Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Manajemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di Madrasah

Manajemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di Madrasah

Ratings: (0)|Views: 156|Likes:
Published by Dahlia Nasution

More info:

Published by: Dahlia Nasution on Apr 28, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/28/2013

pdf

text

original

 
MANAJEMEN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI MADRASAH(Sebuah Aplikasi Praktik dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan)By. Muhammad Fathurrohman, M.Pd.I(Guru Sang Dewo (SMPN 2 Pagerwojo) & Akademisi UIN Maliki Malang)A. PengantarDalam pandangan ajaran Islam, segala sesuatu harus dilakukan secara rapi, benar, tertib, dan teratur.Proses-prosesnya harus diikuti dengan baik, tidak boleh dikerjakan secara asal-asalan. Arah pekerjaanyang jelas dan landasan yang mantab serta cara-cara mendapatkannya yang transparan akanmenjadikan amal perbuatan yang mendapatkan ridlo dan hidayah dari Allah swt. Hal ini merupakanprinsip utama dalam ajaran Islam. Sesuai dengan prinsip itu, maka manajemen dalam arti mengatursegala sesuatu agar dilakukan dengan baik, tepat dan tuntas merupakan hal yang disyariatkan dalamajaran Islam.Pada dasarnya manajemen berasal dari to manage yang berarti mengatur, mengelola atau mengurusi.Manajemen sering diartikulasikan sebagai ilmu, kiat dan profesi. Sebagai ilmu, manajemen dipandangsebagai suatu bidang pengetahuan yang secara sistematis berusaha memahami mengapa danbagaimana orang bekerja sama untuk mencapai tujuan dan membuat system kerjasama yang lebihbermanfaat bagi kemanusiaan.Sementara itu manajemen dipandang sebagai seni yaitu untuk melaksanakan pekerjaan melalui oranglain, dalam hal ini seorang manajer perlu mengetahui dan menguasai seni memimpin. Sedangkansebagai profesi, dikarenakan manajemen dilandasi keahlian khusus untuk mencapai prestasi manajeryang diikat oleh kode etik dan dituntut untuk bekerja secara professional. Oleh karena itu seorangmanajer harus membekali diri dengan kemampuan konseptual (POAC) serta kemampuan sosial dankemampuan teknis yang dapat mendukung dalam pelaksanaan program yang dijalankan.
 
 Sedangkan manajemen menurut istilah terdapat beberapa pendapat, antara lain: menurut SayyidMahmud al Hawary, manajemen adalah mengetahui kemana yang dituju, kesukaran apa yang harusdihindari, kekuatan apa yang harus dijalankan dan bagaimana mengemudikan kapal anda sebaik-baiknyatanpa pemborosan waktu dan proses mengerjakannya.Menurut Stooner, manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan danpengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan pengguna sumber daya organisasi lainnya agardapat mencapai tujuan organisasi yang ditetapkan.Unsur-unsur manajemen adalah, 1) adanya proses (adanya tahapan yang dilaksanakan oleh manajer), 2)adanya menata, 3) adanya upaya untuk menggerakkan, 4) adanya sumber-sumber potensial yangdilibatkan, 5) adanya tujuan yang harus dicapai, 6) tujuan yang dicapai harus efektif dan efisien.Dalam upaya peningkatan mutu pendidikan akan sangat bergantung kepada manajemen yangdigunakan dalam suatu lembaga pendidikan yang bersangkutan. Manajemen tersebut akan efektif danefisien apabila didukung oleh sumber daya manusia yang professional untuk mengoperasikan lembagapendidikan tersebut, kurikulum yang sesuai dengan tingkat perkembangan dan karakteristik siswa,kemampuan dan komitmen tenaga kependidikan yang handal, sarana-prasarana yang memadai untukmendukung kegiatan belajar-mengajar, dana yang cukup untuk menggaji staf sesuai dengan fungsinya,serta partisipasi masyarakat yang tinggi. Bila salah satu hal di atas tidak sesuai dengan yang diharapkandan/atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka efektivitas dan efisiensi pengelolaan sekolahIslam tersebut kurang optimal.Manajemen pendidikan adalah aktifitas memadukan sumber-sumber pendidikan agar terpusat dalamusaha mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan sebelumnya. Sedangkan manajemenpendidikan Islam adalah suatu proses penataan atau pengolahan lembaga pendidikan Islam yangmelibatkan SDM muslim dari manusia dan non manusia dalam menggerakkannya untuk mencapaitujuan pendidikan Islam secara efektif. Manajemen pendidikan Islam meliputi manajemen kurikulumdan pembelajaran pendidikan Islam, manajemen tenaga kependidikan Islam, manajemen sarana dan prasarana dan lain-lain. Dan semua manajemen dalam tiap-tiap bagian tersebut haruslah diatur sebaik-baiknya dan serapi mungkin agar tujuan pendidikan dapat tercapai.
 
Berdasarkan hal-hal yang diuraikan diatas, maka penulis ingin menjelaskan dan mengungkapkan secaralebih detail tentang bagaimana manajemen tenaga kependidikan Islam di Madrasah Aliyah NegeriTulungagung I yang meliputi perencanaan dan pengadaan pegawai, pembinaan dan pengembanganpegawai, promosi dan mutasi pegawai, pemberhentian pegawai dan penilaian pegawai, bagaimanamanajemen guru pendidikan Islam dalam pembelajaran, serta bagaimana kedisiplinan dari para gurunyaberdasarkan manajemen yang sudah diatur.B. Manajemen Tenaga Kependidikan Islam (Dalam Teori)Manajemen tenaga kependidikan bisa dikatakan juga manajemen personal atau manajemenkepegawaian. Manajemen personal adalah segenap proses penataan yang bersangkut-paut denganmasalah memperoleh dan menggunakan tenaga kerja untuk dan di sekolah dengan efisien,demitercapainya tujuan sekolah yang telah ditentukan sebelumnya. Tujuan sekolah yang dimaksud adalahtujuan yang tertera sebagai tujuan institusional lembaga.Keberhasilan manajemen guru pendidikan Islam sangat ditentukan oleh keberhasilan pimpinannyadalam mengelola tenaga kependidikan yang tersedia di sekolah Islam. Dalam hal ini, peningkatanproduktivitas dan prestasi kerja dapat dilakukan dengan meningkatkan perilaku manusia di tempat kerjamelalui aplikasi konsep dan teknik manajemen personalia modern.Manajemen Tenaga kependidikan atau menejemen personalia pendidikan Islam bertujuan untukmendayagunakan tenaga kependidikan Islam secara efektif dan efisien untuk mencapai hasil yangoptimal, namun tetap dalam kondisi yang menyenangkan. Sehubungan dengan itu, fungsi personaliayang harus dilaksanakan pimpinan, adalah menarik, mengembangkan, menggaji, dan memotivasipersonil guna mencapai tujuan sistem, membantu anggota mencapai posisi standar perilaku,memaksimalkan perkembangan karier tenaga kependidikan Islam, serta menyelaraskan tujuan individudan organisasi.Tenaga kependidikan bertugas menyelenggarakan kegiatan mengajar, melatih, meneliti,mengembangkan, mengelola, dan/atau memberikan pelayanan teknis dalam bidang pendidikan. Tenagakependidikan di sekolah meliputi Tenaga Pendidik (Guru), Pengelola Satuan Pendidikan, Pustakawan,Laboran, dan Teknisi sumber belajar.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->