Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Perkerasan Jalan

Laporan Perkerasan Jalan

Ratings: (0)|Views: 144 |Likes:
Published by Syukri Jalil
TUGAS KULIAH
TUGAS KULIAH

More info:

Published by: Syukri Jalil on Apr 30, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/07/2013

pdf

text

original

 
Perancangan Perkerasan Jalan 
1
BAB IPENDAHULUAN
1.
 
Latar Belakang
Perkerasan jalan merupakan lapisan perkerasan yang terletak diantara lapisan tanah dasar danroda kendaraan yang berfungsi memberikan pelayanan kepada sarana transportasi dimanadiharapkanselama masa pelayanan tidak terjadi kerusakan yang berarti. Maka dari itu sudahkewajiban kita untukmengetahui mulai dari penyebab kerusakan dan cara pemeliharaan jalan tersebut. Agar tercipta jalanyang aman,nyaman dan memberikan manfaat yang signifikan bagi kesinambungan dan keberlangsunganhidup masyarakat luas dan menjadi salah satu factor menjadikannya peningkatan kehidupan masyarakatdari beberapa aspek
 –
aspek kehidupan.Jika kita kaji secara teori dan realita yang sudah berjalan selama ini, dalam pembangunan jalanada banyak hal yang harus diperhatikan lebih mendetail dan teliti baik itu dari perencanaan jalan itusendiri maupun pelaksanaan tentunya. Kita sebagai pengguna jalan pastinya menginginkan jalan yangkita pakai itu aman, nyaman, bersih dll. Maka dari itu dengan adanya perancangan perkerasan jalandiharapkan dalam pelaksanaan pembangunan jalan dapat memenuhi asas tepat, hemat, aman dannyaman.2.
 
Manfaat Dan Tujuan
 a.
 
Mahasiswa dapat mengetahui parameter perancangan perkerasan jalanb.
 
Mahasiswa dapat mengetahui kelayakan dari ruas jalan yang disurvey melalui survey LHRc.
 
Mahasiswa dituntut agar mampu bekerjasama dalam satu tim untuk merumuskan suatu masalahd.
 
Untuk menambah wawasan di bidang transportasie.
 
Untuk memperoleh nilai mata kuliah perkerasan jalan sebagai syarat pengambilan PKL3.
 
Rumusan Masalah
Dalam penulisan laporan ini kami rumuskan berapa hal yang penting yaitu:a.
 
Mengidentifikasi kerusakan jalanb.
 
Menetukan parameter perancangan perkerasan jalanc.
 
Menghitung tebal perkerasan jaland.
 
Menggambar penampang jalan, typical jalan, cross section dan long section4.
 
Batasan Masalah
 Masalah yang diangkat dalam laporan ini terlalu luas jika diteliti secara meyelurh. Maka dari ituagar masalah tidak melebar kemana-mana Kami hanya mengitung perancangan tebal perkerasan jalanLentur (Fexible Pavement) beserta parmeternya. Hal ini didasarkan pada kerusakan jalan, indekpelayanan jalan, volume lalu lintas Jalan.
 
Perancangan Perkerasan Jalan 
25.
 
Sitematika Penulisan Laporan
 1.
 
Lembar pengesahan2.
 
Lembar Asistensi3.
 
Kata Pengantar4.
 
Daftar Isi5.
 
Bab I. Pendahuluan5.1.
 
Latar Belakang5.2.
 
Manfaat Dan Tujuan5.3.
 
Rumusan Masalah5.4.
 
Batasan Masalah5.5.
 
Sistematika Laporan6.
 
Bab. II Isi6.1.
 
Tinjauan Pustaka6.2.
 
Metodologi6.3.
 
Analisa Perhitungan Perancangan Perkerasan7.
 
Bab. III Penutup7.1.
 
Kesimpulan7.2.
 
Daftar pustaka.8.
 
Lampiran - lampiran
 
Perancangan Perkerasan Jalan 
3
Bab IIISITINJAUAN PUSTAKA
Lapisan perkerasan berfungsi untuk menerima dan menyebarkan beban lalu lintas tanpamenimbulkan kerusakan yang berarti pada konstruksi jalan itu sendiri. Dengan demikan memberikankenyamanan kepada pengemudi selama masa pelayanan jalan tersebut. Untuk itudalamperencanaanperlu dipertimbangkan seluruh faktor-faktor yang dapat mempengaruhi fungsipelayanan perkerasan jalan seperti : fungsi jalan, kinerja perkerasan, umur rencana, lalu lintas yangmerupakan beban dari perkerasan j alan, sifat tanah dasar, kondisi lingkungan, sifat dan jumlah materialtersedia di lokasi yang akan dipergunakan sebagai bahan lapis perkerasan, serta bentuk geometriklapisan perkerasan.
1.
 
FUNGSI JALAN
Sesuai Undang-undang tentang jalan, No. 13 tahun 1980 dan Peraturan Pemerintah No. 26 tahun1985, sistem jaringan jalan di Indonesia dapat dibedakan atas:
 
Sistem Jaringan Jalan Primer, adalah sistem jaringan jalan dengan peranan pelayanan jasa distribusiuntuk pengembangan semua wilayah di tingkat nasional dengan semua simpul jasa distribusi yangkemudian berwujud kota. Ini berarti sistem jaringan jalan primer menghubungkan simpul-simpul jasa distribusi sebagai berikut :
 
Dalam satu satuan wilayah pengembangan menghubungkan secara menerus kota jenjangpertama (ibukota propinsi), kota jenjang kedua (ibukota kabupaten, kotamadya), kota jenjangketiga (kecamatan), dan kota jenjang di bawahny a sampai ke persil.
 
Menghubungkan kota antar jenjang pertama antar satuan wilayah pengembangan.
 
Sistem Jaringan Jalan Sekunder, adalah sistem jaringan jalan dengan peranan pelayanan jasadistribusi untuk masyarakat dalam kota, ini berarti sistem jaringan jalan sekunder disu sunmengikuti ketentu an pengaturan tata ruang kota yang menghubungkan kawas an¬kawasan yangmempunyai fungsi primer, fungsi sekunder kedua, fungsi sekunder ketiga dan seterusnya sampai keperumahan.Berdasarkan fungsinya, jalan dapat dibagi atas :
 
Jalan Arteri, adalah jalan yang melayani angkutan utama dengan ciri-ciri perjalanan jarak jauh,kecepatan rata-rata tinggi, dan jumlah jalan masuk dibatasi secara efisien.
 
Jalan Kolektor, adalah jalan yang melayani angkutan pengumpulan/pembagian dengan ciri-ciriperjalanan jarak sedang, kecepatan rata-rata sedang, dan jumlah jalan masuk dibatasi.
 
Jalan Lokal, adalah jalan ynag melayani angkutan setempat dengan ciri-ciri perjalanan jarak dekat,kecepatan rata-rata rendah, dan jumlah jalan masuk tidak dibatasi.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->