Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
laporan PLTP DARAJAT

laporan PLTP DARAJAT

Ratings: (0)|Views: 536|Likes:
Published by Dimas Satria
Laporan KKL PSD 3 Teknik Mesin UNDIP kerjasama PT. PLN 2012
Laporan KKL PSD 3 Teknik Mesin UNDIP kerjasama PT. PLN 2012

More info:

categoriesTypes, Resumes & CVs
Published by: Dimas Satria on May 02, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

08/14/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN
1.1
 
Latar Belakang
Perkembangan Industri yang bergerak maju dengan pesat, akan menuntut penyediaan energi yang cukup besar pula, terlebih lagi pada negara-negara berkembang. Pembangkit tenaga listrik merupakan salah satu penyedia yangmemiliki kontribusi yang sangat penting di antara penunjang-penunjang energilain.Berbagai macam sumber energi yang dapat digunakan pada suatu pusat pembangkit listrik dapat di kategorikan sebagai berikut :1.
 
Sumber energi dari alam seperti air, panas bumi, angin, matahari.2.
 
Sumber energi dalam bentuk bahan bakar seperti minyak bumi, batu bara, dangas alam. Sumber energi tersebut bisa di gunakan dalam PLTA, PLTU, PLTG.Salah satu pusat pembangkit tenaga yang menghasilkan energi listrik adalahPLTP (Pembangkit Listrik Tenaga Panas). Perubahan energi yang terjadi di awalidengan perubahan energi yang terkandung dalam uap panas di dalam bumi yangtersalurkan keluar dari celah di kerak bumi. Kemudian panas tersebut di gunakanuntuk menggerakkan turbin yang di teruskan untuk menggerakkan generator.Generator mengubah dari energi mekanis ke energi listrik.Dengan adanya Kunjungan Kerja Lapangan (KKL) mahasiswa ProgramStudi Diploma III Teknik Mesin Fakultas Teknik Non Reguler KerjasamaPT.PLN (Persero) ke lokasi-lokasi pembangkit listrik diatas yang telah kamiadakan diharapkan dapat menumbuhkan pengetahuan kami di bidang pembangkitan tenaga listrik di Indonesia. Dalam hal ini, mahasiswa jugadiharuskan untuk melakukan evaluasi selama kami melakukan kunjungan berupalaporan sebagai informasi, pengetahuan, pengalaman serta paling tidak kami akanmengerti apa yang akan kami hadapi setelah kami lulus nanti.
 
2
1.2
 
Pembatasan Masalah
 Laporan Kunjungan Kerja Lapangan ini disusun secara khusus untuk membahas mengenai PLTP Darajat UBP Kamojang, yang mencakup komponenkomponen utama, proses produksi serta dampak dan pemakaian energi listrik dari pembangkitan ini.
1.3
 
Maksud dan Tujuan Kegiatan
Maksud dan tujuan pelaksanaan Kunjungan Kerja Lapangan ini adalahuntuk memenuhi kebutuhan sks dalam menempuh jenjang pendidikan ProgramStudi Diploma III Teknik Mesin Fakultas Teknik Non Reguler KerjasamaPT.PLN (Persero). Secara garis besar tujuan dari Kunjungan Kerja Lapangan iniadalah supaya penulis mengetahui aplikasi teori dengan keadaan di lingkungankerja PT. PLN (Persero), khususnya di PT. Indonesia Power UBP Kamojang.Adapun secara lebih detail Kuliah Kerja Lapangan ini bertujuan :1.
 
Bagi mahasiswaa.
 
Menambah wawasan pengetahuan mengenai proses produksi tenagalistrik di PLTA, PLTU, PLTGU, PLTP maupun PLTD serta pada proses penyebarannya melalui Gardu Induk PLN. b.
 
Untuk memperoleh kesempatan dalam menganalisa permasalahanyang ada di lapangan berdasarkan teori yang di peroleh selama proses belajar.c.
 
Untuk memperoleh wawasan tentang dunia kerja.2.
 
Bagi institusi pendidikana.
 
Menjalin kerjasama antara pihak universitas dengan dunia industri. b.
 
Mendapatkan bahan masukan pengembangan teknis pengajaran antaralink and match dunia pendidikan dan dunia kerja.c.
 
Untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas tinggi.3.
 
Bagi perusahaan :a.
 
Membina hubungan baik dengan pihak instituisi pendidikan dansiswanya.
 
3
 b.
 
Untuk merealisasikan partisipasi dunia usaha terhadap pengembangandunia pendidikan.
1.4
 
Manfaat Kegiatan
Diharapkan setelah melakukan kunjungan kerja lapangan ini, mahasiswadiharapkan dapat :1.
 
Mempelajari cara kerja dan pengoperasian pembangkit listrik dari bahandasar primer (seperti air, gas, gas uap, panas bumi serta solar).2.
 
Mengetahui setiap pengaturan pengaturan yang berkaitan dengan setiapkegiatan pembangkitan listrik.3.
 
Mengetahui cara cara perawatan (maintenance) pada setiap komponenkomponen pembangkit listrik yang bersangkutan.4.
 
Mengetahui berbagai aplikasi peralatan di berbagai pusat pembangkitanlistrik.5.
 
Mendapatkan gambaran dunia kerja.
1.5
 
Waktu dan Tempat Kegiatan
Kegiatan Kunjungan Kerja Lapangan (KKL) kami adakan mulai tanggal 3sampai 7 September 2012 dengan rincian sebagai berikut :
 
Kunjungan pertama tanggal 3 September 2012 pukul 08.00 WIB di GarduInduk Ungaran, Jawa Tengah.
 
Kunjungan kedua tanggal 3 September 2012 pukul 14.00 WIB di PT.IndonesiaPower Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Mrica Sub Unit PLTA Garung,Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.
 
Kunjungan ketiga pada tanggal 4 September 2012 pukul 09.30 WIB diPT.Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Kamojang Sub UnitPLTP Darajat, Kabupaten Garut, Jawa Barat.
 
Kunjungan keempat pada tanggal 5 September 2012 pukul 08.00 diPT.Pembangkitan Jawa Bali (PJB) Unit Pembangkitan Muara Karang (PLTUdan PLTGU), Jakarta.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->