Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
145Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Atherosclerosis

Atherosclerosis

Ratings:

4.33

(3)
|Views: 23,145|Likes:
Published by necel
About atherosclerosis, symptomps, pathology, therapy, drugs, disease, etc
About atherosclerosis, symptomps, pathology, therapy, drugs, disease, etc

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: necel on Mar 31, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/04/2013

pdf

text

original

 
1
Biokimia “atherosklerosis”
© necel 2009
ATEROSKLEROSIS(ATHEROSCLEROSIS)OLEHNECEL PUBLICATION OF NECEL
 
2
Biokimia “atherosklerosis”
© necel 2009
BAB IPENDAHULUAN1.1.
 
Latar Belakang
Arteri adalah pembuluh darah yang membawa oksigen dan nutrisi dari jantung ke anggota tubuh yang lain. Ciri-ciri arteri yang sehat yaitu fleksibel, kuatdan elastis. Lapisan permukaan dalamnya licin sehingga darah dapat mengalirtanpa batasan. Tetapi, suatu waktu, terlalu banyak tekanan pada arteri dapatmenyebabkan dinding pembuluh darah menjadi tebal dan kaku, akhirnya akanmembatasi darah yang mengalir ke organ dan jaringan. Proses ini disebutarteriosclerosis atau pengerasan pembuluh arteri.
1
Aterosklerosis adalah bentuk umum dari ateriosklerosis. Meskipun keduaistilah tersebut dalam aplikasinya dapat saling menggantikan. Aterosklerosismerupakan pengerasan pembuluh darah arteri yang disebabkan karenapenumpukkan simpanan lemak (plak) dan substansi lainnya.
1
 
Beberapa penelitian menggambarkan perbedaan antara “ateriosklerosis“,“atherosclerosis“,and arteriolosklerosis“.Dalam konteks ini, atherosklerosis
digunakan ketika mengacu pada arteri utama yang lebih besar, danarteriolosklerosis digunakan ketika mengacu pada arteriol, sedangkanarteriosklerosis merupakan induk dari kedua terminologi di atas.
2
 Arteriosclerosis (pengerasan arteri utama) diakibatkan dari suatusimpanan yang tidak mudah rusak dan kolagen yang kaku di dalam dindingpembuluh darah di sekitar ateroma. Hal ini meningkatkan kekakuan danmenurunkan elastisitas dinding arteri. Arteriolosklerosis (pengerasan arteri kecil,arteriol)adalah hasil dari penyimpanan kolagen, penebalan dinding otot danpenyimpanan
 protein (“hyaline“).
3
 Aterosklerosis adalah penyakit yang sangat progresif yang menyebabkanmengerasnya pembuluh arteri karena sumbatan oleh kolesterol teroksidasi.Atherosklerosis ini tidak jarang sudah mulai terjadi sejak usia masih sangat muda.Proses mengerasnya pembuluh darah merupakan suatu proses yang berjalanperlahan-lahan namun pasti.
4
 
 
3
Biokimia “atherosklerosis”
© necel 2009Diperkirakan bahwa atherosclerosis berawal sebagai atheroma, yaitutumor jinak (nonkanker) sel-sel otot polos di dalam dinding pembuluh darah. Sel-sel ini bermigrasi dari lapisan otot pada pembuluh darah ke posisi tepat di bawahlapisan endothel, sel-sel tersebut terus membelah diri dan membesar. Kemudian,kolesterol dan lemak yang menumpuk di sel-sel otot polos abnormal inimembentuk plak.
4
Plak terbentuk dari simpanan substansi lemak, kolesterol sisa metabolismesel, kalsium dan fibrin. Substansi-substansi ini dapat berkembang pada arterisedang atau aorta. Kerusakan dinding pembuluh yang parah akibat terkena plak ini menjadi keras dan kehilangan elastisitasnya. Keadaan seperti ini disebut
“pengerasan arteri“.
5
 Atherosklerosis bukanlah penyakit yang baru dikenal. Pembuluh darahmummi Mesir, lebih dari 3500 tahun yang lalu, ternyata telah mengidap penyakitini. Otopsi pertama yang dilakukan pada tahun 1931menunjukkan adanya tanda-tanda pengapuran pada pembuluh koroner seorang wanita mummi wanita berusia50 tahun. Otopsi pada 200 serdadu yang mati muda dalam perang Koreamenunjukkan 50 persen serdadu itu menunjukkan tanda-tanda pengapuran padapembuluh koronernya walaupun mereka tidak mempunyai keluhan sama sekali.Di Amerika Serikat, 46 persen dari anak muda yang mati karena kecelakaan lalulintas ternyata sudah mengidap pengapuran koroner yang nyata, tetapi tetap tanpagejala yang nyata.
5
 Jumlah penderita atherosklerosis di era globalisasi dan industrialisasicenderung meningkat. Pada dekade terakhir ini penyakit jantung dan pembuluhdarah yang didasari oleh atherosklerosis berkembang menjadi pembunuh utama diIndonesia.
6
Dari penelitian menunjukkan, penyebab kematian dari penduduk dunia yang diteliti adalah jantung (42,9 persen), stroke (25,9 persen), penyakitparu dan asma (12,5 persen), kanker (5,4 persen), dan penyakit lain (kurang dariempat persen).
7
Salah satu penyebab fenomena ini adalah pola hidup masyarakatyang tidak sehat .
8
 Studi yang dilakukan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)pada tahun1976 menyimpulkan bahwa progresi pengapuran koroner bertambah sebesar 3persen per tahun sejak usia seseorang melewai 20 tahun. Kenyataan ini

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->