Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DAN.docx

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DAN.docx

Ratings: (0)|Views: 38 |Likes:
Published by Azizah Noor

More info:

Published by: Azizah Noor on Apr 28, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/07/2013

pdf

text

original

 
HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DANKEYAKINAN DIRI (
SELF-EFFICACY
) DENGANKREATIVITAS PADA SISWA AKSELERASI
A.
 
Problem Statements
Pokok permasalahan dari penelitian ini adalah mengenai kecerdasan emosi dan keyakinan diriyang merupakan faktor-faktor yang sangat penting dalam berjalannya proses pendidikan, danmerupakan tugas orang tua, guru, pihak sekolah, masyarakat dan pemerintah untuk lebihmemperhatikan dampak dari kelas Akselerasi bagi siswa berbakat akademik dengan caramenciptakan suasana yang mendukung peningkatan kecerdasan emosi yang baik dankeyakinan diri yang tinggi dengan harapan dapat meningkatkan kreativitas siswa akselerasi.Sehingga rumuana masalah dari penelitian ini adalah Apakah ada hubungan antara kecerdasanemosi dan keyakinan diri dengan kreativitas pada siswa akselerasi ?
 B.
 
Research question
1.
 
Apakah ada hubungan antara kecerdasan emosi dan keyakinan diri dengan kreativitas pada siswa akselerasi?2.
 
Apakah ada hubungan antara keyakinan diri dengan kreativitas pada siswa akselerasi?3.
 
Bagaimana tingkat kecerdasan emosi pada siswa akselerasi?4.
 
Bagaimana tingkat keyakinan diri pada siswa akselerasi?5.
 
Bagaimana tingkat kreativitas pada siswa akselerasi?6.
 
Apakah ada sumbangan efektif kecerdasan emosi dan keyakinan diri terhadap kreativitas pada siswa akselerasi?
C.
 
HypothesisHipotesis terbentuk berdasarkan dari telaah teoritik sebelumnya. Terdapat 2 hipotesis yangdiajukan dalam penelitian ini, yaitu:1.
 
Hipotesis mayor 
 
Ada hubungan antara kecerdasaan emosi dan keyakinan diri dengan kreativitas pada siswaakselerasi.2.
 
Hipotesis Minor 
a.
 
Ada hubungan positif antara kecerdasan emosi dengan kreativitas pada siswa akselerasi.Artinya semakin tinggi kecerdasaan emosi maka semakin tinggi pula kreativitas padasiswa akselerasi, dan sebaliknya semakin rendah kecerdasan emosi maka semakin rendah pula kreativitas pada siswa akselerasi.
 b.
 
Ada hubungan positif antara keyakinan diri dengan kreativitas pada siswa akselerasi.Artinya semakin tinggi keyakinan diri maka semakin tinggi kreativitas pada siswaakselerasi, dan sebaliknya semakin tinggi keyakinan diri maka rendah pula kreativitas pada siswa akselerasi.
 D.
 
Sampling
Sampel merupakan bagian dari populasi yang dijadikan subjek penelitian (Hadi, 2000). Teknik sampling merupakan cara yang digunakan untuk mengambil sampel (Hadi, 2000). Dalam penelitian ini peneliti tidak menggunakan bentuk sampel dan bentuk teknik sampling apapunkarena menggunakan studi populasi. Adapun proses studi populasi tersebut diterapkan padasiswa-siswi kelas X dan XI program akselerasi SMA Negeri 3 Semarang yang berjumlah 34orang, yang dalam hal ini berfungsi sebagai subjek penlitian.
E.
 
Variables
 
Ada dua jenis variabel yang digunakan dalam penelitian dan berdasarkan judul penelitian ada 3variabel pokok yang diteliti. Variabel yang domaksud adalah:
1.
 
Variabel tergantung : kreativitasData tes kreativitas figural dapat dilihat dengan mengkolerasikan
 figural defergent  productivity measure (Torrence Circless Test)
dengan
 figural convergent thinking (word relation)
dan dengan
verbal divergent thinking 
.
 
2.
 
Variabel bebas :a.
 
kecerdasan emosiHasil uji normalitas sebaran dari variabel kecerdasan emosi nilai kai kuadrat sebesar 7,029; p =0,634 (p > 0,05), variabel keyakinan diri kai kuadrat 13,623; p = 0,136 (p > 0,05) dan variabelkreativitas diperoleh nilai kai kuadrat sebesar 7,169; p = 0,620 (p > 0,05) ketiga variabel penelitian memiliki sebaran data normal.
 
 b.
 
keyakinan diriAlasan peneliti menggunakan variabel tergantung dan variabel bebas tersebut karena peneliti berasumsi variabel bebas yaitu kecerdasan emosi dan keyakinan diri akan mempengaruhi variabeltergantung yaitu kreativitas pada siswa akselerasi.
 F.
 
Data Analysis
Sesuai dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosidan keyakinan diri dengan kreativitas pada siswa akselerasi, maka teknik analisis yangdigunakan adalah Analisis Regresi Dua Prediktor.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->