Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Permasalahan Pendidikan Di Indonesia

Permasalahan Pendidikan Di Indonesia

Ratings: (0)|Views: 251 |Likes:
Published by Falid Sudah Valid

More info:

Published by: Falid Sudah Valid on Apr 26, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/17/2013

pdf

text

original

 
 
MAKALAH
PERMASALAHA PENDIDIKAN DI INDONESIA
 TUGAS MATA KULIAH LANDASAN KEPENDIDIKANPengampu: Dr. Khomsun Nurhalim, M.PdDisusun Oleh:Nama : FALIDAN AHMADNIM : 0103512062PENDIDIKAN DASAR (PENDAS) KONSENTRASI PGSDPROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANGTAHUN AJARAN 2012/ 2013
 
BAB I
PENDAHULUAN
A.
 
Latar Belakang
Pendidikan adalah sebuah sistem, ketika salah satu komponen sistem tersebutmemiliki permasalahan, maka berdampak pada fungsi dan sistem kerja komponen maupunkemajuan pendidikan di Indonesia. Untuk mengetahui kompleksitas permasalahan, diperlukan pembahasan secara mendasar permasalahan yang terjadi pada komponen- komponen pendidikan. Dengan pembahasan mendasar tersebut, diketahui secara jelas tentang hakikat, bentuk dan esensi permasalahan yang dihadapi dalam dunia pendidikan.Pokok pembahasan makalah ini adalah permasalahan pendidikan di Indonesia yangdikelompokkan menjadi beberapa permasalahan urgen, diantaranya: kualitas pendidikan,relevansi pendidikan, elitisme pendidikan, sistem manajemen pendidikan, kesenjangan pendidikan, manajemen anggaran pendidikan dan permasalahan perkembangan teknologiinformasi dan komunikasi. Pembahasan permasalahan pendidikan sangat diperlukan oleh pendidik karena pendidik merupakan pelaksana utama proses pendidikan.Permasalahan tersebut akan selalu berkembang dan memerlukan penanganan yangsistematis, terstruktur dan berkesinambungan oleh semua pihak. Setelah guru membahastentang permasalahan pendidikan di Indoesia, diharapkan guru lebih mengerti secaramendasar penyebab permasalahan, untuk selanjutnya membantu menyelesaikan permasalahansesuai dengan tugas, pokok dan fungsinya.
B.
 
Perumusan Masalah
Masalah dalam makalah ini dirumuskan sebagai berikut:1)
 
Apa sajakah permasalahan dalam pendidikan di Indonesia?
C.
 
Tujuan Masalah
Tujuan dalam pembahasan makalah ini adalah:1)
 
Mengetahui permasalahan pendidikan di Indonesia
 
BAB II
PEMBAHASAN
Saling keterkaitan antar komponen sistem pendidikan menyebabkan permasalahanyang muncul mempengaruhi komponen- komponen pendidikan yang lain (Munib: 2009).Secara garis besar permasalahan pendidikan di Indonesia dapat dikelompokkan menjadi beberapa kajian, diantaranya adalah:
1)
 
Kualitas Pendidikan
Kualitas pendidikan di Indonesia masih dikategorikan rendah jika dibandingkannegara berkembang lain di ASEAN seperti Malaysia, Thailand dan Filipina. Rendahnyakualitas pendidikan di Indonesia dapat dilihat dari peringkat Humand Development Indeks(HDI) Indonesia yang masih berada di urutan ke 111 dari 185 negara (Depdiknas: 2009).Indikator rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia tersebut terlihat dari rendahnya kualitaskomponen- komponen pendidikan, yaitu:a)
 
Rendahnya Mutu Pendidik/ Guru (kompetensi, kinerja maupun profesionalisme)Program sertifikasi yang telah berjalan belum berpengaruh signifikan terhadap profesionalisme. Sertifikasi sudah berpengaruh terhadap kesejahteraan guru, namun belum meningkatkan profesionalisme guru. Kualitas standarisasi kualifikasi akademik  pendidik juga belum berhasil karena banyak guru yang belum sesuai dengan standar yang ditetapkan dalam undang- undang. b)
 
Kualitas Lulusan / Output Pendidikan yang masih rendah.Siswa sebagai Input maupun Output pendidikan belum mampu memperoleh standar nilai murni minimal yang ditetapkan pada Ujian Nasional pada jenjang sekolah dasar,tingkat menengah maupun tingkat atas . Kemampuan kompetensi sikap, karakter danketerampilan/ vokasi (
 soft and 
 
hard skill 
) belum dijadikan sebagai standar kelulusan,karena standar kelulusan masih berorientasi pada kompetensi akademik kurikulum.c)
 
Belum diterapkan 8 Standar Nasional Pendidikan pada semua jenjang pendidikan.Standar Nasional Pendidikan yang meliputi standar isi, standar pendidik, standar  proses, standar kompetensi lulusan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan,standar pembiayaan dan standar penilaian belum diterapkan oleh semua sekolah.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->