Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Karya Tulis Program Adiwiyata SMP N 1 PANDAK

Karya Tulis Program Adiwiyata SMP N 1 PANDAK

Ratings: (0)|Views: 608|Likes:
Published by REFAARENII

More info:

Published by: REFAARENII on May 01, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/28/2013

pdf

text

original

 
LOMBA KARYA TULISGOO GREN SCHOLSA
ID SUPRIYADISMP N I PANDAK BANTULJalan Srandakan Km. 01 BantulYogyakarta
 
 
Kegiatan Cinta Lingkungan, AdiwiyataKegiatan cinta lingkungan atau biasa disebut dengan adiwiyata sudahdilaksanakan di SMP N I Pandak sejak tahun 2009. Dibina langsung oleh Bapak Drs.Muh. Darroyan. S.Pd. kegiatan ini telah didukung oleh seluruh warga sekolah, milaidari siswa, guru, TU, hingga kepala sekolah. Kegiatan ini juga didukung olehorganisasi yang ada di sekolah. Seperti kegiatan Pramuka, OSIS, DT atau DewanTonti,dan semua ekstra kulukuler lainnya.Banyak hal yang didapatkan dari kegiatan adiwiyata ini, contohnya yaitikebersamaan, kejujuran, kedisiplinan dan kesadaran untuk mencintai lingkungan itu penting. Manfatnya pun juga banyak, contohnya lingkungan menjadi bersih, sehat,rapi, hijau, sejuk, dan juga nyaman, bersih dari sampah.Tanggal 29 Oktober 2012 kemarin, kegiatan adiwiyata untuk kelas VIIdimulai untuk pertama kalinya. Kegiatan yang pertama yaitu pembentukan kelompok  berdasarkan kelas masing-masing. Contohnya kelas VII A mendapatkan kelompok Putih Satu yang bertugas membersihkan kamar mandi sekolah, kelas VII Bmandapatkan kelompok Kuning dan bertugas membersihkan halaman sekolah, begituseterusnya sampai kelas VII G. kegiatan adiwiyata untuk kelas VII ini dilaksanakansetiap hari Senin pukul 14.30 WIB sampai pukul 17.00 WIB.Setelah kegiatan adiwiyata kelas VII sudah berjalan kurang lebih dua bulan, pembentukan pengurus adiwiyata kelas VII pun dimulai. Pembentukan kepengurusanadiwiyata ini dalaksanakan ecara demokratif atu dengan melakukan pemungutansuara. Calon pengurus adiwiyata ini diambil dari tuju kelas, yaitu kelas VII A, B, C,D, E, F, dan G. dengan perwakilan ssetiap kelas tujuh orang. Mereka melakukan orasisebelum pemungutan suara dilakukan. Mereka menyampaikan Visi dan Misinya.Setelah itu pemungutan suara pun dilaksanakan. Dalam pemungutan suara ini,
 
Pembina adiwiyata mencari empat orang untuk menjadi empat pengurus harianadiwiyata. Dan empat puluh sembilan anggota seksi adiwiyata.Empat pengurus harian adiwiyata ini adalah:1)
 
Ketua Umum2)
 
Wakil Ketua3)
 
Sekertaris Harian4)
 
BendaharaSeksi adiwiyata ini terdiri dari tujuh seksi dan setiap seksinya terdiri dari tujuhanggota. Ketujuh seksi itu adalah:1)
 
Seksi Kebersihan2)
 
Seksi Taman dan Tanaman Perindang3)
 
Seksi Warung Hidup dan Apotik Hidup4)
 
Seksi Penghematan Energi5)
 
Seksi Pengelolaan Sampah6)
 
Seksi Biopori7)
 
Seksi kantinSetelah ketujuh seksi ini dibentuk, setiap seksinya membentuk program yangAkan dilaksanakan kedepannya. Pembentukan program ini dilakukan secara mandirioleh setiap seksinya, tanpa dibantu oleh guru pembimbing.Program dari ketujuh seksi ani adalah:A.
 
Program Seksi Kebersihan:1)
 
Membersihkan kelas setiaphari ( piket kelas )2)
 
Menghidupkan kembali program Sabtu bersih3)
 
Mengadakan kerja bakti setiap satu bulan sekali4)
 
Membersihkan toilet sekolah setaip satu minggu sekali

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->