Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
40Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pupuk-pupuk

Pupuk-pupuk

Ratings: (0)|Views: 2,348 |Likes:
Published by wahyusoil unhas

More info:

Published by: wahyusoil unhas on Apr 01, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/10/2014

pdf

text

original

 
I.PENDAHULUANI.1.Latar Belakang
Kesuburan tanah merupakan kemampuan tanah untuk dapat menyediakanunsure hara dalam jumlah berimbang untuk kebutuhan perkembangan dan pertumbuhan serta produksi tanaman. pusat pengelolaan tanah terletak pada pengaturan keseimbangan empat faktor penting yaitu oksigen, air, unsur toksik danunsure hara. Keempat faktor tersebut ditinjau secara terpadu maka tidak satupunfaktor yang bertindak sebagai faktor pembatas.Telaah peranan tanah sebagai faktor tumbuh dimulai dengan mencari jawabmengenai apa yang dibutuhkan tanaman dari tanah kemudian macam bahan yangdibutuhkan, bentuk bahan, mekanisme pengambilan bahan dan tekanan bahan itu.Konsep kesuburan hanya memperhatikan unsur hara sebagai faktor pertumbuhanterpenting dan faktor pengendali anasir hara tersebut yang dianggap sebagai penunjang.Tanah yang mempunyai unsur-unsur yang optimum untuk nutrisi tanamantidak selalu alkalis maupun masam serta bebas dari unsur-unsur beracun bolehdianggap mempunyai kesuburan tanah. Namun demikian keseuaian lahan untuk medium tanaman terganggu tidak saja kesuburan kimianya. Disamping itu jugaterkait pada senyawa, keadaan air dan oksigen serta mekanika unsur tanahnya. Tanahharus cukup lunak dan memungkinkan terjadinya perkecambahan akar yang baik.
 
Pemberian pupuk secara bertahap sesuai dengan fase fisiologisnya, pemberian pupuk pada daerah larikan sehingga terjadi kontak langsung dengan tanah padadaerah perakaran, serta pada saat pembibitan merupakan tindakan manajemen unsur hara sebagai faktor pembatas dalam mendukung kesuburan tanah dalam upayameningkatkan hasil pertanian. Hal ini pula agar unsur hara yang diberikan tetapsasaran serta efisien.Pemupukan bertujuan untuk menambahkan unsur hara kedalam tanah apabilaterjadi kekurangan pada tanah tersebut akibat proses alamiah dan tindakan manusia.Pada berbagai jenis tanah, pemberian pupuk dapat memperbaiki ketersediaan unsur hara dalam tanah untuk kesuburan tanaman yang telah hilang akibat proses penguapan, erosi, pencucian saat hujan serta terangkut saat panen.Kekurangan unsur hara N, P, K, Mg, S, dan Ca dapat mengakibatkan pengaruh buruk terhadap pertumbuhan tanaman. Hal ini dapat terjadi karena hara-hara tersebut diperlukan dalam tanaman untuk menghasilkan nutrisi untu pertumbuhannya. Hal ini dapat terlihat seperti tanaman menjadi kerdil, menguning,layu, dan paling parah menyebabkan kematian tanaman.Berdasarkan uraian di atas maka dilaksanakan praktikum pupuk dan pemupukan tanah untuk mengetahui respon tanaman terhadap pemupukan.
 
I.2.Tujuan dan Kegunaan
Tujuan percobaan ini adalah untuk mengetahui pengaruh pupuk Urea dengancara aplikasi benih pupuk dicampur dengan tanah terhadap pertumbuhan tanaman jagung (
 Zea mays
) pada tanah Alfisol Tamalanrea.Kegunaan percobaan ini adalah sebagai bahan informasi dalam pengolahantanah sebagai media tumbuh tanaman melaui tingkat pemupukan.

Activity (40)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Larissa Felana liked this
Anwar Fuadi liked this
Iwd Aliscandel liked this
WahyuSaputri liked this
Ieke Wulan Ayu liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->