Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah Bahan pelumas

makalah Bahan pelumas

Ratings: (0)|Views: 539 |Likes:
Published by Zacky Husada Achmad
MENJELASKAN TENTANG BAHAN PELUMAS
MENJELASKAN TENTANG BAHAN PELUMAS

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Zacky Husada Achmad on May 01, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/13/2014

pdf

text

original

 
BAHAN PELUMAS
MAKALAH
Untuk memenuhi tugas matakuliahBahan Teknik yang dibina oleh Ibu SukarnatiOleh:AHMAD ZAKKY HUSADA 110513428040
UNIVERSITAS NEGERI MALANGFAKULTAS TEKNIK JURUSAN TEKNIK MESINOktober 2012
 
1.
 
Pendahuluan
1.
 
Latar belakangDewasa ini, pelumas merupakan bagian yang tak terpisahkan dari mesin. Pelumasdibutuhkan mesin untuk melindungi komponen-komponen mesin dari keausan. Prinsipdasar dari pelumasan itu sendiri adalah mencegah terjadinya
 solid friction
atau gesekanantara dua permukaan logam yang bergerak, sehingga gerakan dari masing-masing logamdapat lancar tanpa banyak enrgi yang terbuang. Selain dari sifat utama pelumas sebagai pelindung mesin dari keausan, pelumas juga dituntut untuk memiliki berbagai sifatlainnya, seperti viskositas yang sesuai,
 pour point 
yang rendah, volatilitas rendah, stabilterhadap panas dan oksidasi, serta indeks viskositas yang tinggi.Dalam makalah ini akan dijelaskan bagaimana bahan pelumas itu sehingga diharapkanseluruh pembaca dapat mrngerti tentang bahan pelumas secara menyeluruh, dan dapat berguna pada kegiatan sehari hari.2.
 
Tujuan1.
 
Mengetahui pengertian bahan pelumas2.
 
Mengetahui fungsi pelumas3.
 
Mengetahui sifat pelumas4.
 
Mengetahui hubungan gesekan dengan pelumasan5.
 
Mengetahui macam pelumas6.
 
Mengetahui bahan aditif 7.
 
Mengetahui jenis pelumas menurut kegunaan8.
 
Mengetahui pengertian gemuk (pelumas padat)9.
 
Mengetahui fungsi gemuk 10.
 
Mengetahui jenis gemuk 11.
 
Mengetahui bahan lumas pendingin
 
2. Pembahasan
1.
 
Bahan pelumasPelumas adalahzat kimia,yang umumnyacairan,yang diberikan di antara dua benda  bergerak untuk mengurangigaya gesek.Zat ini merupakan fraksi hasil destilasi minyak  bumi yang memiliki suhu 105-135 derajat celcius. Pelumas berfungsi sebagai lapisan pelindung yang memisahkan dua permukaan yang berhubungan. Umumnya pelumas terdiridari 90%minyak dasar dan 10% zat tambahan. Salah satu penggunaan pelumas palingutama adalaholi mesinyang dipakai padamesin pembakaran dalam.  2.
 
Fungsi pelumas1.
 
Mengurangi gesekanMengurangi gasekan ini dapat di jelaskan : jika kita akan menggerakkan benda di permukaan yang kasar maka perlu tenaga besar untuk menggerakkannya, berbeda jika benda tsb diletakkan di atas cairan pelumas maka hanya dengan tenaga kecil sajasudah dapat menggerakkan benda tersebut.2.
 
Mengurangi keausanKeausan yang terjadi pada sistem pelumasan disebabkan oleh 3 (tiga) hal, yaituabrasi, korosi, dan kontak antara logam dengan logam. Keausan abrasi biasanyadisebabkan oleh partikel padat yang masuk ke lokasi pelumas itu berada. Bentuk keauasan abrasi adalah torehan (scoring) dan garukan (starching). Keausan yangdiakibatkan karena korosi umumnya disebabkan oleh produk oksidasi pelumas.Pemrosesan yang lebih sempurna dengan menambahkan aditif penghindar oksidasidapat mengurangi terjadinya kerusakan pelumas. Keausan juga disebabkan olehterjadinya kontak antara logam dan logam yang merupakan hasil rusaknya selaput pelumas. Singkatnya, sesuatu yang menyebabkan permukaan logam yang dilumasisaling mendekat sehingga terjadi kontak antara satu permukaan dengan permukaanlainnya menyebabkan timbulnya keausan.3.
 
Menurunkan suhuDalam mengendalikan suhu, sistem temperatur pelumas secara langsungmenyesuaikan dan bereaksi pada suhu komponen yang memanas akibat bekerja satusama lain. Ketika terjadi hubungan antara logam dengan logam, banyak panas yangdiserap, sehingga pelumas berperan sangat penting membantu proses penyerapan panas dengan cara mentransfer permukaan yang mempunyai suhu tinggi danmemindahkannya ke media lain yang suhunya lebih rendah. Tugas ini memerlukansirkulasi pelumas dalam jumlah banyak dan konstan.4.
 
Sebagai isolasiPada beberapa penggunaan khusus, pelumas dituntut untuk bersifat sebagai isolator listrik. Untuk tetap mendapatkan nilai isolasi maksimal, pelumas harus dijaga tetap bersih dan bebas air. Pelumas harus tidak mengandung aditif yang menimbulkan proses elektrolisis jika terkena sejumlah air.5.
 
Memindahkan tenagaSalah satu peningkatan fungsi pelumas modern adalah media hidrolik. Peralatanotomatis pada kendaraan merupakan salah satu contoh meningkatnya kompleksitas persyaratan pelayanan pelumas. Pelumas ini menunjukan penggunaan terbesar fluida

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->