Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Penebalan Dinding Sel Dan Pembelahan Sel

Penebalan Dinding Sel Dan Pembelahan Sel

Ratings: (0)|Views: 1,322|Likes:
Published by Elya Agustina

More info:

Published by: Elya Agustina on Apr 25, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

02/16/2014

pdf

text

original

 
Laporan PraktikumAnatomi Perkembangan Tumbuhan
PENEBALAN DINDING SEL DAN PEMBELAHAN SEL
Nama : Elya AgustinaNim : 1210702021Kelompok : 3Tanggal Praktikum : 23 Maret 2012Tanggal Pengumpulan : 30 Maret 2012
JURUSAN BIOLOGIFAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGIUIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG2012
 
PENEBALAN DINDING SEL DAN PEMBELAHAN SEL
1.
 
Tujuan
-
 
Melihat dan mengenal adanya penebalan pada dinding sel
-
 
Mengamati pembelahan sel pada akar
 Allium cepa
 
2.
 
Dasar Teori
Dinding sel merupakan bagian sel yang bersifat mati. Dinding selmenentukan bentuk sel serta tekstur jaringan, berfungsi sebagai penguat danmelindungi protoplas. Dinding sel pada tumbuhan mempunyai tebal yangbermacam-macam tergantung pada umur dan tipe sel. Berdasarkanperkembangannya dan strukturnya dibedakan menjadi tiga bagian pokok yaitu lamela tengah, dinding primer dan dinding sekunder. Semua selmempunyai lamela tengah dan dinding primer sedangkan adanya dindingsekunder hanya terdapat pada sel-sel tertentu (Sitompul, 1995). Penebalandinding sel dapat dibedakan berdasarkan arah penebalannya, yaitu penebalansentrifugal (penebalan ke arah luar. dan penebalan sentripetal (penebalankearah dalam) (Woelaningsih, 1984).Jaringan sklerenkim adalah jaringan yang terjadi dari sel-sel denganpenebalan dinding sekunder, yang berlignin atau tidak berlignin dan bersifatelastis. Sklerenkim merupakan jaringan penguat dengan dinding yang tebal.Umumnya terdiri dari zat lignin. Pada umumnya sel sklerenkim tidak lagimengandung protoplas atau dengan kata lain sel-selnya telah mati dengandinding sel yang tebal sehingga jaringan sklerenkim hanya dijumpai padaorgan tumbuhan yang tidak lagi mengadakan pertumbuhan danperkembangan. Jaringan sklerenkim terdiri dari serat dan sklereid (sel-selbatu). Bentuk sklereid terbagi menjadi 5 yaitu:1.
 
Brakisklereid (sel batu); bentuknya isodiometrik atau membulat,biasanya terdapat pada floem, korteks dan kulit batang serta dalamdaging buah beberpa jenis tumbuhan seperti
Pyrus communis
 
 
2.
 
Makrosklereid, berbentuk seperti batang/tongkat, sering membentuk suatu lapisan kontinyu dalam testa biji
 Leguminosae
yang keras.3.
 
Osteosklereid, sklereid berbentuk kumparan atau tulang, ujungnyamembesar, bercuping dan kadang-kadang bahkan bercabang, terdapatpada kulit biji dan mesofil daun dikotiledon tertentu4.
 
Asterosklereid, mempunyai percabangan beragam dan sering kaliberbentuk bintang, terutama terdapat pada daun5.
 
Trikosklereid, sklereid ini memanjang, agak seperti rambut dan biasanyaberupa sklereid dengan suatu percabangan yang teratur, terdapat dimesofil daun.Proses pembelahan sel terjadi secara mitosis dan meiosis.Tumbuhanpada masa awal perkembangan mengalami pertumbuhan sangat banyak,tumbuhan mengalami pembelahan sel secara tidak langsung yang disebut juga dengan mitosis (Setjo, 2004).Mitosis merupakan periode pembelahansel yang berlangsung pada jaringan titik tumbuh (meristem), seperti padaujung akar atau pucuk tanaman. Proses mitosis terjadi dalam empat fase,yaitu profase, metafase, anafase, dan telofase. Fase mitosis tersebut terjadipada sel tumbuhan maupun hewan. Terdapat perbedaan mendasar antaramitosis pada hewan dan tumbuhan (Hasnunidah, 2009). Terjadi pada ujungakar, yang mengalami pembelahan awal, mitosis terjadi dalam sel somatik yang bersifat meristematik, yaitu sel-sel yang hidup terutama yang sedangtumbuh (ujung akar dan ujung batang), mitosis pada tumbuhan terjadi selamamulai dari 30 menit sampai beberapa jam dan merupakan bagian dari suatuproses yang berputar dan terus menerus (Suryo, 2008).Proses mitosis ini terjadi bersama dengan pembelahan sitoplasma danbahan-bahan di luar inti sel. Pada mitosis setiap induk yang diploid (2n) akanmenghasilkan dua buah sel anakan yang masing-masing tetap diploid sertamemiliki sifat keturunan yang sama dengan sel induknya (Campbell, 2008).

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->