Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
b.ing

b.ing

Ratings: (0)|Views: 56 |Likes:

More info:

Published by: Maria Juwita Season II on May 03, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/10/2013

pdf

text

original

 
Stetoskop
 Stetoskop adalah salah satu alat yang sudah menjadi simbol dari profesi kedokteran. Wajib bagi seorang dokter untuk memiliki alat kedokteran ini. Fungsi dari stetoskop ini adalahuntuk mendengarkan detak jantung, suara usus, dan lain sebagainya. Dengan kemampuannyaini, Stetoskop dapat digunakan pula untuk mengetahui kerja paru-paru dan juga untuk mengukur tekanan darah dengan mendengarkan denyut nadi.
Endoscopy
 Endoscopy adalah salah satu alat kedokteran yang memiliki fungsi untuk mengetahuikelainan yang terjadi pada alat-alat pencernaan bagian atas dan juga tenggorokan.
Colonoscopy
 Colonoscopy adalah alat kedokteran yang fungsinya untuk mengetahui kondisi saluran pencernaan bagian bawah. Bagian tersebut dimulai dari rectum, anus sampai dengan usus pada bagian bawah.
Tensimeter
 Alat kedokteran ini dipergunakan untuk mengukur tensi atau tekanan darah. Dipergunakanuntuk pemeriksaan pasien hipertensi, anemia, dan lain sebagainya. Ada dua jenis tensimeter yaitu tensimeter air raksa dan tensimeter digital.Tensimeter air raksa di luar negeri saat ini sudah dilarang untuk digunakan lagi karena bahaya dari air raksanya jika tensimeter tersebut pecah. Tensimeter digital sendiri lebihcanggih dan praktis dipergunakan, namun harganya memang lebih mahal dibandingkandengan yang konvensional.
Termometer
 Termometer adalah alat kedokteran yang dipergunakan untuk mengukur suhu tubuh. Ada dua jenis termometer  yaitu termometer raksa dan digital. Perbedaannya terletak pada alat pengukurnya.Untuk termometer digital, jika suhu tubuh sudah di dapat maka alat tersebut akanmengeluarkan bunyi dengan sendirinya sedangkan termometer raksa sendiri deteksinyamemakan waktu yang lama, sehingga kurang efisien untuk dipergunakan. Ini salah satu alatyang wajib dimiliki dan tersimpan di kotak P3K Anda.
CT-Scan
 CT- singkatan dari Computed Temography sedangkan Scan adalah foto. Sehingga fungsi darialat ini tiada lain adalah untuk menghasilkan foto bagian-bagian dalam dari tubuh denganlebih lengkap dan akurat. Hal ini dikarenakan foto yang dihasilkan dari CT-Scan inimerupakan foto (gambar) bagian dalam tubuh berupa irisan.
X-Ray
 
 
Orang lebih mengenal alat kedokteran ini dengan sebutan Rontgen. Alat ini dipergunakanuntuk mengetahui bagian dalam khususnya paru-paru. X-ray menjalankan fungsi kerjanyadengan penggunaan sinar radiasi.
Laparoscopy
 Alat kedokteran ini adalah alat yang berfungsi untuk pembersihan darah. Selain itu,laparoscopy juga dipergunakan untuk melakukan inseminasi.
Alat Cek Darah
 Alat cek darah biasanya memiliki tiga fungsi dalam satu alat. Selain untuk mengecek kadar gula darah, juga dapat digunakan untuk mengecek asam urat dan kolesterol dalam darah.Dipergunakan pada pemeriksaan penyakit kolesterol, asam urat, diabetes, dan lainsebagainya.
Ultrasonography (USG)
 USG sering dipergunakan untuk melihat perkembangan janin dalam tubuh ibu hamil, untuk mengecek adanya penyakit lain dalam tubuh seperti kanker, miom, dan lain sebagainya.
Elektrokardiografi (ECG)
 Elektrokardiografi adalah alat kedokteran yang fungsinya untuk merekam aktivitas elektroatau kelistrikan yang terjadi di dalam jantung. Hasilnya dapat terlihat pada elektrodiagram.Biasanya dipergunakan pada penyakit-penyakit yang berkaitan dengan fungsi dari jantung.
Selasa, 31 Agustus 2010
Mengenal alat alat kesehatan dan alat kedokteran di Rumah Sakit
1.
 
Alat PEMBALUT1.
 
ALAT-ALAT PEMBALUTFungsinya untuk membalut menutupi sesuatu, biasanya luka.Yang digolongkan dalam pembalut:a.
 
Plester  b.
 
Gaasc.
 
Perban (Pembalut)a.
 
PLESTER Terbagi atas 4 golongan:-
 
Autoclave tape-
 
Adhesive tape-
 
Medicinal tape-
 
Surgical tapeMenurut bahan pembuatnya, plester terbagi atas 7 macam:-
 
ZnO- berpori (contoh: LEUKOPLAST)
 
-
 
Elastic (contohnya: Handyplast- BAND AID- Elastikon)-
 
Sutera (contoh: Micropore
 – 
DERMICEL)-
 
Kertas (contoh: LEUKOPOR- Dermilite)-
 
Plastik (contoh: LEUKOFIX
 – 
Transpore)-
 
Plastik waterproof (cntoh: Setonplas- BLENDERM)
 
AUTOCLAVE TAPEPabrik 3 M memproduksi plester ini untuk mengontrol keadaan mesin sterilisasi, untuk membedakan kemasan atau alat mana yang telah mengalami proses sterilisasi mana yang belum (sebagai indikator).Pada suhu 121
0
C plester ini berubah warna:5 menit pertama : 50% warna yang berubah15 menit : 90% warna yang berubah20 menit : 100% warna yang berubah (putih menjadi coklat).
 
ADHESIVE TAPESebenarnya semua itu adhesive, artinya dapat melekat, dapat menempel pada tubuh kita.Masyarakat awam mengenal apa yang disebut plester yaitu plester rol-rolan yang diguntinguntuk dipakai sebagai penutup luka atau menempelkan gaas pada tubuh kita. Dikenal sebagai plester yang berpori, berwarna merah kecoklatan, dan agak tebal yaitu Plester ZnO sejenis:LEUCOPLAST, TENSOPLAST, Band-aid, Handyplast
 
MEDICAL TAPEYang dimaksud dengan medical ape adalah plester obat, yaitu plester yang mengandung obatseperti: Salonpas, Tokuhon, Capsicum Plaster (koyok cap cabe).
 
SURGICAL TAPESurgical tape adalah plester yang digunakan dalam pembedahan , yang tidak meninggalkanresidu dan tidak menimbulkan rasa sakit apabila dilepaskan setelah menempel dan tidak menyebabkan gatal- gatal serta alergi, seperti: MICROPORE, Durapore, Transpore,Blenderm. b.
 
GAAS (dibaca “has” (= KASA)
 Bentuk kin seperti kawat ram, yaitu berlobang- lobang kecil dengan ukuran beragam. Yangtermasuk dalam golongan GAAS ini adalah:1.
 
GAAS STERIL (= KASA hidrofil steril)2.
 
Dressing (= penutup luka, = wound dressing)3.
 
GAAS yang berisi bahan obat
 
GAAS STERILGaas steril atau kasa hidrofil steril yang paling banyak digunakan adalah ukuran 18 X 22 cm. biasanya dijual dalam kemasan dus berisi 16 lembar. Kegunaannya adalah untuk menutupiluka- luka untuk mencegah kontaminasi. Cara pakainya dengan menggunakan plester,dilekatkan pada tubuh.
 
DRESSING

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->