Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
pemilihan

pemilihan

Ratings: (0)|Views: 165|Likes:
Published by Deliani Susy

More info:

Published by: Deliani Susy on Apr 27, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/22/2013

pdf

text

original

 
TINJAUAN PUSTAKA ,
mengenai
 
mekanisme kerjaperpustakaan
1.1 Pengertian Pengembangan Koleksi Perpustakaan
Koleksi perpustakaan merupakan salah satu faktor utamayang menentukan kriteria dan jenis sebuah perpustakaan.Oleh sebab itu, dari sumber informasi perpustakaan akandimulai kebijakan pembentukannya. Secara khususpembinaan koleksi dikaitkan dengan masing-masing jenisperpustakaan. Perpustakaan umu, koleksinya bersifatumum, artinya mencakup semua ilmu pengetahuan yangsesuai dengan kebutuhan selurtuh lapisan masyarakat.Koleksi perpustakaan perguruan tinggi adalah mengenaiprogram atau materi mata kuliah disiplin ilmu, dan materipendukung bagijurusan, program studi, fakultas, universitasyang ada. Untuk perpustakaan sekolah, koleksi yangdisediakan adalah berhubungan dengan mata pelajaran.Begitu juga untuk perpustakaan jenis lain. Artinya bahwakoleksi perpustakaan selalu dikaitkan dengan tugas danfungsi yang harus dilakukun dalam rangka mencapai misidan mewujudkan visi perpustakaan yang bersangkutan.Koleksi bahan pustaka yang disediakan seharusnya dibacadan dimanfaatkan oleh masyarakat yang memangdiharapkan pemakainya. Agar maksud itu dapat diwujudkanmaka perpustakaan harus menyediakan berbagai jenislayanan serta memberikan kemudahan, baik aksesinformasi, tenaga, waktu, petunjuk, maupun sarana lainnya.Pendayagunaan koleksi sangat diperlukan karena kegiatanini merupakan upaya perpustakaan dalam merumuskanberbagai ketentuan/kebijakan. Kebijakan yang akanditerapkan pada layanan. Pembinaan koleksi perpustakaanadalah kegiatan yang dilakukan sejak koleksi pertama ataudasar terbentuk. Pembinaan koleksi perpustakaanmencakup :
 
1. Perumusan kebijakan agar koleksi perpustakaan sesuaidengan keperluan masyarakat pemakai, jumlah bahanpustaka selalu mencukupi. Mutu koleksi perpustakaandibentuk oleh kegiatan pembinaan koleksi ini.2. Penjabaran kebijakan ini : a. Menyusun rencanaopersional pembinaan koleksi. Kegiatan ini adalahmencakup perencanaan kebutuhan koleksi, sistem danmetode pengadaan,pengolahan, penyusunan, danpemberdayaan dan pemberian layanan serta penyediaananggaran yang diperlukan.b. Menghimpun. Alat seleksi bahan pustaka kegiatan iniadalah mengumpulkan semua sumber informasi literatureyang akan dipakai dalam proses penyeleksian danpenentuan bahan pustaka yang sekarang diadakan.Sumber-sumber informasi inimisalnya katalog penerbit, bibliografi, buletin, abstrak danindeks, brosur terbitan terbaru, dan daftar terbitantambahan. Sumber informasi tersebut akan lebih lengkapapabila isi buku, harga, penerbit dan toko buku yangmenyediakannya.c.Survei minat pemakai. Kegiatan ini pada dasarnya adalahmembuat instrument, mengumpulkan, mengolah danmenganalisis data serta membuat laporan hasil survey untukmengetahui bidang atau sebjek yang diminati pemakai yangdapat dilakukan penelitian dan wawancara yang dilakukanolh pustakawan dengan para pemakai potensial yang rajinke perpustakaan.
 
1.2 Tujuan Pengembangan Koleksi
Dalam buku pedoman Perpustakaan Perguruan Tinggi(1994 : 30 ) menyatakan ”Tujuan pengembangan koleksiperpustakaan perlu dirumuskan dan sesuaikan dengankondisi serta kenyataan yang ada di perguruan tinggi agar perpustakaan dapat secara berencana mengembangkankoleksinya. ”Sulistyo-Basuki (1992 : 14 ) menyatakan untukmenilai apakah bahan pustaka berkualitas atau tidak dapatdilakukan dengan cara sebagai berikut :a) Membandingkan koleksi perpustakaan sesuai standar yang ditebitkan.b) Membandingkan koleksi perpustakaan dengan koleksiperpustakaan sejenis terutama dengan perpustakaansejenis yang besar.c) Melakukan kajian berapa banyak koleksi yang digunakan.d) Minat bantuan pakar untuk menila koleksi yang adasesuai dengan bidang spesialis masing-masing.Perguruan tinggi ialah untuk menunjang pelaksanaanprogram perguruan tinggi sesuai dengan Tri DharmaPerguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran,penelitian dan pengabdian pada masyarakat.1. Dharma pertama yaitu pendidikan dan pengajarandilaksanakan dengan cara mengumpulkan, mengolah,menyimpan, menyajikan, dan menyebarluaskan informasibagi mahasiswa dan dosen sesuai dengan kurikulum yangberlaku.2. Dharma yang kedua yaitu penelitian, dilakukan melaluikegiatan mengumpulkan, mengolah, menyimpan,menyajikan, dan menyebarluaskan informasi bagi peneliti.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->