Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pelayanan Publik

Pelayanan Publik

Ratings: (0)|Views: 29 |Likes:
Published by BhoBie Bibbo
makalah untuk bu ruliku cantik dan imuts
makalah untuk bu ruliku cantik dan imuts

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: BhoBie Bibbo on Apr 25, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/07/2014

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.Latar Belakang
Konsep pendidikan tinggi untuk semua awalnya diperkenalkan di AmerikaSerikat sekitar tahun 1970-an. Ini adalah sebuah pengakuan terhadap hak-hak rakyat Amerika untuk memperoleh pendidikan tinggi. Dalam konteksIndonesia, hal yang sama juga berlaku bahwa segenap warga negaraIndonesia memiliki hak yang sama dalam mengakses sumber-sumber pendidikan tinggi yang ada.Dalam Peraturan pemerintah No. 30 Tahun 1990 tentang tujuan perguruantinggi adalah menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yangmemiliki kemampuan akademik dan atau profesional yang dapatmenerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dankesenian serta menyumbangkan untuk meningkatkan taraf kehidupanmasyarakat dan memperkaya kehidupan nasional.Perguruan tinggi bukanlah sekedar lembaga pendidikan saja, melainkan jugasebagai lembaga yang menjembatani antara mahasiswa (anak didik) denganmasyarakat sekitar, agar ilmu yang didapatkan di perguruan tinggi bisabermanfaat tak hanya bagi mereka sendiri, tetapi juga bermanfaat bagi oranglain.
1
 
Oleh sebab itulah kita harus mempunyai konsep dan tujuan yang jelas dalammembangun sebuah perguruan tinggi, sebab jika kita asal-asalan, makaperguruan tinggi akan dihujat oleh masyarakat karena tidak menghasilkandampak yang nyata bagi lingkungan sekitar.Setiap perguruan tinggi menginginkan kemakmuran material dan spiritualdalam arti dapat terpenuhi keinginan atau kebutuhannya yang selaluberkembang, maka bagi perguruan tinggi bagi keseluruhan menghendekaikesuksesan, termasuk kestabilan. Di sini pemerintah dalam kegiatannyaditujukan untuk mencapai tujuan tersebut agar keinginan perguruan tinggiterpenuhi. Dalam pelkasanaannya digunakan barang-barang dan jasadengan berbagai bentuk termasuk berupa uang. Penggunaan uang untukmelaksanakan fungsi pemerintah. Inilah yang dimaksudkan denganpengeluaran publik. Pengeluaran pemerintah dapat jugadiartikan sebagaipenggunaan uang dan sumber daya satu negara untuk membiayai suatukegiatan negara atau pemerintah dalam rangka mewujudkan fungsinyadalam melakukan kesejahteraan sebagai contoh dari kegiatan negara adalahmelaksanakan pendidikan di indonesia salah satunya mengoptimalkanperguruan tinggi demi mencapai cita-cita negara republik indonesia yaknimewujudkan masyarakat adil makmur.Pemerintah tentu saja tidak hanya melakukan pengeluaran melainkan jugapenerimaan. Penerimaan dan pengeluaran pemerintah dimasukkan dalamsuatu konsep terpadu mengenai pendapatan dan belanja negara.
2
 
Pengeluaran pemerintah biasanya dibedakan menjadi dua yaitu pengeluarannegara dan pengeluaran daerah yang masing-masing mempunyai struktur pengeluaran tersendiri dan berbeda. Dan dalam pengeluaran negara adayang bersifat APBN dan PNBP, anggaran semua perguruan tinggi berasaldari Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP), bukan dari pos AnggaranPendapatan Belanja Negara (APBN),Karena berasal dari pos PNBP, anggaran baru dapat turun ke perguruantinggi sekitar Juli-Agustus. Artinya hanya ada waktu setengah tahun sajauntuk menghabiskan anggaran. Analisis pengeluaran publik dapat menjadi alat yang sangat bermanfaat.Memang, sebaiknya analisis dan pemantauan terhadap pengeluaran publikmerupakan sebuah proses yang terjadi secara alami dan harus dilakukansecara rutin.
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->