Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
165Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ilmu Pendidikan Islam sebagai disiplin Ilmu

Ilmu Pendidikan Islam sebagai disiplin Ilmu

Ratings:

4.83

(6)
|Views: 20,877 |Likes:
Published by nashihuddin

More info:

Published by: nashihuddin on Mar 30, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/03/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.Latar Belakang
Pada masa sekarang, masa dimana globalisasai tidak bisa dihindari, akantetapi adanya perkembangan zaman itulah yang harus diterima dengan caramemfilter apa yang seharusnya dipilih untuk maslahah bersama.Belakangan ini banyak ditemukan pendidikan yang bobrok, realita ini banyak ditemukan di wilayah kota-kota besar. Memang dalam keilmuan nonagama bisa dikatakan unggul, akan tetapi nilai spiritual yang ada sangatlah tidak cocok bila dikatakan sebagai seorang muslim.Pendidikan Islam adalah salah satu cara untuk merubah pola hidupmereka. Tetapi yang menjadi pertanyaan adalah pendidikan Islam itu seperti apa.Akankah pendidikan merupakan jalan keluar dari permasalahan ini.Melihat kenyataan bahwa Pendidikan Islam merupakan disiplin ilmu,maka asumsi bahwa pendidikan Islam dapat merubah hal itu bukanlah hal yangmustahil dilakukan. Tetapi yang menjadi pertanyaan lagi adalah mengapa pendididkan Islam sebagai disipin ilmu. Mungkin pertanyaan-pertanyaan ini akanddijelaskan dalam makalah ini.
B.Rumusan masalah
Dari latar belakang tersebut, maka rumusan masalah yang muncul adalah:1.Apa definisi pendidikan Islam?2.Apa hakikat pendidikan Islam?3.Mengapa pendidikan Islam sebagai disiplin ilmu?
C.Tujuan
Dari rumusan masalah di atas, maka tujuan pembuatan makalah ini adalah:1.Mengetahui definisi pendidikan Islam,2.Mengetahui hakekat pendidikan Islam, dan3.Mengetahui hakekat pendidikan Islam sebagai disiplin ilmu.
1
 
BAB IIPEMBAHASANA.Pengertian Pendidikan Islam
Dari berbagai literatur terdapat berbagi macam pengertian pendidikanIslam. Menurut Athiyah Al-Abrasy, pendidikan Islam adalah mempersiapkanmanusia supaya hidup dengan sempurna dan bahagia, mencintai tanah air, tegap jasmaninya, sempurna budi pekertinya, pola pikirnya teratur dengan rapi, perasaannya halus, profesiaonal dalam bekerja dan manis tutur sapanya. SedangAhmad D. Marimba memberikan pengertian bahwa pendidikan Islam adalah bimbingan jasmani dan rohani berdasarkan hukum-hukum islam menuju kepadaterbentuknya kepribadian utama menurut ukuran-ukuran Islam.Sedangkan menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas, pendidikan adalahsuatu proses penamaan sesuatu ke dalam diri manusia mengacu kepada metodedan sistem penamaan secara bertahap, dan kepada manusia penerima proses dankandungan pendidikan tersebut.
1
Dari definisi dan pengertian itu ada tiga unsur yang membentuk  pendidikan yaitu adanya proses, kandungan, dan penerima. Kemudiandisimpulkan lebih lanjut yaitu " sesuatu yang secara bertahap ditanamkan kedalam diri manusia".Jadi definisi pendidikan Islam adalah, pengenalan dan pengakuan yangsecara berangsur-angsur ditanamkan ke dalam diri manusia, tentang tempat-tempat yang tepat dari segala sesuatu di dalam tatanan penciptaan, sehinggamembimbing ke arah pengenalan dan pengakuan tempat Tuhan yang tepat didalam tatanan wujud dan kepribadian. Jadi pendidikan ini hanyalah untuk manusia saja.Kembali kepada definisi pendidikan Islam yang menurut Al-Attasdiperuntutukan untuk manusia saja. menurutnya pendidikan Islam dimasukkandalam
 At-ta'dib
, karena istilah ini paling tepat digunakan untuk menggambarkan pengertian pendidikan itu, sementara istilah
tarbiyah
terlalu luas karena
1 Kemas Badaruddin,
 Filsafat Pendidikan Islam.
(Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007), hal. 36
 
 pendidikan dalam istilah ini mancakup juga pendidikan kepada hewan. MenurutAl-Attas
 Adabun
berarti pengenalan dan pengakuan tentang hakikat bahwa pengetahuan dan wujud bersifat teratur secara hierarkis sesuai dengan beberapatingkat dan tingkatan derajat mereka dan tentang tempat seseorang yang tepatdalam hubungannya dengan hakikat itu serta dengan kepastian dan potensi jasmaniah, intelektual, maupun rohaniah seseorang.Dari pengertian Al-Attas tersebut dibutuhkan pemahaman yang mendalam,arti dari pengertian itu adalah, "pengenalan" adalah menemukan tempat yang tepatsehubungan denagn apa yang dikenali, sedangkan "pengakuan" merupakantindakan yang bertalian dengan pengenalan tadi. Pengenalan tanpa pengakuanadalah kecongkakan, dan pengakuan tanpa pengenalan adalah kejahilan belaka.Dengan kata lain ilmu dengan amal haruslah seiring. Ilmu tanpa amal maupunamal tanpa ilmu adalah kesia-siaan. Kemudian tempat yang tepat adalahkedudukan dan kondisinya dalam kehidupan sehubungan dengan dirinya,keluarga, kelompok, komunitas dan masyarakatnya, maksudnya dalammengaktualisasikan dirinya harus berdasarkan kriteria Al-Quran tentang ilmu,akal, dan kebaikan (ihsan) yang selanjutnya mesti bertindak sesuai dengan ilmu pengetahuan secara positif, dipujikan serta terpuji.
1
Dalam pandangan Al-Attas pendidikan Islam harus terlebih dahuludiberikan kepada manusia sebagi peserta didik, pendidikan tersebut berupa pengetahuan tentang manusia disusul dengan pengetahuan-pengetahuan lainnya.Dengan demikian dia akan tahu jati dirinya dengan benar, tahu "dari mana dia,sedang dimana dia, dan mau kemana dia kelak". Jika ia tahu jati dirinya, maka iaakan selalu ingat dan sadar serta mampu dalam memposisikan dirinya, baik terhadap sesama makhluk, dan yang terlebih lagi kepada Allah SWT.Ketiga realita yaitu, manusia, alam, dan Tuhan diakui keberadaannya,dengan Tuhan sebagai sumber dari segalanya (alam dan manusia). Tuhan dapatdipahami sebagaimana dinformasikan dalam Al-Quran sebagi Rabb al-Alamin,dan Rabb al-Nass. Amrullah Ahmad menilai bahwa dalam definisi pendidikan Al-Attas mengandung proses pengajaran seseorang dalam tatanan kosmis dan sosialyang akan mengantarkannya untuk menemukan fungsinya sebagi kholifah.
1
Ahmad Tafsir,
 Ilmu Pendidikan dalam Persepektif Islam.
(Bandung: PT Remaja Rosdakarya),hal. 29
3

Activity (165)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Tri Purwanto Pee liked this
Ummu Salamah added this note
gimana cra ngedownload nih.....
Putri Adhitya Rs liked this
Nia Kania liked this
Nia Kania liked this
Nia Kania liked this
Aname Mohammed Chairoel added this note
tengkyu brow

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->