Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PENGELOLAAN KURIKULUM

PENGELOLAAN KURIKULUM

Ratings: (0)|Views: 199|Likes:

More info:

Published by: EVae GeintCtiaghbrcmmoebntanghtiqoe on May 04, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/26/2013

pdf

text

original

 
PENGELOLAAN KURIKULUM
PENGELOLAAN KURIKULUM
BAB IPENDAHULUAN
Pengelolaan kurikulum merupakan suatu pola pemberdayaan tenaga pendidikan dansumberdaya pendidikan lainnya untuk meningkatkan mutu pendidikan. Kurikulum itu sendiri halyang sangat menetutukan kebehasilan kegiatan belajar mengajar secara maksimal, sehingga perluadanya pengelolaan yang meliputi:1.
 
kegiatan perencaan;2.
 
kegiatan pelaksanaan dan;3.
 
kegiatan penilaian.Sesuai dengan kegiatan pengelolaan kurikulum tersebut, penyajiaanya akan diurutkanmulai dari perencaan. Namun terlebih dahulu akan dijelaskan dan dibatasi oleh pengertiankurikulum.Pengelolaan kurikulum berkaitan dengan pengelolaan pengalaman belajar yangmembutuhkan stretegi tertentu sehingga menghasilkan produktifitas belajar bagi siswa. Dengandemikian, pengelolaan kurikulum adalah upaya mengoktimalkan pengalaman-pengalaman belajar siswa secara produktif. 
BAB IIPEMBAHASAN
A.
 
Pengertian KurikulumKurikulum berasal dari bahasa Yunani yaitu jarak yang harus ditempuh. Secara sempit atautradisional, kurikulum adalah sekedar memuat dan dibatasi pada sejumlah mata pelajaranyang diberikan guru pada siswa guna mendapatkan ijazah. Sedang secara modern, kurikulumadalah semua pengalaman yang diharapkan dimiliki peserta didik dibawah bimbingan guru.Administrasi kurikulum adalah administrasi yang ditunjukkan untuk keberhasilan kegiatan belajar –mengajar secra maksimal, dengan titik berat pada usaha meningkatkan kualitasinteraksi belajar-mengajar.Kegiatan yang dimaksud yaitu kegiatan intra kurikuler adalah kegiatan yang dilaksanakan dalam jadwal bagi struktur program yang ditentukan secara nasional, dan kegiatan ekstra kukurikuler adalah kegiatan tambahan diluar struktur program yang merupakan kegiatan pilihan.atau bisa juga diartikan
Kurikulum
sebagai perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yangdiberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikanyang berisi rancangan pelajaran yangakan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Penyusunan perangkat mata pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut serta kebutuhan lapangan kerja<Lama waktu dalam satu kurikulum biasanya disesuaikan dengan maksud dan tujuan dari sistem pendidikan yang dilaksanakan. Kurikulum ini dimaksudkan untuk dapat mengarahkan pendidikanmenuju arah dan tujuan yang dimaksudkan dalam kegiatan pembelajaran secara menyeluruhB.
 
Ruang lingkupRuang lingkup administrasi pendidikanadministrasi kurikulum adalah suatu proses pencapaian tujuan pendidikan supaya lembaga pendidikan bisa mencapai tujuan yang diinginkan. Administrasi kurikulum ada yang menyebutadministrasi akademik dan ada pula yang menyebut dengan administrasi pengajaran. Sebagai pelaksana dan penanggung jawab administrasi kurikulum merupakan tanggung jawab kepalasekolah dan anggota-anggota pimpinan serta para guru sesuai dengan tanggung jawabnyamasing-masing.
B.
 
Ruang lingkup administrasi kurikulum dan pembelajaran meliputi hal-hal sebagaiberikut:
a.
 
Standar Isi
 
Berdasarkan PP 19 Tahun 2005 dan Peraturan Menteri No.22 Tahun 2006, Standar isimeliputi:1.
 
Kerangka dasar dan struktur kurikulum yang merupakan pedoman dalam penyusunan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan.2.
 
Beban belajar bagi peserta didik pada satuan pendidikan dasar dan menengah.3.
 
Kurikulum tingkat satuan pendidikan yang akan dikembangkan dan disusun oleh guru berdasarkan panduan penyususnan kurikulum sebagai bagian tidak terpisahkan dari standar isi.4.
 
Kalender pendidikan untuk penyelenggaraan pendidikan pada satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah. Standar isi dikembangkan oleh BSNP. b.
 
Standar 
 
Kompetensi
 
LulusanBerdasarkan peraturan Menteri No. 23 Tahun 2006, Standar kompetensi lulusan digunakansebagai pedoman penilaian dalam penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan.Standar kompetensi lulusan ini meliputi seluruh mata pelajaran atau kelompok mata pelajaran.Kompetensi lulusan ini mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.c.
 
Standar 
 
Penilaian
 
PendidikanStandar Penilaian adalah standar yang mengatur mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian prestasi belajar peserta didik.Penialaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, menurut PP 19 tahun 2005terdiri dari:1) penilaian hasil belajar oleh pendidik 2) penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan3) penilaian hasil belajar oleh pemerintah.d.
 
Perangkat
 
PembelajaranSesuai dengan diberlakukannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), berdasarkanPermen No. 22 tentang Standar Isi dan Permen No. 23 tentang Standar Kompetensi Lulusan,maka perangkat pembelajaran yang harus disusun oleh sekolah sebagai berikut.1.
 
Pemetaan Kompetensi Dasar setiap Mata Pelajaran2.
 
Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM). SKBM adalah pencapaian kompetensi dasar mata pelajaran oleh siswa per mata pelajaran. Penetapan SKBM ini dilakukan oleh forum guru yang berada di lingkungan sekolah yang bersangkutan maupun dengan sekolah yang terdekat(MGMP).3.
 
Perhitungan hari belajar efektif/ kalender pembelajaran4.
 
Program Tahunan, Program Semester 5.
 
Pengembangan Silabus dan Sistem Penilaian6.
 
Program Satuan Pembelajaran (PSP) dan rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP)7.
 
Jadwal Pembelajaran8.
 
Tugas siswa9.
 
Pengembangan diri/ Ekstrakulikuler 10.
 
Program Perbaikan dan Pengayaan
D.
 
Kegiatan Administrasi Kurikulum
Menurut Ahmad Sabri dalam bukunya hal 54-55 tahun 2000 “ Administrasi Pendidikan “Kegiatan administrasi kurikulum ada 3 bagian :1.
 
Kegiatan yang menyangkut proses belajar a)
 
Penyusunan rencana kerja tahunan, semesteran, bulanan dan mingguan. b)
 
Penyesuaian jadwal pelajaran.c)
 
Penyusunan jadwal ulangan dan ujian.d)
 
Penyusunan daftar buku dan alat-alat pelajaran yang akan digunakan dalam kegiatan dan prestasi belajar siswa.e)
 
Penyusunan norma penilaian
 
f)
 
Pencatatan dan laporan hasil-hasil kegiatan dan prestasi belajar siswa.g)
 
Penyusunan jadwal dan rencana kegiatan belajar dalam kelas dan di luar kelas.2.
 
Kegiatan yang menyangkut siswaa)
 
Menentukan jumlah dan syarat siswa yang akan diterima. b)
 
Perencanaan untuk pengarahan dan pelayanan siswa dalam menyelesaikan program ini.c)
 
Merencanakan dan melaksanakan peraturan kenaikan kelas.d)
 
Menentukan kelas bagi siswa yang diterima dan naik kelas.e)
 
Pencatatan sesuatu mengenai kegiatan siswa dan hasilnya di sekolah.3.
 
Kegiatan yang menyangkut gurua)
 
Pengaturan tugas pengajar dan tugas piket. b)
 
Pengaturan bimbingan guru terhadap siswa.c)
 
Penyusunan satuan pelajaran.d)
 
Penyusunan program kegiatan MGBS (majelis guru bidang studi) dan pelaksanaanya dalamrangka peningkatan kemampuan tugas profesianalnya.e)
 
Pengaturan mengenai tugas belajar/pendataan guru.
Prinsip-prinsip perencanaan kurikulum:
a.
 
Perencanaan krikulum berkenaan dengan pengalaman-pengalaman para siswa. b.
 
Perencanaan kurikulum dibuat berdasarkan berbagai keputusan tentang konten dan proses.c.
 
Perencanaan kurikulum mengandung keputusan-keputusan tentang berbagai isu yangaktual.d.
 
Perencanaan kurikulum melibatkan banyak kelompok.e.
 
Perencanaan kurikulum dilaksanakan pada berbagai tingkatan.f.
 
Perencanaan kurikulum adalah sebuah proses yang berkelanjutan.
Sifat perencanaan kurikulum
Suatu perencanaan kurikulum memiliki sifat – sifat sebagai berikut :- Bersifat strategis, karena merupakan instrumen yang sangat penting untuk mencapai tujuan pendidikan nasional- Bersifat komprehensif, yang mencakup keseluruhan aspek – aspek kehidupan masyarakat- Bersifat intergratif, yang mengintergrasi rencana yang luas yang mencakup pengembangandimensi kualitas dan kuantitas- Bersifat realistik, berdasarkan kebutuhan nyata peserta didik dalam kebutuhan masyarakat- Bersifat humanistik, menitik beratkan pada pengembangan sumber daya manusia, baik kuantitatif maupun kualitatif - Bersifat futuralistik, mengacu jauh kedepan falam merencanakan masyarakat yang maju- Merupakan bagian intergral yang mendukung menejemen pendidikan secara sistematik - Perencanaan kurikulum mengacu pada pengembangna kompetensi sesuia dengan standar nasional- Bededivikasi umtuk menlayani keragaman peserta didik - Bersifat desentralisasi, karena dikembangkan oleh daerah sesuai dengan kondisi dan potensidaerah
1.
 
Isi kurikulum
 
Kurikulum harus terdiri atas berbagai mata pelajaran yang urutannya harusdisusun secara logis dan terperinci.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->