Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
100Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Profil Tanah

Laporan Profil Tanah

Ratings:

3.75

(4)
|Views: 24,582|Likes:
Published by wahyusoil unhas

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: wahyusoil unhas on Apr 01, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/16/2013

pdf

text

original

 
PENDAHULUAN1.1.Latar belakang
Tanah adalah lapisan nisbi tipis pada permukaan kulit. Pembentukan tanahdari bongkahan bumi mulai dari proses-proses pemecahan atau penghancuran dimana bahan induk berkeping-keping secara halus.Fungsi utama tanah adalah sebagai media tumbuh makhluk hidup. Proses pembentukan tanah dimulai dari hasil pelapukan batuan induk (regolit) menjadi bahaninduk tanah, diikuti oleh proses pencampuran bahan organik yaitu sisa-sisa tumbuhanyang dilapuk oleh mikroorganisme dengan bahan mineral dipermukaan tanah, pembentukan struktur tanah, pemindahan bahan-bahan tanah dari bagian ataskebagian bawah dan berbagai proses lain, sehingga apabila kita menggali lubang padatanah maka akan terlihat lapisan-lapisan tanah yang berbeda sifat fisik, kimia, dan biologinya, lapisan-lapisan inilah yang disebut dengan horizon tanah yang terbentuk dari mineral anorganik akar. Susunan horizon tanah tersebut biasa disebut profiltanah.Dengan kata lain, profil tanah merupakan suatu irisan melintang pada tubuhtanah yang menunjukkan susunan horizon tanah, dimulai dari permukaan tanahsampai lapisan bahan induk dibawahnya. Lapisan-lapisan tersebut terbentuk selaindipengaruhi oleh perbedaan bahan induk sebagai bahan pembentuknya, jugaterbentuk karena pengendapan yang berulang-ulang oleh genangan air. Terdapatnya
 
horizon-horizon pada tanah-tanah yang memiliki perkembangan genetismenyugestikan bahwa beberapa proses tertentu, umum terdapat dalam perkembangan profil tanah.Berdasarkan uraian di atas maka dilakukan pengamatan profil tanah dalamlangkah awal penelitian dan pengamatan terhadap tanah.
1.2. Tujuan dan Kegunaan
Tujuan praktikum ini adalah pengamatan langsung di lapangan mengenai profil tanah dan untuk mengetahui sifat fisik serta faktor-faktor yangmempengaruhinya..Kegunaan praktikum adalah sebagai bahan informasi dalam hubungan proses pedogenesis tanah dan merupakan bahan perbandingan antara materi kuliah dan praktikum yang dilakukan di lapangan.
 
TINJAUAN PUSTAKA2.1. Alfisol
Tanah alfisol berkembang di daerah hutan humid, dimana perpindahanlempung menghasilkan horizon B
1
yang mengandung 20% atau lebih lempung darihorizon A, dan tanahnya cukup mengalami pencucian dan pelapukan. Dalam waktuyang terbatas, dengan pelapukan dan pencucian yang terus menerus. Alfisol yangmengalami pencucian dan pelapukan terakhir membentuk Ultisol (Foth.H.D., 1988)Alfisol memiliki horizon argilik dan terjadi di daerah dimana tanah hanyasebentar lembab. Kebutuhan kejenuhan basa 35% atau lebih pada horizon alfisolterbawah, berarti bahwa basa yang dilepaskan dalam tanah karena pelapukan kuranglebih sama dengan cepatnya pencucian (Foth.H.D., 1988)Alfisol merupakan order yang dicirikan oleh adanya horizon argilik danmempunyai kejenuhan basa yang tinggi. Alfisol pada umumnya berkembang dari batukapur, olivine, tufa, dan lahar. Bentuk wilayah beragam dan bergelombang hinggatertoreh, tekstur berkisar antara sedang hingga halus, drainasenya baik. Reaksi tanah berkisar antara agak masam hingga netral, kapasitas tukar kation dan basa-basanya beragam dari rendah hingga tinggi, bahan organic pada umumnya sedang hinggarendah (Munir, 1996)Secara potensial tanah alfisol termasuk tanah yang subur meskipun bahayaerosi perlu mendapat perhatian. Untuk peningkatan produksi masih diperlukan usaha-usaha intensifikasi antara lain pemupukan dan pemeliharaan tanah serta tanaman yangsebaik-baiknya (Hardjowigeno. S,1987)

Activity (100)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Anis Gemini liked this
Putri Hardiani A liked this
twinsist2 liked this
Elhas Stpp liked this
Novea A. N. Jell liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->