Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perbedaan Administrasi Negara Dengan Administrasi Niaga

Perbedaan Administrasi Negara Dengan Administrasi Niaga

Ratings: (0)|Views: 8 |Likes:
Published by Chairul Anam

More info:

Published by: Chairul Anam on May 01, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/31/2013

pdf

text

original

 
1
Perbedaan Administrasi Negara dengan Administrasi Niaga.
Administrasi Negara :Menurut John M. Pfiffner and Robert V. Presthus dalam bukunya yang berjudul ³PublicAdministration´ mengemukakan: Administrsi Negara adalah pelaksanaan kebijaksanaan Negara yang telah digariskan oleh badan-badan politik yang representative (PublicAdminiration involve the implementation of public wich has been outlined by representative political bodies).Menurut Leonard D. White dalam bukunya yang berjudul ³Introduction tot the study of  public Administration´ mengemukakan : Adminitrasi Negara terdiri atas semua/seluruhaktivitas/kegiatan yang bertujuan pemenuhan atau pelaksanaan kebijaksanaan Negara (publicadministration concists of all these operation having for their purpose the fulfillment or enforcement of public policy)Dari uraian dua pendapat tersebut dapat diatrik kesimpulan bahwa Administrasi Negaraadalah proses kerjasama dari seluruh aparatur Negara berdasarkan garis-garis besar yangtelah disepakati bersama untuk tujuan Negara.Administrasi Niaga :Prof. dr. mr. s. prajudi Admosudidjo dalam bukunya yang berjudul ³Administrasi Negaraatau Business Administration´ adalah suatu pengertian yang mencakup dua pengertianmenjadi satu, yaitu :- Administrsi Niaga adalah adminitrasi dari pada suatu organisasi niaga secara keseluruhan, bilamana organisasi niaga tersebut merupakan perusahaan, maka administrasi niaga tersebutdijalankan oleh Direksi dari pada perusahaan.- Administrasi Niaga adalah administrasi yang mengejar tercapainya tujuan-tujuan yang bersifat kewniagaan (business objective), dalam pengertian ini, administrasi niaga tersebutdijalnkan oleh setiap manager dalam suatu organisasi niaga.Dari uraian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Administrsi Niaga adalah proseskerjasama dari kelompok orang untuk mencapai keuntungan / laba yang sebesar-besarnya.Berdasar uraian-uraian tersebut diatas, maka perbedaan Administrasi Negara denganAdministrasi Niaga, terletak pada bidang usaha atau aktivitas bersama untuk mencapai tujuan Negara, sedangkan Administrasi Niaga untuk mencapai keuntungan/laba yang sebesar- besarnya.
 
2
 
Pengantar Ilmu Administrasi
 
Perbedaan Ilmu Administrasi Negara dan Ilmu Administrasi NiagaPerkembangan Administrasi Negara sebagai ilmu.1.
 
Arti dan definisi Administrasi Negara.2.
 
Arti Administrasi Niaga.3.
 
Perbedaan arti laba (untung) dalam pengertian ekonomi dan laba (untung) dalam pengertian Niaga.4.
 
Perbedaan antara Administrasi Negara dan Administrasi Niaga (swasta).
Administrasi Negara dan Administrasi Pembangunan
Administrasi Pembangunan timbul karena adanya tuntutan dan kebutuhan bagi negara-negarayang sedang berkembang, yang berusaha mengatasi masalah-masalah keterbelakangan,kemiskinan, kebodohan, dan sebagainya. Hal ini disebabkan oleh prinsip-prinsip dan teori-teori dari Administrasi Negara yang tradisional, yang dikembangkan di negara-negara Barat,terutama di negara Amerika Serikat dirasakan tidak sesuai lagi negara-negara yang sedang berkembang. Oleh karena itu Administrasi Pembangunan adalah Administrasi Negara yang berorientasi terhadap pembangunan. Di samping itu Administrasi Pembangunan juga masihmendasarkan diri atas prinsip-prinsip dan analisis Administrasi Negara. Beberapa pendapatdan definisi Administrasi Pembangunan telah dikemukakan oleh beberapa ahli sebagai bahan perbandingan dan untuk memperluas wawasan. Selanjutnya dikemukakan perbedaan antaraAdministrasi Negara dan Administrasi Pembangunan untuk lebih memperjelas batas-batasdan ruang lingkupnya.
Pengelompokan Ilmu Administrasi
Pengelompokan Ilmu Administrasi terdiri atas (a) pengelompokan yang bersifat administrasiumum, (b) pengelompokan di bidang pembangunan, (c) pengelompokan yang bersifatsektoral, dan (d) pengelompokan atas dasar Pelayanan administratif (administrative services).Pengelompokan yang terakhir yaitu pelayanan administratif dilakukan oleh satuan kerja yangdisebut dengan Kantor (Perkantoran) atau Manajemen Kantor (Perkantoran). AdministrasiPerkantoran bertugas membantu pelaksanaan tugas pokok/tujuan Organisasi/Badan Usaha.
 
3
 
Administrasi Kantor/Perkantoran biasanya disebut ³Sekretariat´ atau ³Tata Usaha´ yang bertugas melakukan pelayanan administratif, berupa urusan: Kerumahtanggaan,Ketatausahaan, Kepegawaian, Keuangan, dan sebagainya yang bersifat pelayanan intern(internal services).
PERKEMBANGAN ADMINISTRASI SEBAGAI ILMU 
Pengalaman dan Penelitian Hennry Fayol dalam Mengembangkan lmu Administrasi1.
 
Upaya yang dilakukan oleh Henry Fayol dalam usaha menyelamatkan industri pertambangan yang mengalami kemunduran.2.
 
Alasan diperlukan latihan dan teori Administrasi, serta upaya yang dilakukan olehHenry Fayol untuk memenuhi kebutuhan tersebut.3.
 
Alasan diperlukan pengajaran Administrasi yang bersitat umum, menurut HenryFayol.4.
 
Alasan Henry Fayol menganjurkan latihan Administrasi bagi jabatan pimpinan.5.
 
Upaya yang dianjurkan oleh Henry Fayol untuk mengembangkan teori administrasi.Hasil Penelitian Henry Fayol1.
 
Ada 6 kegiatan dari suatu badan usaha, dimana administrasi merupakan bagian darikegiatan itu2.
 
Adanya unsur-unsur administrasi, sebagai pedoman kegiatan dari suatu badan usaha3.
 
Fayol menerapkan 14 prinsip-prinsip umum dari Administrasi4.
 
Teori Administrasi yang lain, misalnya.1.
 
One head for one body2.
 
Many brains to help3.
 
Unity of comnand and unity of direction ,5.
 
Teori komunikasi yang diperkenalkan oleh Fayol yang disebut Jalan Pintas´ (thegangplank)Pengalaman dan Penelitian F.W Taylor dalam Mengembangkan Ilmu AdministrasiManajemen

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->