Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Strategi Pemasaran

Strategi Pemasaran

Ratings: (0)|Views: 50 |Likes:
Published by Fhy Zianers
fffffffffffffffffffffffff
fffffffffffffffffffffffff

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: Fhy Zianers on May 02, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/21/2013

pdf

text

original

 
TUGASMANAJEMEN PEMASARAN KELAS CSTRATEGI PEMASARAN (SEGMENTING-TARGETTING-POSITIONING)
Dosen Pengampu : Ika Atsari Dewi, STP, MPDisusun oleh,MUHAMAD ISYROQI 115100300111009JURUSAN TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIANFAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIANUNIVERSITAS BRAWIJAYAMALANG2012
 
Resume Materi Mengidentifikasi Segmen Pasar dan Memilih Pasar Sasaran( Segmenting - Targetting
 –
Positioning )1.
 
Definisi Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran adalah serangkaian tujuan dan sasaran, kebijakan serta aturanyang memberi arah kepada usaha-usaha pemasaran dari waktu ke waktu pada masing-masingtingkatan serta lokasinya. Strategi pemasaran modern secara umum terdiri dari tiga tahap yaitu:segmentasi pasar (
segmenting
), penetapan pasar sasaran (
targeting
), dan penetapan posisi pasar(
 positioning
)(Kotler&Keller, 2009).
 
Alasan mendasar dari identifikasi segmen pasar dan memilih pasar sasaran yaitu:
 
Pasar sangat beragam
 
Pasar sangat luas
 
Pelanggan sangat banyak dengantuntutan yang bermacam-macam
 
Kemampuan perusahaan terbatas
 
Perusahaan menginginkan profit
2.
 
Mengidentifikasi Segmen Pasar dan Memilih Pasar Sasaran (STP)
Suatu perusahan dalam menawarkan produk maupun jasanya tidak dapat melayanisemua kebutuhan konsumennya yang terdiri dari berbagai segmen pasar yang sangat beragam.Masing-masing konsumen memiliki kebutuhan yang berbeda dan sangat bervariasi keinginannya.Suatu perusahaan perlu mengidentifikasikan segmen pasarnya sehingga mereka dapat memenuhikebutuhan konsumennya dengan lebih efektif (Kotler, 2003).Target pemasaran dari suatu perusahan memerlukan pemasarnya untuk mengambiltiga tahap utama, yakni: (Kotler, 2003)1.
 
Mengidentifikasikan dan membagi sekelompok pembeli secara terpisah berdasarkankebutuhan dan pilihan yang beragam (
market segmentation
)2.
 
Memilih satu atau lebih segmen pasar yang akan dimasuki (
market targeting
)3.
 
Menetapkan dan mengkomunikasikan kelebihan perusahaan dari para pesaingnya atasproduk dan jasa yang ditawarkan untuk setiap segmen yang dituju (
market positioning
).
2.1
 
Segmenting
Segmentasi pasar merupakan kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompokpembeli yang berbeda yang mungkin memerlukan produk atau ramuan pemasaran tersendiri (Kasali,2001). Segmentasi pasar menurut Kotler (2002:59) merupakan suatu usaha untuk meningkatkanketepatan pemasaran perusahaan. Dasar segmentasi pasar konsumen adalah segmentasi geografis,demografis, psikografis dan prilaku. Segmentasi dapat menjadi faktor kunci untuk memenangkanpersaingan dengan melihat pasar dari sudut yang unik dengan cara yang berbeda dari pesaing.
 
Segmentasi merupakan suatu aktvitas membagi atau mengelompokkan pasar yangheterogen menjadi pasar yang homogen atau memiliki perilaku pembelian maupun gaya. Segmentasimemiliki peran penting karena beberapa alasan; pertama, segmentasi memungkinkan perusahaanuntuk lebih fokus dalam mengalokasikan sumber daya. Kedua, segmentasi merupakan dasar untukmenentukan komponen-komponen strategi. Segmentasi yang disertai dengan pemilihan targetmarket akan memberikan acuan dalam penentuan positioning. Ketiga, segmentasi merupakan faktorkunci untuk mengalahkan pesaing, dengan memandang pasar dari sudut yang unik dancara yangberbeda dari yang dilakukan pesaing (Kotler et all 2003).
2.1.1
 
Tingkat Segmentasi (Shimp, 2003)
 
Pemasaran segmen; Segmen pasar terdiri dari kelompok besar yang dapatdiidentifikasikan dalam sebuah pasar dengan keinginan, daya beli, lokasi geografis,perilaku pembelian, dan kebiasaan pembelian yang serupa. Segmentasi merupakanpendekatan yang berada di titik tengah antara pemasaran masal dan pemasaranindividual.
 
Pemasaran relung (Niche); merupakan kelompok yang didefinisikan secara lebihsempit. Pemasar biasanya mengidentifikasi relung dengan membagi-bagi sebuahsegmen menjadi sub-segmen.
 
Pemasaran lokal; pemasaran sasaran menghasilkan program pemasaran yangdisesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan kelompok pelanggan lokal.
 
Pemasaran individual; segmentasi yang mengarah pada “segmen tunggal,”“pemasaran sesuai pesanan (customized marketing).”
 
2.1.2
 
Pola Segmentasi (Shimp, 2003)
 
Prefensi homogen; menunjukkan suatu psara dimana semua konsumen secara kasarmemiliki preferensi yang sama. Pasar tidak menunjukkan segmen alami.
 
Preferensi tersebar; Preferensi konsumen sangat beragam. Merek pertama yangmemasuki pasar cenderung mengambil posisi di tengah untuk menarik perhatiansebagian besar orang. Pesaing kedua dapat berlokasi di sebelah merek pertama danbertempur untuk mendapatkan pangsa pasar. Atau, ia dapat berlokasi di sudut untukmenarik perhatian kelompok pelanggan yang tidak puas terhadap merek yangberada di tengah. Jika beberapa merek tersedia dalam pasar, mereka cenderungakan mengambil posisi di seluruh bidang dan menunjukkan perbedaan-perbedaanyang nyata supaya selaras dengan perbedaan preferensi konsumen.
 
Preferensi terkelompok; pasar mungkin menunjukkan kelompok preferensi yangkhas, yang dinamakan segmen pasar alami. Misalnya di pasar terdapat tigakelompok. Maka perusahaan pertama di pasar itu memiliki tiga pilihan. Ia dapatmengambil posisi di tengah, berharap dapat menarik semua kelompok. Ia dapat

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->