Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Kas Dan Bank

Makalah Kas Dan Bank

Ratings: (0)|Views: 1,674 |Likes:
Published by Rinni Widi Astuti
makalah atau ringkasan lebih tepat dari beberapa buku, yang membahas akun kas dan akun bank dari sudur akuntansi komersial dan akuntansi pajak.
makalah atau ringkasan lebih tepat dari beberapa buku, yang membahas akun kas dan akun bank dari sudur akuntansi komersial dan akuntansi pajak.

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Rinni Widi Astuti on Apr 29, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/25/2014

pdf

text

original

 
AKUNTANSI
 
KAS DAN BANK 
PENDAHULUAN
Kas adalah aset keuangan (paling likuid) yang digunakan untuk kegitanoperasional perusahaan. Kas merupakan aset yang paling likuid karena dapatdigunakan untuk membiayai operasional perusahaan dan membayar kewajiban perusahaan. Tidak ada standar akuntansi khusus terkait dengan kas namun secaraumum dibahas dalam standar tentang instrumen keuangan. Biasanya kas perusahaan ada yang dipegang oleh perusahaan
(cash on hand 
) atau yangtersimpan di bank. Biasanya Kas dan Bank dilaporkan dalam satu akun yangmenunjukkan saldo uang kas dan simpanan yang ada di bank.Untuk Kas, sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No. 2, perusahaan juga perlu memperhatikan informasi arus kas yang berguna untuk menilai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan kas dan setara kas sertamemungkinkan para pengguna mengembangkan model untuk menilai danmembandingkan nilai sekarang dari arus kas masa depan dari berbagai perusahaan.Di lain pihak, akun Bank menunjukkan saldo perusahaan di bank yangdapat digunakan untuk kepentingan perusahaan. Dalam Kas dan Bank ini tidak termasuk dana disisihkan untuk kepentingan tujuan tertentu, seperti persediaan perangko dan materai, rekening giro pada bank di luar negeri, cek mundur, ataucek kurang dari pihak ketiga.Penggunaan kas dapat untuk kepentingan jumlah pembayaran yang besar ataupun untuk pembayaran yang kecil – kecil saja, maka dikenali adanya metode pencatatannya, kas juga mudah dipindahtangankan serta terkadang saldo antarakas di perusahaan dan di bank seringkali berbeda. Oleh karenanya, berikutakandijelaskan tentang pencatatan, pengendalian, rekosiliasi dan pengaturan Kasdan Bank menurut undang – undang perpajakan.
Akuntansi Kas dan Bank| 1
 
AKUNTANSI KAS/PENGENDALIAN KAS
Kas merupakan aset likuid yang mudah digunakan, banyak pihak yangmenginginkan sehingga mudah dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.Untuk itu diperlukan rancangan pengendalian internal yang baik agar kas perusahaan terlindungi. Perlindungan terhadap kas dapat berupa fisik maupun perlindungan untuk menjaga kas tidak digunakan untuk kepentingan yang tidak seharusnya.Bentuk – bentuk pengendalian antara lain :1.Terdapat pemisahan tugas antar pihak yang melakukan otorisasi dengan pembayaran, pihak yang melakukan pengelolaan kas dan pencatatan, pihak  pengguna, dan pihak pembayar. Tingkat pemisahan tugas disesuaikan dengankebutuhan entitas. Pada entitas yang besar pemisahan tugas dilakukan dalamunit terpisah, namun dalam entitas kecil pemisahan tugas tidak dapatdilakukan secara ideal. Utamanya, harus ada kroscek dan kontrol dari pihak lain, sehingga penyalahgunaan wewenang dapat dihindari.2.Penerimaan dan pengeluaran kas menggunakan rekening yang berbeda.3.Pengeluaran uang dilakukan melalui bank dan menggunakan cek sehinggaterdapat pengedalian pencatatan oleh pihak lain.4.Pengeluaran uang harus menggunkan cek, kecuali pengeluran – pengeluaranyang jumlahnya kecil, yaitu menggunakan kas kecil.5.Pemeriksaan internal pada jangka waktu yang tidak tertentu.6.Dibuat laporan pengeluaran kas harian sebagai pertanggungjawaban.7.Penerimaan kas dilakukan melalui bank, untuk keamanan dan pengendalian pencatatan.8.Diadakannya pengawasan yang ketat terhadap fungsi penerimaan dan pencatatan kas.
Akuntansi Kas dan Bank| 2
 
9.Dibuat laporan kas setiap hari sebagai pertanggungjawaban.10.Penggunaan lemari besi (brankas) untuk menyimpan kas atau raung tertutupdengan akses terbatas.11.Penggunaan sistem kas kecil untuk memenuhi kebutuhan kas dalam jumlahkecil.12.Rekosiliasi antara pencatatan perusahaan dengan rekening koran bank.
PENGELOLAAN DAN SISTEM PENCATATAN KAS KECIL
Untuk keperluan pengeluaran dalam jumlah kecil, entitas tidak mungkinmelakukannya dengan menggunakan cek karena tidak efisien. Untuk memenuhikebutuhan pengeluaran kas dalam jumlah kecil entitas membentuk dana kas kecil.Jumlah kas kecil disesuaikan kebutuhan entitas. Semakin besar ukuran entitas dankebutuhan pengeluaran jumlah dana kas kecil besar, maka akan dibentuk kas kecildalam jumlah besar. Tetapi untuk entitas dengan ukuran kecil dan tidak banyak  pengeluaran yang dilakukan, nilai kas kecil dibentuk kecil. Pengelola kecil adalahkasir kas kecil yang bertanggung jawab terhadap pembayaran pembayaranmelalui kas kecil. Terdapat dua sistem yaitu :
 Imprest Method 
Sistem imprest kas kecil adalah mekanisme kas kecil dimana danadipertahankan tetap. Pada awal dibentuk dana kas kceil dalam jumlah tertentu.Setiap ada pengeluaran akan dibuat bukti pengeluaran tetapi tidak dijurnal. Jika
Akuntansi Kas dan Bank| 3
Kas kecil adalah uang tunai yang disediakan entitasuntuk membayar pengeluaran – pengeluaran yang jumlah relatif kecil dan tidak ekonomis jika dibayarmenggunakan cek.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->