Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MANUSIA CINTA KASIH, KEINDAHAN, PENDERITAAN DAN KEADILAN

MANUSIA CINTA KASIH, KEINDAHAN, PENDERITAAN DAN KEADILAN

Ratings: (0)|Views: 278|Likes:
Published by Maria_Jessica_L
Tugas IBD kedua
Tugas IBD kedua

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Maria_Jessica_L on Apr 30, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/13/2013

pdf

text

original

 
MANUSIA CINTA KASIH, KEINDAHAN, PENDERITAAN DANKEADILAN
I.
 
MANUSIA DAN CINTA KASIHa.
 
Pengertian Cinta Kasih
Menurut kamus umum bahasa Indonesia karya W.J.S. Poerwadarminta cinta adalah rasasangat suka, sayang, ataupun sangat tertarik hatinya. Pengertian cinta menurut Dr. Abdullah Nasih Ulwan, dalam bukunya manajemen cinta; Cinta adalah perasaan jiwa dan gejolak hatiyang mendorong seseorang untuk mencintai kekasihnya dengan penuh gairah, lembut, dankasih sayang.Cinta menurut Dr. Sarlito W. Sarwono memiliki tiga unsur, yaitu :1. Keterikatan (Cinta Setia)2. Keintiman (Cinta Saudara)3. Kemesraan (Cinta Rayuan)Selain itu didalam Cinta Kasih perlu adanya suatu Tanggung Jawab, Pengorbanan, SalingPercaya, Saling Pengertian, Saling Terbuka satu dengan yang lain. Hal-hal ini yang akanmemperkuat ikatan cinta kasih tersebut.
b.
 
Pengertian Kemesraan
Kemesraan ialah hubungan yan akrab baik antara pria dan wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga. Kemesraan pada dasarnya merupakan perwujudankasih sayang yang mendalam. Cinta yang berlanjut menimbulkan pengertian mesra ataukemesraan. Kemesraan adalah perwujudan dari cinta. Kemesraan dapat menimbulkan dayakreativitas manusia. Dengan kemesraan orang dapat menciptakan berbagai bentuk seni sesuaidengan kemampuan dan bakatnya.
c.
 
Pengertian Pemujaan
Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada Tuhan Yang Maha Esayang diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual. Kecintaan manusia kepada Tuhan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Hal ini ialah karena pemujaan kepada Tuhan adalahinti, nilai dan makna kehidupan yang sebenarnya. Dalam kehidupan manusia terdapat berbagaicara pemujaan sesuai dengan agama masing-masing, kepercayaan, kondisi, dan situasi.
d.
 
Pengertian Belas Kasih
Dalam surat Yohanes dijelaskan ada 3 macam cinta :1. Cinta Agape ialah cinta manusia kepada Tuhan.2. Cinta Philia ialah cinta kepada ibu, bapak, saudara dan yang ketiga3. Cinta Amor ialah antara pria dan wanita. Disamping itu ada cinta lagi, yaitu terhadaps
esama yang merupakan perpaduan antara cinta Agape dan Philia. Jadi kata “Rahmah”
 bersimpati kepada nasib keadaan yang diderita orang lain. Dalam esai on love ada pengertian bahwa cinta adalah rasa persatuan tanpa syarat. Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali yang harus kita kasihani.
 
e.
 
Pengertian Cinta Kasih Erotis
Cinta kasih sering kali dicampur baurkan dengan pengalaman yang eksplosif berupa jatuhcinta, dalam cinta kasih terdapat eksklusivitas yang tidak terdapat dalam cinta kasih persaudaraan dan cinta kasih keibuan. Dengan demikian maka bahwa cinta kasih erotismerupakan atraksi individual belaka maupun pandangan bahwa cinta kasih erotis itu tidak laindari pada perbuatan kemauan keduanya, lebih tepat jika dikatakan bahwa tidak terdapat padayang satu, juga tidak pada yang lain.
 f.
 
Keluarga
Didalam Keluarga cara pemberian cinta kasih ini dapat dibedakan:1. Orang tua bersifat aktif, Si Anak bersifat pasif.Dalam hal ini orang tua memberikan kasih sayang terhadap anaknya baik berupa moral,materil dengan sebanyak-banyaknya, dan Si Anak menerima saja.2. Orang tua bersifat pasif, Si Anak bersifat aktif.Dalam hal ini Si Anak memberikan kasih sayang kepada orang tuanya, sedangkan orangtuanya tidak memberikan perhatian apa yang diperbuat Si Anak.3. Orang tua bersifat pasif, Si Anak bersifat pasif.Masing-masing membawa hidupnya, tingkah lakunya sendiri tanpa saling memperhatikan.4. Orang tua bersifat aktif, Si Anak bersifat aktif Dalam hal ini orang tua dan anak saling memberikan kasih sayang dengan sebanyak- banyaknya.
II.
 
MANUSIA DAN KEINDAHANa.
 
Pengertian Keindahan
Keindahan atau keelokan merupakan sifat dan ciri dari orang, hewan, tempat, objek, ataugagasan yang memberikan pengalaman persepsi kesenangan, bermakna, atau kepuasan. DalamKamus Besar Bahasa Indonesia, keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika, sosiologi, psikologi sosial,
dan budaya. Sebuah “kecantikan yang ideal” adalah sebuah entitas yang dikagumi, atau memiliki
fitur yang dikaitkan dengan keindahan dalam suatu budaya tertentu, untuk kesempurnaannya.
Pengalaman “keindahan” sering melibatkan penafsiran beb
erapa entitas yang seimbang dan selarasdengan alam, yang dapat menyebabkan perasaan daya tarik dan ketenteraman emosional.
Menurut
The Liang Gie dalam bukunya “Garis besar estetika”. Menurut asal katanya, dalam bahasa Inggris keindahan itu
diterjemahkan d
engan kata “beutiful” dalam bahasa Perancis “beau”, sedang Italia dan spanyol “bello” berasal dari katalatin “bellum”. Disamping itu terdapat pula perbedaan menurut luasnya pengertian, yakni :
 
1.
 
Keindahan dalam arti terbatas dalam hubungannya dengan penglihatan.
 
Keindahan dalam arti yang terbatas, me~punyai arti yang lebih disempitkan sehinggahanya menyangkut bendabenda yang dapat -diserap dengan penglihatan, yakni berupakeindahan bentuk dan warna. keindahan tersusun dari berbagai keselarasan dan kebalikan darigaris, warna, bentuk, nada, dan kata-kata. Ada pula yang berpendapat bahwa keindahan adalahsuatu kumpulan hubungan-hubungan yang selaras dalam suatu benda dan di antara benda itudengan si pengarnat.
2.
 
Keindahan dalam arti estetik murni
 Keindahan dalam arti estetik murni menyangkut pengalaman estetik seorang dalamhubungannya dengan segala sesuatu yang diserapnya. Dalam rangka teori umum tentang nilaiThe Liang gie menjelaskan bahwa pengertian keindahan dianggap sebagai salah satu jenis nilaisepertihalnya nilai moral, nilai ekonomik, nilai pendidikan dan sebagainya. Nilai yang berhubungan dengan segaa sesuatu yang tercakup dalam pengertian keindahan disebut nilai
 
estetik. Nilai adalah suatu relaitas psikologis yang harus dibedakan secara tegas dari kegunaan,karena terdapat dalam jiwa manusia dan bukan pada bendanya itu sendiri. Nilai itu oleh orangdipercaya terdapat pada sesuatu benda sampai terbukti ketakbenarannya.
3.
 
Keindahan dalam arti luas
Selanjutnya The Liang Gie menjelaskan.bahwa keindahan dalam arti luas mengandung pengertian ide kebaikan. Misalnya Plato menyebut watak yang indah dan hukum yang indah,sedangkan Aristoteles merumuskan keindahan sebagai sesuatu yang baik dan jugamenyenangkan.Jadi pengertian yang seluas-Iuasnya meliputi :
• keindahan seni
 
• keindahan alam
 
• keindahan moral
 
• keindahan intelektual
 
b.
 
Pengertian Renungan
Renungan berasal dari kata renung artinya diam-diam memikirkan sesuatu dengan dalam- dalam. Dalam merenung untuk menciptakan seni ada beberapa teori, yaitu :
 
Teori Pengungkapan.
Dalil teori ini adalah „art is an expression of human feeling‟. Tokoh: Benedeto
Croce, Leo Tolstoi
 
Teori Metafisik.Orang yang menggunakan firasat sebagai dasar merenung. Tokohnya : Plato danArthur Schopenhauer (1788-1860)
 
Teori Psikologis.Penciptaan seni didasarkan pada kejiwaan. Suatu teori lain tentang sumber seniadalah teori permainan (dikembangkan oleh Freedrick Schiller 1757- 1805 dan HerbertSpencer 1820 - 1903) dan teori penandaan.
c.
 
Pengertian Keserasian
Keserasian berasal dari kata serasi dan dari kata rasi, artinya cocok, kena benar, dansesuai benar. Kata cocok, kena dan sesuai itu mengandung unsur perpaduan, pertentangan,ukuran dan seimbang.
 
Teori Objektif dan Teori Subjektif The Liang Gie dalam bukunya garis besar estetika menjelaskan bahwa dalammenciptakan seni ada 2 teori yaitu :1.
 
Teori objektif berpendapat bahwa keindahan atau ciri-ciri yang mencipta nilaiestetik adalah sifat (kualitas) yang memang benar melekat dalam bentuk indah yang bersangkutan, terlepas dari orang yang mengamatinya. Pendukung teori objektif adalah Plato, Hegel dan Bernard Bocanquat.2.
 
Teori subjektif menyatakan bahwa ciri-ciri yang menciptakan keindahan suatu benda itu tidak ada, yang ada hanya perasaan dalam diri seseorang yang mengamatisesuatu benda. Pendukung teori subjektif adalah Henry Home, Earlof Shaffesburydan Edmund Burke.
 
Teori PerimbanganTeori perimbangan tentang keindahan dari bangsa Yunani Kuno dahulu dipahami pula dalam arti yang lebih terbatas yakni secara kualitatif yang diungkapkan denganangka-angka. Teori perimbangan berlaku dari abad ke-5 SM sampai abad ke-17 Masehiselama 22 abad. Teori tersebut runtuh karena desakan dari filsafat empirisme dan aliran-

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->