Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
SOAL PIM

SOAL PIM

Ratings: (0)|Views: 222 |Likes:
Published by Johar W. Marpaung

More info:

Published by: Johar W. Marpaung on May 04, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/04/2013

pdf

text

original

 
SOAL2 DIKLAT PIM1.Jelaskan apa yang dimaksud dengan Pengembangan Potensi Diri
Pengembangan potensi diri adalah suatu proses yang bertahap dan sistematis, yangdimulai dengan mengenal potensi diri sendiri, mengenal konsep diri, mengidentifikasihambatan-hambatan dalam pengembangan potensi diri, merancang pengembangan potensidiri.
2.Ada tiga aspek dalam penilaian diri
Penilaian diri (
self assessment 
) adalah suatu teknik penilaian, di mana subjek yang ingindinilai diminta untuk menilai dirinya sendiri berkaitan dengan, status, proses dan tingkatpencapaian kompetensi yang dipelajarinya dalam mata pelajaran tertentu.
Tiga aspek dalam penilaian diri adalah sebagai berikut :1)Aspek kogniti
Ranah yang mencakup kegiatan mental (otak). Ranah kognitif berhubungan dengankemampuan berfikir, termasuk didalamnya kemampuan menghafal, memahami,mengaplikasi, menganalisis, mensintesis, dan kemampuan mengevaluasi.
2)Aspek Efektif 
Ranah afektif mencakup watak perilaku seperti perasaan, minat, sikap, emosi, dan nilai.
3)Aspek Psikomotorik
Ranah yang berhubungan dengan aktivitas fisik, misalnya lari, melompat, melukis,menari, memukul, dan sebagainya.
3.Jelaskan bagaimana menilai potensi diri dalam staf keuangan
Penilaian potensi diri dalam staf kekuangan sebaiknya ditijau dari segi penilaian potensi diristaf antara lain: Kemampuan, keterampilan, kejujuran, ketekunan, ketelitian, kesabaran, dankesungguhan.
4.Jelaskan manfaat potensi diri.
Manfaat potensi diri adalah usaha-uasaha untuk memperluas dan memperdalam kesadaranmengenai berbagai aspek kecenderungan dan kekhususan diri sendiri yang sudahteraktualisasi maupun masih merupakan potensi.
5.Pengembangan potensi diri.
Potensi adl daya/kekuatan baik yg sdh teraktualisasi tetapi belum optimal maupun belumteraktualisasi. Daya dpt bersifat positif yaitu berupa kekuatan dan yg negatif berupakelemahan. Dlm pengembangan potensi diri yg dpt dikembangkan adl yg positif, sedangkanyg negatif justru hrs dicegah dan dihambat agar tdk berkembang.Pengembangan potensi diri adl suatu usaha atau proses yg terus menerus menuju personalmastery sehingga dpt membentuk pribadi yg mantap dan sukses. Pribadi yg mantap dlmartian menuju kpd kedewasaan mental, sedangkan pribadi yg sukses dlm artian pribadi ygmampu tampil sbg pemenang dg mengalahkan semua unsur negatif dlm diri kita. Jenis-jenispotensi antara lain potensi fisik, potensi mental intelektual, potensi sosial emosional danpotensi spiritual.Manfaat pengembangan potensi diri adl mengembangkan nature dan nurture secara tepat,dg harapan dpt mengembangkan potensi2 yg positif serta meminimalisasi potensi2 ygnegatif. Tujuan akhirnya adl mampu berperan sesuai dg perannya masing2, baik sbg1
 
mahkluk individu, mahkluk sosial maupun mahkluk Tuhan, disamping itu pengembanganpotensi diri akan membentuk pribadi2 yg sukses.
6.Jelaskan manfaat kegiatan kepemimpinan di alam terbuka dalam pengembanganpotensi diri
Jawab.a.Dapat mengenali diri sendiri maupun orang lain dan lingkungan, membawakanseseorang untuk tetap dapat menjaga dan mengendalikan perilaku dirinya dalamberinteraksib.Banyak menimba ilmu dari keberadaan alam karena banyak unsur kepemimpinan yangdidapatc.Melangkah untuk lebih terbuka, partisipatif, dan peran kepemimpinan dalam mengambilkeputusand.Pengalaman diperoleh dengan melakukan kegiatan (assigment) di alam terbuka maupundalam ruangan, yang berorientasi kepada proses.
7.Penerapan Teori Kepemimpinan dalam organisasi
a.Pendekatan Teori sifat (Traits Theory) Pendekatan ini lebih menekankan pada atrubut-atribut/ciri-ciri pribadi yang dimiliki seorang pemimpinb.Pendekatan Perilaku (Behviour Theory) Pendekatan ini lebih menitik beratkan padakeberhasilan seorang pemimpin dipengaruhi oleh perilaku seorang pemimpin.c.Pendekatan Situasionald.Kepemimpinan visione
8.Teori sifat dalam kepemimpinan
Jawab : Teori sifat dalam kepemimpinan adalah lebih menekankan pada atrubut-atribut/ciri-ciri pribadi yang dimiliki seorang pemimpin. Teori ini bertolak dari dasar pemikiran bahwakeberhasilan seorang pemimpin ditentukan oleh sifat-sifat atau watak, kualitas pribadi yangdimiliki oleh seorang pemimpin. Kualitas tersebut menyangkut asfek fisik dan psikis sepertikualitas pribadi tersebut diantaranya kondisi seorang dengan variabel sifat kepribadianseperti inisiatif, ketekunan, semangat, tanggung jawab, kewibawaan. Sedangkan asfek fisikdiantaranya adalah tinggi badan, penampilan, tingkat energi dan lain sebagainya.
9.Teori kepemimpinan yang berprinsip adalah :Kepemimpinan merupakan
inti dari manajemen. Ini berarti bahwa manajemen akanberhasil dengan baik apabila seorang pemimpin mampu melaksanakan tugas danperanannya secara baik. Di samping itu juga menerapkan kepemimpinan berprinsip.
Kepemimpinan berprinsip adalah
 suatu gagasan alternatif yang ditawarkan kepada parapemimpin untuk mengatasi problem- problem manajerial.Dalam hal ini lebih menitikberatkanpada perbaikan perilaku manusia yang berada di belakang kemudi organisasi sebagaitumpuan harapan perbaikan kinerja organisasi.
Kepemimpinan berprinsip
mempunyai ciri-ciri yang berorientasi kepada pembangunandan kebersamaan. Orientasi pembangunan diterapkan ke dalam pembangunan diri dankelompok yang diwujudkan dalam bentuk selalu belajar, memperbaiki karakter danmengarahkan visi ke depan. Sementara orientasi kebersamaan diwujudkan dalam sikaptoleransi, sinergi dan pelibatan staf dan karyawan maupun mitra kerja di dalam pemecahanmasalah-masalah yang ada. Orientasi pembangunan merupakan hal yang amat positif sebagai landasan perjuangan suatu organisasi.
10.Penerapan teori kepemimpinan dalam organisasi
2
 
Dalam rangka memimpin suatu organisasi, seorang pemimpin harus menerapkan gayakepemimpinan yang sesuai dengan situasi dan kondisi, gaya kepemimpinan disinidimaksudkan tidak lepas dari pendekatan teori kepemimpinan, pendekatan tersebut antaralainTraits Teory(Teori Sifat)
yang lebih menekankan pada atribut-atribut atau ciri-ciri pribadiyang dimiliki seorang pemimpinPendekatan Prilaku (Behaviour Theory)
Keberhasilan seorang pemimpin sangatdipengaruhi oleh prilaku seorang pemimpin, karena pada dasrnya kepemimpinan adalahproses mempengaruhi kegiatan-kegiatan seseorang atau kelompok dalam usaha untukmencapai tujuan, Menurut teori ini ada tiga pola dasar yang dipakai untuk menentukanprilaku kepemimpinan. 1) Prilaku yang berorientasi kpd tugas (Task Oriented/TO) yangditandai dengan kode TO+,RO-,E-, 2) Prilaku yang berorientasi kpd hubungankerjasama/Hubungan kemanusiaan (Relationship Oriented/RO) yang ditandai dengan kodeTO-,RO+,E-, 3) Prilaku yang berorientasi kpd hasil (Efektivenes Oriented/E) yang ditandaidengan kode TO-,RO-,E+, Prilaku yang berorientasi kpd tugas (Task Oriented/TO) yangditandai dengan kode TO+,RO-,E-,Pendekatan Situasional, Pendekatan ini beranggapan bahwa keberhasilan seorangpemimpin tidak hanya dipengaruhi oleh faktor yang berasal dari dirinya, namun jugavariabel-variabel lain diantaranya visi-misi organisasi, sifat pekerjaan, lingkungan organisasi,serta karakteristik individu yang terlibat dalam organisasiKepemimpinan Visioner, Setiap pemimpin harus menampilkan pribadi yang memancarkansuatu visi atau pandangan ke depan tentang gambaran wujud masa depan dengan kuat,tugas pemimpin adalah menciptakan visi yang jelas demi peningkatan kehidupan masadepan organisasi dan manusia dalam organisasi
11.Sebutkan 8 ciri-ciri kepemimpinan yang efektif menurut stefen covery1)Terus belajar (Selalu belajar)
Pemimpin yang berprinsip menganggap hidupnya sebagai proses belajar yang tiadahenti untuk mengembangkan lingkaran pengetahuan mereka. Di saat yang sama,mereka juga menyadari betapa lingkaran ketidaktahuan mereka juga membesar.Mereka terus belajar dari pengalaman. Mereka tidak segan mengikuti pelatihan,mendengarkan orang lain, bertanya, ingin tahu, meningkatkan ketrampilan dan minatbaru.
2)Berorientasi pada pelayanan
Pemimpin yang berprinsip melihat kehidupan ini sebagai misi, bukan karir. Ukurankeberhasilan mereka adalah bagaimana mereka bisa menolong dan melayani oranglain. Inti kepemimpinan yang berprinsip adalah kesediaan untuk memikul beban oranglain. Pemimpin yang tak mau memikul beban orang lain akan menemui kegagalan. Takcukup hanya memiliki kemampuan intelektual, pemimpin harus mau menerima tanggung jawab moral, pelayanan, dan sumbangsih.
3)Memancarkan energi positif 
Secara fisik, pemimpin yang berprinsip memiliki air muka yang menyenangkan danbahagia. Mereka optimis, positif, bergairah, antusias, penuh harap, dan mempercayai.Mereka memancarkan energi positif yang akan mempengaruhi orang-orang disekitarnya. Dengan energi itu mereka selalu tampil sebagai juru damai, penengah, untukmenghadapi dan membalikkan energi destruktif menjadi positif.
4)Mempercayai orang lain
Pemimpin yang berprinsip mempercayai orang lain. Mereka yakin orang lain mempunyaipotensi yang tak tampak. Namun tidak bereaksi secara berlebihan terhadap kelemahan-3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->