Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
4th Group_The Proof Is in the Pottery.docx

4th Group_The Proof Is in the Pottery.docx

Ratings: (0)|Views: 4 |Likes:
Published by Azizah Noor

More info:

Published by: Azizah Noor on Apr 28, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/16/2013

pdf

text

original

 
 
By:
 
4
th
Group
Widuri Ananda PutriMusdalifahNoor AzizahWaliana MappaSilmu Khaeruddin
Rangkuman Materi Qualitative Research
Mathematics ICPFaculty of Mathematics and ScienceUniversity of State Makassar 
 
Pada chapter ini, penulis berusaha untuk menyampaikan suatu ide atau gagasan sertamencoba untuk mengubah paradigma banyak orang yang beranggapan bahwa seni dansains itu merupakan dua hal yang sangat jauh berbeda.Seni diduga telah ada ketika ilmu pengetahuan (sains) berhenti, serta pendekatanilmiah dan artistik pada penelitian kualitatif ini pada dasarnya diyakini berbeda dalam tujuan,sumber data, bentuk pernyataan dan kriteria penilaian. Dengan adanya hal tersebut, timbuldorongan untuk memahami suatu seni dan sains yang dalam keberadaannya merupakan duaranah yang terpisah. Sehingga, pakar sosiologi Richard Brown berpendapat bahwa :
 
dalam menerapkan suatu kerangka kerja dimana yang mempelopori adalah seni dansains, keduanya diakui sebagai yg terlibat dalam pembuatan paradigma atau polapikir melalui pengalaman yang dapat dipahami.
 
bagi para ilmuwan sosial, seni dan sains memiliki ketertarikan yang esensial, ataukekerabatan yang mungkin lebih berarti daripada hal-hal yang memisahkan antaraseni dan sains tersebut sperti teknik dan model penampilan dari seni dan sains.
Kinship (kekerabatan / keterkaitan / hubungan)
Disini dibahas mengenai ketekaitan / hubungan antara seni (art) dan ilmu (science).Jika kita membicrakan kedua hal ini, Masih sering teradi kesalahpahaman persepsi(pandangan) yang menyatakan bahwa ilmu pengetahuan hanya berkaitan dengankebenaran, kenyataan, peristiwa "luar sana", objektivitas, penjelasan, dan bukti, sedangkanseni hanya memikirkan keindahan, simbol, perasaan, subjektivitas, interpretasi, danwawasan (Brown, 1977, hal.26). Dari pendapat ini, jelas bahwa kedua hal tersebut (art danscience) saling bertolak belakang.Nah, dari persepsi itu ternyata ada kekeliruan, dimana ternyata art dan science memilikisuatu keterkaitan atau hal yang sama (memiliki suatu irisan), yaitu diantaranya :
 
1.
 
Creation (Suatu Kreasi)
Maksudnya yaitu art dan science sama-sama menghasilkan suatu hasil karya (kreasi).
2.
 
Search of Truth (pencarian kebenaran)
Maksudnya disini lebih kepada sama-sama mencari suatu kebenaran, hanya saja jeniskebenaran yang dicari berbeda. Jenis kebenaran Ilmu biasanya berkaitan dengankebenaran proposisional, atau kebenaran tentang sesuatu, seni berkaitan dengankebenaran universal (Hospers, 1946)
3.
 
Represent Reality (Mewakili kehidupan)
Sesuatu dikatakan science apabila telah dibuktikan secara
ilmiah
. Hasil dari penelitianitulah yg dikatakan mewakili kehidupan.Art dikatakan mewakili kehidupan karena kita bisa menuangkan sesuatu halberdasarkan hasil pemikiran kita sesuai keadaan atau
realita
pada sebuah karya senimisalnya saja karikatur dll.
4.
 
Illuminating Realityilluminating is giving you new information about a subject or making it easier tounderstand
. (disini illuminating artinya memberikan suatu informasi baru tentangsuatu subject atau membuat sesuatu hal menjadi mudah dimengerti)dari penjelasan sebelumnya, kita bisa mengatakan bahwa act dan science bisadikatakanadalah suatu penemuan. Jadi, act dan science disini dikatakan sbgilluminating Reality karena memberikan kita informasi yang baru.
At the Crossroads
Penelitian kualitatif berada pada ranah pertemuan antara seni dan sains(persimpangan=crossroads). Dalam penelitian kualitatif, paling tidak ada dua pilihan bagipeneliti.
 
Refusing the Art (Menolak seni)
Menolak seni didasarkan pada hal bahwa hasil penelitian itu harus kredibel: valid, reliable,dll, karena menurut pandangan orang2, penelitian yang kredibel itu adalah penelitian yang

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->