Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
286Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
TEKSTUR TANAH

TEKSTUR TANAH

Ratings:

5.0

(2)
|Views: 26,286 |Likes:
Published by wahyusoil unhas

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: wahyusoil unhas on Apr 01, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/27/2013

pdf

text

original

 
I.PENDAHULUAN1.1 Latar Belakang
Tanah merupakan suatu sistem mekanik yang kompleks terdiri dari tiga faseyakni bahan-bahan padat, cair dan gas. Fase padat hampir menempati 50 % volumetanah sebagian besar terdiri dari bahan mineral dan sebagian lainnya adalah bahanorganik. Sisa volume selebihnya merupakan ruang pori yang ditempati sebagian olehfase cair dan fase gas yang perbandingannya dapat bervariasi menurut musim dan pengelolaan tanah.Tanah mendukung berbagai bentuk kehidupan, khususnya pertumbuhantanaman sebagai contoh utama. Tanah berfungsi sebagai tempat tumbuhnya tanamanyang menangkap sinar matahari. Dengan fungsi tersebut tanah berperan dalam siklusglobal karbon. Dismaping itu kebanyakan unsur-unsur dalam usaha memeliharakehidupan berada pada siklus yang lebih berat ke tanah dalam hubungan ini tanahmenyediakan lingkungan yang cocok untuk terlaksananya pelapukan bahan-bahanmati dengan cukup cepat melalui aktivitas mikroorganisme terhadap senyawa-senyawa dasar untuk dapat segera menyusul memasuki kembali siklus, terutamamelalui vegetasi.Sifat fisik tanah mempunyai banyak kemungkinan untuk dapat digunakansesuai dengan kemampuan yang dibebankan kepadanya. Kemampuan untuk menjadilebih keras dan menyangga kapasitas drainase, menyimpan air, plastisitas, mudah
 
untuk ditembus akar, aerase dan kemampuan untuk menahan retensi unsur-unsur haratanaman. Semuanya erat hubungannya dengan kondisi fisik tanah. Salah satu sifatfisik tanah yang terpenting adalah tekstur tanah.Tekstur tanah menunjukkan kasar atau halusnya suatu tanah. Teristimewatekstur merupakan perbandingan relatif pasir, debu dan liat atau kelompok partikeldengan ukuran lebih kecil dari kerikil. Tekstur tanah sering berhubungan dengan permeabilitas, daya tahan memegang air, aerase dan kapasitas tukar kation sertakesuburan tanah. Walaupun faktor-faktor lainnya dapat mengubah hubungan tersebut.Dalam klasifikasi tanah (taksonomi tanah) tingkat famili, kasar halusnya tanahditunjukkan dalam sebaran besar butir (particle size distribution) yang merupakan penyederhanaan dari kelas tekstur tanah dengan memperhatikan pula fraksi tanahyang lebih besar / kasar dari pasar.Berdasarkan uraian diatas maka praktikum penetapan tekstur tanah perludiadakan untuk mengetahui jenis tekstur tanah pada lapisan I, II, dan III pada tanahAlfisol dan Inceptisol.
1.2 Tujuan dan Kegunaan
Tujuan percobaan tekstur tanah adalah untuk mengetahui kelas tekstur tanahlapisan I, II dan III pada tanah Alfisol dan Inceptisol serta faktor-faktor yangmempengaruhinya.Kegunaannya adalah untuk menambah pengetahuan tentang tekstur dankaitannya dengan usaha pengelolaan tanah pertanian.
 
III. BAHAN DAN METODE3.1 Waktu dan Tempat
Praktikum tekstur tanah dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 November 2006 pukul 08.00 WITA, di laboratorium Fisika Tanah jurusan Ilmu Tanah, FakultasPertanian dan Kehutanan, Universitas Hasanuddin, Makassar.
3.2 Alat dan Bahan
Alat yang digunakan dalam praktikum ini adalah Hidrometer, timbangan, botol tekstur, mesin pengocok, silinder sedimentasi 1000 mL, saringan 0,05 mm,corong, botol semprot, pengaduk, termometer, cawan petridish dan statif.Bahan-bahan yang digunakan adalah sampel tanah Alfisol dan Inceptisollapisan I, II, III yang telah dikering udarakan, aquadest, larutan calgon 0,05 %, kertaslabel, tissue roll.
3.3 Prosedur Kerja
Prosedur kerja pada praktikum ini adalah :1.Menimbang 20 gr tanah kering udara, butir-butir tanah ini berukuran kurangdari 2mm.2.Memasukkan tanah ke dalam botol tekstur dan ditambahkan 10 mL larutanCalgon 0,05 % dan aquadest secukupnya.3.Mengocok tanah dengan mesin pengocok selama kurang lebih 10 menit.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->