Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Anti Bio Tika

Anti Bio Tika

Ratings: (0)|Views: 1 |Likes:
Published by Indra Wijaya
antibiotik
antibiotik

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Indra Wijaya on Apr 29, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/02/2014

pdf

text

original

 
Antibiotik: Ketika Mereka Bisa dan Tidak Membantu Anda
Berkenalan dengan antibiotik
antibiotik adalah bahan kimia yang memiliki efek besar dalam melawan infeksi, termasuk penyakit menularuntuk jangka panjang. Namun, antibiotik dapat membahayakan apabila tidak digunakan dengan cara yangtepat. Anda dapat melindungi diri anda dan keluarga dengan mengetahui kapan anda membutuhkanantibiotik, dan kapan tidak.
Apakah antibiotik berkhasiat melawan semua jenis infeksi?
Tidak. antibiotik hanya bekerja melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri, jamur, dan beberapa jenisparasit. Mereka tidak digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh virus. Virus sendiri,menyebabkan flu, batuk, dan radang tenggorokan.
“resisten antibiotik?”
Resisten antibiotik dan resisten bakteri, adalah dua hal yang menjelaskan kondisi yang sama. Biasanya,antibiotik bekerja untukmembunuh bakteri atau menghentikan pertumbuhan dari bakteri tersebut. Namun,beberapa bakteri menjadi resisten atau menjadi kebal tehadap beberapa jenis antibiotik. Hal ini berarti,antibiotik sudah tidak efektif untuk mematikan bakteri tersebut. Bakteri mudah kebal terhadap suatuantibiotik, ketika obat tersebut digunakan terlalu sering, atau tidak pada tempatnya (misalnya, minum obatantibiotik hanya setengah dari yang diresepkan oleh dokter).Bakteri yang tahan terhadap satu jenis antibiotik, dapat saja di tangani dengan antibiotik yang lain. Obatjenis lain ini mungkin saja diberikan memalu pembuluh darah (vena), di rumah sakit. Beberapa jenis bakteriyang tahan terhadap antibiotik, saat ini, tidak dapat di tangani.
Apa yang dapat anda lakukan untuk menolong diri anda dan keluarga?
Jangan antibiotik untuk menyembuhkan setiap penyakit. Jangan menggunakan antibiotik untuk penyakit yangdisebabkan virus, seperti pilek atau flu. Bahkan, hal terbaik yang harus sering anda lakukan adalahmembiarkan flu dan pilek itu sembuh dengan sendirinya. Kadang-kadang, flu bisa berlangsung sampai duaminggu, bahkan lebih. Jika kesehatan anda semakin memburuk setelah dua minggu, maka disarankan untukmenemui dokter keluarga anda. Dokter juga akan memberikan sara apa yang dapat membantu mengatasikeluhan-keluhan yang muncul selama tubuh anda sedang melawan infeksi virus ini.
Kapan saya harus minum antibiotika?
Jawabannya tergantung dari apa yang menyebabkan infeksi tersebut. Di bawah ini, ada beberapa panduandasar:
Demam dan flu
. Virus menyebabkan dua kondisi tadi. Dan kondisi ini tidak dapatdisembuhkan dengan menggunakan antibiotik.
Batuk atau bronkhitis
. Virsu hampir selalu menyebabkan kondisi ini. Namun, jika andamemliki masalah dengan paru paru atau memiliki penyakit yang sudah cukup lama, makabakteri dapat menjadi penyebab munculnya kondisi tersebut. Dokter anda mungkin sajamemutuskan untuk mencoba memberikan antibiotik untuk menangani masalah tersebut.
Radang tenggorokan.
Kebanyakan kasus radang tenggorokan, disebabkan oleh virus dantidak membutuhkan antibiotik. Namun, untuk strep throat disebabkan oleh bakteri. Dokteranda akan memastikan apakah anda mengalami radang tenggorokan karena bakteri,sehingga perlu untuk diresepkan antibiotik atau tidak.
Infeksi telinga.
Ada beberapa jenis infeksi pada teling. antibiotik digunakan untukbeberapa jenis (tidak semua) infeksi telinga.
Sinusitis.
antibiotik sering digunakan untuk mengobati sinusitis. Bagaimanapun, hidungyang disertai dengan cairan kental berwarna hijau atau kunging, tidak berarti harusmenggunakan antibiotik.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->