Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
0Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sampah Dan Air

Sampah Dan Air

Ratings: (0)|Views: 9 |Likes:
Published by susilo785

More info:

Published by: susilo785 on Apr 30, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/30/2013

pdf

text

original

 
Sampah
Sampah yang menumpuk di salah satu sudut jalan kota Pekanbaru pada tanggal 26 April 2011Sampah yang menumpuk pada tanggal 3 Maret 2012 di Jalan Tuanku Tambusai, Pekanbaru
Sampah
merupakanmaterialsisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatuproses.  Sampah didefinisikan oleh manusia menurut derajat keterpakaiannya, dalamproses-proses alamsebenarnya tidak ada konsep sampah, yang ada hanya produk-produk yang dihasilkan setelahdan selama proses alam tersebut berlangsung. Akan tetapi karena dalam kehidupan manusiadidefinisikan konseplingkunganmaka sampah dapat dibagi menurut jenis-jenisnya.
Jenis-jenis sampah
berdasarkan sumbernya
 
1.
 
Sampah alam2.
 
Sampah manusia3.
 
Sampah konsumsi
Berdasarkan sifatnya
 
Sampah organik - dapat diurai (
degradable
)Sampah Organik, yaitu sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, dan sebagainya. Sampah ini dapat diolah lebih lanjut menjadi kompos;
 
Sampah anorganik - tidak terurai (
undegradable
)Sampah Anorganik, yaitu sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik wadah pembungkus makanan, kertas, plastik mainan, botol dan gelas minuman, kaleng, kayu, dansebagainya. Sampah ini dapat dijadikan sampah komersil atau sampah yang laku dijual untuk dijadikan produk laiannya. Beberapa sampah anorganik yang dapat dijual adalah plastik wadah pembungkus makanan, botol dan gelas bekas minuman, kaleng, kaca, dan kertas, baik kertaskoran, HVS, maupun karton;
Berdasarkan bentuknya
 
Sampah adalah bahan baik padat atau cairan yang tidak dipergunakan lagi dan dibuang. Menurut bentuknya sampah dapat dibagi sebagai:
Sampah Padat
Sampah padat adalah segala bahan buangan selain kotoran manusia, urine dan sampah cair.Dapat berupa sampah rumah tangga: sampah dapur, sampah kebun, plastik, metal, gelas dan lain-lain. Menurut bahannya sampah ini dikelompokkan menjadi sampah organik dan sampahanorganik. Sampah organik Merupakan sampah yang berasal dari barang yang mengandung bahan-bahan organik, seperti sisa-sisa sayuran, hewan, kertas, potongan-potongan kayu dari peralatan rumah tangga, potongan-potongan ranting, rumput pada waktu pembersihan kebun dansebagainya.
 
Berdasarkan kemampuan diurai oleh alam (biodegradability), maka dapat dibagi lagi menjadi:1.
 
Biodegradable: yaitu sampah yang dapat diuraikan secara sempurna oleh proses biologi baik aerob atau anaerob, seperti: sampah dapur, sisa-sisa hewan, sampah pertanian dan perkebunan.2.
 
 Non-biodegradable: yaitu sampah yang tidak bisa diuraikan oleh proses biologi. Dapatdibagi lagi menjadi:
o
 
Recyclable: sampah yang dapat diolah dan digunakan kembali karena memilikinilai secara ekonomi seperti plastik, kertas, pakaian dan lain-lain.
o
 
 Non-recyclable: sampah yang tidak memiliki nilai ekonomi dan tidak dapat diolahatau diubah kembali seperti tetra packs, carbon paper, thermo coal dan lain-lain.
Sampah Cair
Sampah cair adalah bahan cairan yang telah digunakan dan tidak diperlukan kembali dandibuang ke tempat pembuangan sampah.
 
Limbah hitam: sampah cair yang dihasilkan dari toilet. Sampah ini mengandung patogen yang berbahaya. 
 
Limbah rumah tangga:sampah cair yang dihasilkan dari dapur, kamar mandi dan tempatcucian. Sampah ini mungkin mengandung patogen.Sampah dapat berada pada setiapfase materi:padat, cair, ataugas.Ketika dilepaskan dalam dua fase yang disebutkan terakhir, terutama gas, sampah dapat dikatakan sebagaiemisi.Emisi biasadikaitkan denganpolusi. Dalam kehidupan manusia, sampah dalam jumlah besar datang dari aktivitas industri (dikenal juga dengan sebutanlimbah), misalnyapertambangan,manufaktur,dankonsumsi.Hampir  semua produk industri akan menjadi sampah pada suatu waktu, dengan jumlah sampah yangkira-kira mirip dengan jumlah konsumsi.untuk mencegah sampah cair adalah pabrik pabrik tidak membuang limbah sembarangan misalnya membuang ke selokan.
Sampah alam
 
Sampah yang diproduksi di kehidupan liar diintegrasikan melalui prosesdaur ulangalami,seperti halnyadaun-daunkering dihutanyang terurai menjaditanah.Di luar kehidupan liar, sampah-sampah ini dapat menjadi masalah, misalnya daun-daun kering di lingkungan pemukiman. 
Sampah manusia
Sampah manusia (Inggris:
human waste
) adalah istilah yang biasa digunakan terhadap hasil-hasil pencernaan manusia, sepertifesesdanurin.Sampah manusia dapat menjadi bahaya serius bagi kesehatan karena dapat digunakan sebagaivektor (sarana perkembangan) penyakit yangdisebabkanvirusdanbakteri.Salah satu perkembangan utama pada dialektika manusia adalah  pengurangan penularan penyakit melalui sampah manusia dengan cara hidup yanghigienisdansanitasi.Termasuk didalamnya adalah perkembangan teori penyaluran pipa (
 plumbing 
). Sampahmanusia dapat dikurangi dan dipakai ulang misalnya melalui sistem urinoir tanpa air.
Sampah Konsumsi
Artikel utama untuk bagian ini adalah:Sampah konsumsiSampah konsumsi merupakan sampah yang dihasilkan oleh (manusia) pengguna barang, dengankata lain adalah sampah-sampah yang dibuang ke tempat sampah. Ini adalah sampah yang umumdipikirkan manusia. Meskipun demikian, jumlah sampah kategori ini pun masih jauh lebih kecildibandingkan sampah-sampah yang dihasilkan dari proses pertambangan dan industri.
Limbah radioaktif 
Sampahnuklir merupakan hasil darifusi nuklir danfisi nuklir yang menghasilkanuraniumdan thoriumyang sangat berbahaya bagi lingkungan hidupdan juga manusia. Oleh karena itu sampahnuklir disimpan ditempat-tempat yang tidak berpotensi tinggi untuk melakukan aktivitas tempat-tempat yang dituju biasanya bekastambang garamataudasar laut(walau jarang namun kadang masih dilakukan).

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->