muda. Pendidikan kewarganegaraan berkontribusi dalam sebuah pembangunan sebuah bangsa. Kontribusi nyata pendidikan kewarganegaraan dalam sebuah pendidikan dengan adanya mata pelajaran atau mata kuliah tersebut.

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Arjun Fatah Amitha on Apr 24, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/27/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.Latar Belakang Masalah
Dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dinyatakan bahwa di setiap jenis, jalur dan jenjang pendidikanwajib memuat terdiri dari Pendidikan Bahasa, Pendidikan Agama, danPendidikan Kewarganegaraan.Demi mencerdaskan kehidupan bangsa dan melestarikan budaya,suatu pendidikan harus berupaya menyeluruh untuk menyelenggarakansemua jenis pendidikan. Jenis pendidikan yang salah satunya untuk membentuk bangsa yaitu melalui pendidikan kewarganegaraan.Pendidikan kewarganegaraan berkontribusi dalam sebuah pembangunansebuah bangsa. Kontribusi nyata pendidikan kewarganegaraan dalamsebuah pendidikan dengan adanya mata pelajaran atau mata kuliahtersebut.Adapun sebuah bangsa bisa berkembang dan maju dengan adanyasebuah pembangunan struktural dalam diri setiap individu melalui pengembangan karakter. Karakter menjadi sebuah hal penting yang akan berkontribusi dalam perkembangan sebuah bangsa, karena sebuah bangsayang berentitas dan berindentitias akan diakui oleh negara global. Cirikhas dari sebuah karakter menjadi sebuah kebanggan diri sebagai warganegara dan negara.Sebuah contoh yang bisa diamati terkait dengan karakter dan budaya, negara Jepang merupakan sebuah negara yang berkembang pesar  pasca perang dunia dua. Bermodal semangat, karakter danmempertahankan budaya, jepang menjadi negara maju yang diakui olehseluruh dunia.
1
 
Terkait pembentukan karakter bangsa, tentunya pergeseran nilai ini bisa diantisipasi dengan menggunakan metode pembentukan karakter yang beraneka ragam namun demikian nilainya harus tetap terjaga lestari. Nilaikejujuran dan keberanian contohnya harus tetap terjaga namun cara ataumetode untuk menanamkan kejujuran dan keberanian itu bisa beranekaragam yang tentunya menyesuaikan dengan perkembangan zaman danteknologi. Mengutip Bung Karno yang mengistilahkan dengan "Kita ambilapinya, bukan abunya." (Saifudin dalam mpr.go.id)Bagaimanakah pendidikan kewarganegaraan berperan dalam pembangunan dan pengembangan karater dalam diri generasi muda, tentudapat terjawab jika kontribusi yang diberikan pendidikankewarganegaraan berhasil mengarahkan generasi muda saat ini untuk ikutmengusung karakter bangsa. Oleh karena itu, sangat perlu sebuah pemahaman mengenenai karakter bangsa sendiri dan memberikan jalan itu berkembangnya karakter bangsa.
B.Rumusan Masalah
1.Bagaimana karakter bangsa Indonesia?2.Bagaimana Pendididikan Kewarganegaraan berperan dalammembangun karakter generasi muda?3.Seperti apakah kontribusi nyata yang diberikan PendidikanKewarganegaraan dalam pemabangunan karakter?
C.Tujuan
1.Memberikan pemahaman mengenai karakter bangsa Indonesiaseutuhnya.2.Memberikan gambaran bagaimana peran pendidikan kewarganegaraandalam membangun karakter generasi muda.
2
 
3.Mengetahui kontibusi pendidikan kewarganegaraan dalammembangun dan mengembangkan karakter generasi muda dandiharapkan dapat berinovasi dan menyumbangkan kontribusi lebih.
BAB IIPEMBAHASANA.Karakter Bangsa Indonesia
Proklamasi Kemerdekaan RI yang dikumandangkan ke seluruhdunia pada tanggal 17 Agustus 1945 adalah sebuah produk dari sejumlahkonstituen perjuangan yang sangat lengkap. Ada perjuangan yang bersifat politis, yakni melalui pendirian sejumlah partai, ada perjuangan yang bersifat konseptual yakni berbagai aktifitas intelektual yang melahirkan berbagai konsepsi yang di kemudian hari menjadi ideologi bangsa dan ada pula perjuangan yang bersifat fisik yaitu melalui berbagai konflik  bersenjata yang telah merenggut ribuan nyawa pahlawan kita. Kumpulankonstituen perjuangan itu bersinergi dengan baik dan dengan kohesivitasyang tinggi, yang pada akhirnya bermuara pada proklamasi kemerdekaanRepublik Indonesia. Harus diakui bahwa pola sinergi dari berbagaikonstituen yang beraneka ragam tersebut hanya dapat dikonvergensikanmelalui suatu kerja keras dari individu dan sekelompok masyarakatdengan karakter dan semangat juang yang tinggi. Menterpadukan berbagaikonstituen perjuangan yang sangat kompleks tersebut untuk kemudianmenjadi sebuah produk yang koheren dan produktif, yaitu kemerdekaan
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->