Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Tegangan Permukaan Zat Cair

Laporan Tegangan Permukaan Zat Cair

Ratings: (0)|Views: 2,938|Likes:
Published by siskhahidayat

More info:

Published by: siskhahidayat on Apr 24, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/27/2013

pdf

text

original

 
 LAPORAN PRAKTIKUM
Disusun untuk memenuhi salah satu tugas Mata Pelajaran Kimia FisikDisusun oleh :Nama : Siska HidayatNIM : 1211C1052S1 ANALIS MEDIS (Kelas : B) Tk . ISEKOLAH TINGGI ANALIS BAKTI ASIH BANDUNG2013
 
LAPORAN PRAKTIKUM 5
Judul
: Penentuan Tegangan Permukaan Cairan Metode Kapiler
 Tanggal Praktikum
: 24 April 2013
 Tanggal Laporan
: 25 April 2013
 Tujuan Percobaan
: Untuk menentukan tegangan permukaan cairan
 Prinsip Dasar 
:Sejumlah larutan yang akan ditentukan tegangan permukaannya dimasukan kedalam gelaskimia.Pipa kapiler ditutup bagian atasnya dan dicelupkan kedalam larutan yang akan diujitersebut. Saat mencapai permukaan gelas lepaskan tangan hingga airnya naik. Hitung selisihantara permukaan air dengan air yang naik tersebut.
 Teori 
:
Tegangan permukaan zat cair merupakan kecenderungan permukaan zat cair untukmenegang, sehingga permukaannya seperti ditutupi oleh suatu lapisan elastic. Selain itu,tegangan permukaan juga diartikan sebagai suatu kemampuan atau kecenderungan zat cairuntuk selalu menuju ke keadaan yang luas permukaannya lebih kecil yaitu permukaan dataratau bulat seperti bola atau ringkasnya didefinisikan sebagai usaha yang membentuk luaspermukaan baru. Dengan sifat tersebut zat cair mampu untuk menahan benda-benda kecildi permukaannya. Seperti silet, berat silet menyebabkan permukaan zat cair sedikitmelengkung ke bawah tampak silet itu berada. Lengkungan itu memperluas permukaan zatcair namun zat cair dengan tegangan permukaannya berusaha mempertahankan luaspermukaan-nya sekecil mungkin.Tegangan permukaan merupakan fenomena menarik yang terjadi pada zat cair(fluida) yang berada dalam keadaan diam (statis). Tegangan permukaan didefinisikansebagai gaya F persatuan panjang L yang bekerja tegak lurus pada setia garis di permukaanfluida.Permukaan fluida yang berada dalam keadaan tegang meliputi permukaan luar dandalam (selaput cairan sangat tipis tapi masih jauh lebih besar dari ukuran satu molekulpembentuknya), sehingga untuk cincin dengan keliling L yang diangkat dari permukaanfluida dapat ditentukan dari pertambahan panjang pegas halus penggantung cincin(Dianometer)Tegangan antar muka adalah gaya persatuan panjang yang terdapat pada antarmukadua fase cair yang tidak bercampur. Tegangan antar muka selalu lebih kecil dari padtegangan permukaan karena gaya adhesi antara dua cairan tidak bercampur lebih besar daripada adhesi antara cairan dan udara(Hamid.2010)
 
Ada beberapa metode dalam melakukan tegangan permukaan :Metode kenaikan kapilerTegangan permukaan diukur dengan melihat ketinggian air/ cairan yang naik melalui suatukapiler. Metode kenaikan kapiler hanya dapat digunakan untuk mengukur teganganpermukaan tidak bisa untuk mengukur tegangan permukaan tidak bias untuk mengukurtegangan antar muka.Metode tersiometer Du-NouyMetode cincin Du-Nouy bisa digunakan utnuk mengukur tegangan permukaan ataupuntegangan antar muka. Prinsip dari alat ini adalah gaya yang diperlukan untuk melepaskansuatu cincin platina iridium yang diperlukan sebanding dengan tegangan permukaan atautegangan antar muka dari cairan tersebut.(Atfins. 1994)Pada dasarnya tegangan permukaan suatu zat cair dipengaruhi oleh beberapa factordiantaranya suhu dan zat terlarut. Dimana keberadaan zat terlarut dalam suatu cairan akanmempengaruhi besarnya tegangan permukaan terutama molekul zat yang berada padapermukaan cairan berbentuk lapisan monomolecular yang disebut dngan molekul surfaktan.Faktor-faktor yang menpengaruhi :SuhuTegangan permukaan menurun dengan meningkatnya suhu, karena meningkatnya energykinetik molekulZat terlarut (solute)Keberadaan zat terlarut dalam suatu cairan akan mempengaruhi tegangan permukaan.Penambahan zat terlarut akan meningkatkan viskositas larutan, sehingga teganganpermukaan akan bertambah besar. Tetapi apabila zat yang berada dipermukaan cairanmembentuk lapisan monomolecular, maka akan menurunkan tegangan permukaan, zattersebut biasa disebut dengan surfaktan.SurfaktanSurfaktan (surface active agents), zat yang dapat mengaktifkan permukaan, karenacnderung untuk terkonsentrasi pada permukaan atau antar muka. Surfaktan mempunyaiorientasi yang jelas sehingga cenderung pada rantai lurus. Sabun merupakan salah satucontoh dari surfaktan.(Douglas.2001)
 Alat
:
 
Picknometer
 
Termometer
 
Gelas Kimia
 
Pipa kapiler
 
Mistar

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Kharisma Ganda liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->