Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tesis Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pt x

Tesis Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pt x

Ratings: (0)|Views: 156|Likes:
Published by yufalezi

More info:

Published by: yufalezi on Apr 25, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/28/2013

pdf

text

original

 
TESIS PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PT X(PROGRAM STUDI : MANAJEMEN BISNIS)
 
BAB IPENDAHULUAN
 
A. Latar Belakang Penelitian
 Salah satu program guna mewujudkan kesejahteraan adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia karenasumber daya manusia merupakan asset yang potensial dan strategis di dalam menjalankan roda organisasi, yangpada akhirnya akan mendukung tujuan organisasi.Untuk meningkatkan kinerja pegawai dan perbaikan efisiensi organisasi, manajemen sumber daya manusia selalumemegang peran aktif dan dominan dalam setiap kegiatan perusahaan. Tingkat kinerja pegawai yang tinggi akandapat memperkuat perusahaan yang pada akhirnya dapat meningkatkan keuntungan bagi perusahaan.Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan tenaga-tenaga kepemimpinan yang terampil yang bertanggung jawab sertamau mengerti keinginan bawahannya. Seorang pemimpin harus mampu mengarahkan, menggerakkan danmempengaruhi bawahannya untuk bekerjasama dengan memberikan dorongan dan bekerja keras dalammenjalankan tugas pekerjaannya. Untuk melaksanakan aktivitas organisasi dalam pencapaian tujuan, maka dalammengarahkan dan memotivasi kelompok manusia dituntut adanya bentuk kepemimpinan tertentu yang sesuai padasituasi dan kondisi yang ada.Manajemen dalam suatu perusahaan akan sulit merealisasikan tujuan tanpa adanya pemimpin. Oleh karena ituseorang pemimpin dituntut memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk memimpin suatu bidang pekerjaan, danpemimpin merupakan dasar dan faktor penentu yang akan mempengaruhi maju mundurnya atau naik turunnya suatuperusahaan.Selain aspek kepemimpinan salah satu faktor yang sangat berperan dalam meningkatkan kinerja pegawai adalahmotivasi kerja. Pegawai yang memiliki motivasi kerja tinggi, selalu mempunyai dorongan untuk bekerja lebih baikuntuk mencapai prestasi yang istimewa. Apabila terbuka kesempatan untuk berprestasi maka akan mendorongpsikologis untuk meningkatkan jiwa dedikasi serta pemanfaatan potensi yang dimilikinya untuk meningkatkan kinerjapegawai. Hasibuan (2002 : 194) menyatakan "bahwa pada dasarnya faktor dominan yang mempengaruhi tingkatkinerja pegawai suatu organisasi adalah kepemimpinan suatu organisasi".Fenomena di kantor PT. X menunjukan bahwa kondisi yang menggerakkan pegawai ke arah pencapaian tujuanorganisasi relatif masih kurang optimal yang mengakibatkan kinerja pegawai mengalami penurunan yang ditandaidengan produktivitas perusahaan yang cenderung merosot.Penurunan kinerja pegawai ini tidak boleh dibiarkan terus berlanjut, karena akan dapat menyebabkan perusahaanmengalami kerugian, bahkan kemungkinan yang paling buruk adalah gulung tikarnya perusahaan. Oleh karena ituperlu segera mengantisipasi dengan menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai. Dalam hal inisecara teoritis faktor yang paling berpengaruh terhadap kinerja pegawai adalah faktor kepemimpinan dan motivasikerja.Sehubungan dengan uraian di atas, maka penulis tertarik untuk mengkaji lebih mendalam mengenai kepemimpinandan motivasi kerja dengan kinerja pegawai dengan mengangkat sebuah judul : "
Pengaruh Kepemimpinan danMotivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada PT. X
".
B. Identifikasi dan Rumusan Masalah
 Kepemimpinan sangat berhubungan erat dengan manusia sebagai salah satu faktor dalam organisasi, karenamanusia lah yang dapat membuat berfungsi atau merupakan titik sentral kegiatan organisasi. Cepat atau lambatnyakegiatan organisasi tergantung kepada keterampilan pemimpin dalam mengarahkan langkah dan kebijaksanaanperusahaan sebagai usaha memperoleh kinerja pegawai yang tinggi. Seorang pemimpin yang berhasil akan mampumempengaruhi orang lain dan dianggap sebagai panutan untuk bawahannya dalam melaksanakan tujuan organisasi.Dalam penelitian ini penyusun mencoba menitikberatkan terhadap masalah kepemimpinan untuk meningkatkankinerja pegawai yang tinggi. Berdasarkan identifikasi masalah di atas maka dapat dirumuskan masalah-masalahpenelitian sebagai berikut :1. Bagaimanakah tingkat efektivitas kepemimpinan Direktur Utama PT. X berdasarkan persepsi responden ?2. Bagaimanakah tingkat motivasi kerja pegawai PT. X ?

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->