Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Khutbah Jum'at 06-Arogansi, Provokasi, Anarkisme

Khutbah Jum'at 06-Arogansi, Provokasi, Anarkisme

Ratings: (0)|Views: 21,177 |Likes:
Published by brilliant76
Arogansi, Provokasi dan Anarkisme
Arogansi, Provokasi dan Anarkisme

More info:

Published by: brilliant76 on May 01, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/12/2013

pdf

text

original

 
Khutbah Jum'at
Arogansi, Provokasi, Anarkisme
 Bersama Dakwah
 
Khutbah Jum'at
Arogansi, Provokasi, Anarkisme
AROGANSI, PROVOKASI, ANARKISME
KHUTBAH PERTAMA
 
 & )& & 2& )& .  :; ) &  ? & 2 &.:& C )  &II2&&) ;; ; R& :&&& ) )&2 &V) ) ; X: C& ) ; V ) R&  &  && & ::& & && & )
 Jama'ah Jum;at yang dirahmati Allah SWT,Tidak pernah sedetik pun waktu berlalu, atau lebih singkat daripada itu, kecualinikmat Allah dianugerahkan kepada kita. Nikmat itu bisa berupa nikmat yang adadalam fisik dan jiwa kita; kesehatan, berfungsinya semua organ dengan normal, akalyang masih bisa berfikir, dan lain-lain. Juga nikmat di luar diri kita untuk menunjanghidup kita atau menjadi syarat agar kehidupan tetap berjalan; berputarnya bumi pada porosnya, terbit dan tenggelamnya matahari pada waktunya, dan lain sebagainya.Semakin kita menyadari nikmat-nikmat itu, semakin jelaslah alasan mengapa kita perlu bersyukur kepada-Nya. Syukur kita yang paling besar dikarenakan kita mendapatkan nikmat terbesar berupaiman dan islam. Tanpa itu, tidaklah mungkin kita berada di majlis yang mulia inidalam rangka mendengarkan khutbah dan shalat Jum'at berjamaah. Melalui Rasul- Nya, Allah SWT menganugerahkan cahaya setelah berlalunya kegelapan dankejahiliyahan. Semoga salawat dan salam tetap tercurah padanya, RasulullahMuhammad SAW, penutup para nabi dan sebaik-baik teladan. Jama'ah Jum'at yang dirahmati Allah Azza Wa Jalla,Kehidupan yang damai adalah harapan kita semua. Kehidupan yang penuh bahagia,
 Bersama Dakwah
 
Khutbah Jum'at
Arogansi, Provokasi, Anarkisme
 penuh kebaikan dan sejahtera adalah keinginan kita semua. Bukan hanyakebahagiaan abadi di akhirat nanti, tetapi juga kebahagiaan dan kedamaian di duniaini. Inilah yang kita panjatkan dalam doa-doa kita: 
; &C V2 CR V ;
 
Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka
(QS. Al-Baqarah : 201) Akan tetapi harapan tidak selalu mewujud menjadi fakta. Keinginan tidak selalumenjadi kenyataan.Peristiwa bentrokan antara Satpol PP dan warga Koja, Tanjung Priok, dua hari lalukembali mengajarkan kepada kita, bahwa kedamaian dan ketenangan yang kita cita-citakan bersama, suatu saat bisa terkoyak. Yang terjadi adalah sebaliknya. Maka kitamelihat bentrokan itu memakan korban jiwa; 3 orang meninggal dan puluhan luka-luka. Tentu kita sebagai umat Islam merasa prihatin dan berbela sungkawa. Tetapilebih dari itu, kita pun perlu belajar dan mengambil ibrahnya. Agar peristiwa itu tidak terulang. Agar tragedi itu tidak terjadi kembali.Jama'ah jum'at hafidhakumullah.Minimal ada 3 ibrah yang perlu kita ambil dan kita waspadai agar tidak merugikanumat Islam ini. Rugi secara fisik dan jiwa, secara materi, maupun secara citra danda'awi. Rugi secara fisik adalah terlukanya tubuh sebagian umat Islam dalam peristiwa semacam itu. Rugi secara jiwa jika luka atau sakitnya telah mengakibatkankematian. Rugi secara materi berarti berkurangnya nilai ekonomis suatu barang, benda, atau aset karena rusak, dibakar, dan sebagainya. Rugi secara citra adalahketika muncul stigma negatif terhadap umat Islam dari peristiwa tersebut. Entahdikatakan sebagai arogan, destruktif, atau yang lainnya. Kerugian secara citra ini berefek pada kerugian da'awi, bahwa dakwah Islam bisa terhambat karena citranegatif tersebut. Secara umum Rasulullah SAW melarang hal-hal yang merugikan ini, baik merugikandiri sendiri maupun merugikan orang lain. Beliau bersabda dalam sebuah hadits yangkemudian menjadi kaidah ushul fiqih: 
 Bersama Dakwah

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Muhammad Luthfi liked this
Fuad Zein liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->