Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Aplikasi Etika Lingkungan Dalam e

Aplikasi Etika Lingkungan Dalam e

Ratings: (0)|Views: 130 |Likes:
Published by Ganda Saputra

More info:

Published by: Ganda Saputra on Apr 28, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/07/2014

pdf

text

original

 
 
APLIKASI ETIKA LINGKUNGAN DALAME-LEARNING DAN E-OFFICE
 
 Tugas Kuliah Etika dan Nilai Lingkungan
 
2013
 
PROGRAM PASCASARJANA KESEHATAN MASYARAKATSEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIK) BINA HUSADAPALEMBANG
 
HiliAulianah, S.Kep, NersNPM. 12. 13101. 00. 29
 
BAB I
 
PEND
AHULUAN
 Etika lingkungan hidup, berhubungan dengan perilaku manusia terhadap lingkunganhidupnya, tetapi bukan berarti bahwa manusia adalah pusat dari alam semesta(antroposentris). Lingkungan hidup adalah lingkungan di sekitar manusia, tempat dimanaorganisme dan anorganisme berkembang dan berinteraksi, jadi lingkungan hidup adalahplanet bumi ini. Ini berarti manusia, organisme dan anorganisme adalah bagian integral daridari planet bumi ini. Hal ini perlu ditegaskan sebab seringkali manusia bersikap seolah-olahmereka bukan merupakan bagian dari lingkungan hidup.Secara entimologis manusia dan bumi sama sama mempunyai akar kata yang samadalam bahasa semit, yaitu disebut ‘dm, asal kata adam (manusia) dan adamah, artinya tanah.Manusia adalah lingkungan hidup, sebab dia mempunyai ciri-ciri dimana seluruh komponenyang yang ada berasal dari alam ini, yaitu ciri-ciri fisik dan biologis.Istilah lingkungan hidup pertama kali dimunculkan oleh Ernst Haeckel, seorang muridDarwin pada tahun 1866, yang menunjuk kepada keseluruhan organisme atau pola hubunganantar organisme dan lingkungannya. Ekologi berasal dari kata oikos dan logos, yang secaraharfiah berarti rumahdan ‘lingkungan’. Ekologi sebagai ilmu berarti pengetahuan tentanglingkungan hidup atau planet bumi ini sebagai keseluruhan. Jadi lingkungan harus selaludipahami dalam arti oikos, yaitu planet bumi ini. Sebagai oikos bumi mempunyai dua fungsiyang sangat penting, yaitu sebagai tempat kediaman (oikoumene) dan sebagai sumberkehidupan (oikonomia/ekonomi).Lingkungan hidup di planet bumi dibagi menjadi tiga kelompok dasar, yaitulingkungan fisik (physical environment), lingkungan biologis (biological environment) danlingkungan sosial (social environment). Di jaman moderen ini teknologi dianggapmempunyai lingkungannya sendiri yang disebut (teknosfer) yang kemudian dianggapmempunyai peran penting dalam merusak lingkungan fisik.Untuk mempertahankan eksistensi planet bumi maka manusia memerlukankekuatan/nilai lain yang disebut ‘etosfer’, yaitu etika atau moral manusia. Etika dan moralbukan ciptaan manusia, sebab ia melekat pada dirinya, menjadi hakikatnya. Sama sepertibumi bukan ciptaan manusia. Ia dikaruniai bumi untuk dikelola dan pengelolaan itu berjalandengan baik dan bertanggung jawab sebab ia juga dikaruniai etosfer.
 
Etika adalah hal yang sering dilupakan dalam pembahasan perusakan lingkungan.Pada umumnya pihak-pihak yang terlibat dalam konflik ini cenderung langsungmenggunakan fenomena-fenomena yang muncul di permukaan dan kemudian mencaripenyebabnya kepada aktivitas yang ada di sekitar fenomena tersebut (misalnya: Logging,Pertambangan, Industri dll) sebagai tersangka dan untuk mendukung kecurigaan tersebutdigunakanlah bukti-bukti yang dikatakan ilmiah, walaupun sering terjadi data yangdikemukakan tidak relevan.Pada sisi lain pihak yang dituduh kemudian juga menyodorkan informasi atau datayang bersifat teknis yang menyatakan mereka tidak bersalah, akibatnya konflik yang terjadisemakin panas dan meluas, padahal kalau mereka yang berkonflik memiliki etika yang benartentang lingkungan hidup maka konflik yang menuju kearah yang meruncing akan dapatdicegah.Lingkungan hidup bukanlah obyek untuk dieksploitasi secara tidak bertanggung jawab, tetapi harus ada suatu kesadaran bahwa antara manusia dan lingkungan terdapatadanya relasi yang kuat dan saling mengikat. Rusaknya lingkungan hidup akan berakibatpada terganggunya kelangsungan hidup manusia. Karena itu setiap kali kita mengeksploitasisumberdaya mineral dari alam yang diciptakan oleh Tuhan, kita harus memperhitungkandengan seksama manfaat apa yang akan dihasilkannya bagi kemaslahatan manusia. Dengandemikian pemanfaatan ini tetap dalam tujuan transformasi menjadi manusia yang merdeka,cerdas, dan setara satu dan lainnya.
1.2. Tujuan Penulisan
1.
 
Untuk mengetahui apa itu etika lingkungan2.
 
Untuk mengetahui aplikasi etika lingkungan dalam e-office dan e-learning

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->