Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
135Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PROFIL TANAH

PROFIL TANAH

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 18,904 |Likes:
Published by wahyusoil unhas

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: wahyusoil unhas on Apr 01, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/27/2013

pdf

text

original

 
I.PENDAHULUANI.1Latar Belakang
Tanah ditemukan dimana-mana di sekitar kita dan mempunyai arti yangsangat penting bagi kehidupan semua makhluk hidup di muka bumi ini, termasuk manusia. Manusia sangat tergantung pada tanah karena tanpa adanya tanah semuamakhluk hidup di muka bumi tidak akan bisa mempertahankan hidupnya.Profil tanah adalah penampang vertical tanah yang dimulai dari permukan tanah sampai lapisan induk dalam tanah. Tanah yang terbentudipermukaan bumi berkembang dari bahan mineral yang berasal dari batu-batuanmelalui proses pelapukan, baik secara fisis maupun kimia yang dibantu oleh pengaruhdari atmosfer, sehingga di dalam tanah terdapat empat komponen utama yaitu bahanmineral, bahan organik, udara, dan air tanah.Manusia menemukan ciri-ciri tanah pada tempat tertentu yang berbeda-beda jenisnya baik warna, tekstur dan sebagainya. Misalnya saja tanah yangterbentuk dari batuan pasir cenderung memilki kandungan pasir yang tinggi yangmenyebabkan tanahnya kurang subur dibandingkan dengan tanah yang berasal dari pelapukan batuan.Pendekatan dengan berbagai macam praktek baik yang dilakukan dilapangan maupun di laboratorium dengan cara menganalisa merupakan cara yang baik. Dari analisa tersebut masalah yang dibahas tentang sifat-sifat fisik dan kimiatanah dapat diketahui dengan baik pula.
 
Berdasarkan dari uraian di atas maka perlu dilakukan percobaan profiltanah untuk mengetahui sifat fisik, kimia dan biologi tanah itu.
I.2Tujuan dan Kegunaan
Berdasarkan hal tersebut diatas maka dilakukan percobaan profil tanahyang bretujuan untuk mengetahui sifat fisik, kimia dan biologi serta factor-faktor yang mempengaruhinya.Kegunaanya adalah untuk memberikan pengertian atau pemahamantentang profil tanah.
III. KEADAAN UMUM LOKASI
 
3.1. Letak Administratif dan Geografis
Lokasi pengamatan profil tanah terdapat pada dua lokasi. Lokasi yang pertama terletak di dalam wilayah Ex-Farm (kebun percobaan) Jurusan Ilmu TanahFakultas Pertanian dan Kehutanaan Universitas Hasanuddin, Tamalanrea, Makassar dengan batas wilayah sebagai berikut :- Sebelah utara : Kampus Politeknik Negeri Makassar - Sebelah timur: Area Ex-Farm Fakultas Pertanian dan Kehutanan UNHAS- Sebelah selatan: Areal pemukiman warga- Sebelah barat : KebunLokasi pengamatan II yaitu di areal persawahan yang letaknya tidak terlalu jauh dari Ex-Farm, Universitas Hasanuddin, Tamalanrea, Makassar dengan batas- batas wilayah sebagai berikut :- Sebelah utara : Areal pemukiman warga- Sebelah timur: Areal permukiman warga- Sebelah selatan : Areal persawahan- Sebelah barat : Kebun
3. 2. Iklim

Activity (135)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Anang Budi liked this
Abdul Ghofur liked this
Mahera Neorega liked this
Mauvil Sulinci liked this
rinifikp liked this
Nf Fahyra liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->