Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Jenis-Jenis Batuan

Jenis-Jenis Batuan

Ratings: (0)|Views: 77 |Likes:
Published by ritong_a

More info:

Published by: ritong_a on May 02, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/16/2013

pdf

text

original

 
JENIS JENIS BATUAN
 Semua batuan pada mulanya berasal dari magma. Magma merupakan batu-batuancair yang terletak di bawah permukaan bumi. Magma keluar di permukaan bumiantara lain melalui puncak gunung berapi, misalnya saat terjadi letusan. Magma yangsudah mencapai permukaan bumi disebut lava. Di atas permukaan bumi lava akanmembeku. Lava yang telah membeku kemudian menjadi batuan beku. Batuan bekuyang berada di muka bumi selama beribu-ribu tahun lamanya dapat hancur teruraiakibat terkena panas, hujan, serta aktifitas tumbuhan dan hewan.Selanjutnya hancuran batuan tersebut tersangkut oleh air, angin atau hewan ke tempatlain untuk diendapkan. Hancuran batuan yang diendapkan dapat kembali membatuyang disebut batuan endapan atau batuan sedimen. Batuan sedimen atau beku tersebutdapat berubah bentuk karena adanya perubahan temperatur dan tekanan. Batuan yang berubah bentuk disebut batuan malihan atau batuan metamorf.Untuk lebih memahami jenis-jenis batuan perhatikan uraian berikut:
1.
 
Batuan Beku
 Batuan beku adalah batuan yang terbentuk dari magma yang membeku.Batuan yangtermasuk jenis batuan beku diantaranya adalah :
a.
 
Basal
 Basal adalah batuan beku yang berwarna gelap, kristalnya halus. Batu Basal terbentuk dari pendinginan lava yang mengandung gelembung gas tetapi gasnya telah menguap.Ciri-ciri utama batu basal terdiri dari atas kristal-kristal yang sangat kecil, berwarnahijau ke abu-abuan dan berlubang-lubang.
 
Penggunaan batu basalBatu basal digunakan untuk berbagai tujuan. Biasanya batu basal dihancurkan untuk digunakan sebagaibahan bangunan. Basal yang telah dihancurkandigunakan untuk dasar jalan, bahan campuran beton, pemberat kereta api, batu filter dalam bidang pembuangan. Basal juga dapat dipotong menjadi lembaran tipis basal dipotong dankadang-kadang dipoles untuk digunakan sebagai ubin lantai, bangunan veneer,monumen dan objek batu lain.
b. Batu Apung
 Batu ApungBatu apung terbentuk dari pendinginan magma yang mengandung gelembung gas.Ciri-ciri utama batu apung adalah warna ke abu-abuan berpori-pori, bergelembung,ringan hingga dapat terapung di air. Batua apung dimanfaatkan sebagai alat penggosok.
c. Batu Kaca atau Obsidian
 Pisau dari batu obsidianBatu obsidian terbentuk dari lava permukaan yang mendingin dengan cepat. Ciri- ciriutama batu ini adalah mengkilap seperti kaca dan tidak ada kristal. Warnanya bervariasi dari hitam pekat, hitam dengan motif kecoklatan atau kemerahan, juga adayang berbintik-bintik putih.
 
 Perhiasan perak dengan hiasan batu obsidianJaman dahulu batu obsidian digunakan untuk membuat pisau, kepala panah,matatombak, dan senjata lainnya.
d. Batu Granit
 Batu granit terbentuk dari pendinginan magma yang terjadi dengan lambat dibawah permukaan bumi. Ciri-ciri utama batu granit yakni warna nya putih sampai abu-abu,kadang-kadang terdiri atas kristal-kristal kasar.Meja dapur dari batu granitGranit telah digunakan selama ribuan tahun. Granit yang dipotong dan dipoles kasar dalam bangunan , jembatan, paving, monument dan lain sebagainya. Dalam ruangan,granit dibentuk lembaran dan dipoles untuk digunakan sebagai ubin, anak tangga bahkan meja.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->