Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perangkat Cpu Komputer

Perangkat Cpu Komputer

Ratings: (0)|Views: 176|Likes:
Published by Oscar FriauSs

More info:

Published by: Oscar FriauSs on May 04, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/04/2013

pdf

text

original

 
 
PERANGKAT CPU KOMPUTER
Jenis - Jenis Kode Socket Prosesor 
Namakode prosesor merupakan sebutan bagi jenis-jenis purwarupa(prototipe)prosesor-prosesor yang masih ada dalampengembangan.Intel,AMD,VIA Cyrixumumnya memberikan nama kode kepada prosesor mereka kepada publik (utamanya kepada para wartawan dan reviewer perangkat keras), sebagai tanda bahwa mereka sedang mengembangkan produkbaru.Setelah menentukan jenis processor yang dikehendaki, kita perlu melihatkepada no soket processor pula. Ini amat penting supaya kita tidak tersilap memilihmotherboard. Sekiranya motherboard tersebut betul dan bersesuaian (compatible)dengan processor, maka processor akan dapat berfungsi dengan baik..Di bawah ini saya senaraikan beberapa nomoor soket processor sebagai rujukanuntuk memilih processor dan motherboard yang sesuai:Nombor SoketProcessor / No PinJenis Processor Yang BersesuaianIntelSoket 423 Pentium IV / PGA (Pin Grid Array)Soket 478Pentium IV/ PGA 2nd Ver.,Pentium IV Celeron (DDR RAM)Soket 603 Pentium IV Xeon (micro PGA)Soket LGA 775Pentium IV, Pentium D, Celeron 420,Celeron 430, Pentium Dual Core,Core 2 Duo, Core 2 QuadSoket LGA1155/1156Core i3, Core i5, Core i7(860, 870, 2600)Soket LGA 1366 Core i7 (930, 950) AMDSoket 754 Athlon 64 (mPGA), SempronSoket 939 Athlon 64, Athlon 64-X2Soket 940 Athlon 64 FX 51 (micro PGA)
 
Soket AM2 Athlon AM2, Athlon X2,Sempron Limited Edition, Athlon FXSocket AM2+ Athlon X2, Phenom (X3 dan X4), Semprondan Opteron.Soket AM3Sempron 140, Athlon II X2, Athlon II X3, Athlon II X4,Phenom II X2, Phenom II X4,Phenom II X6Ini adalah sebaagian dari nomor socket processor yang ada. Namun, pilihlah
 
processor dan motherboard yang ada dipasaran supaya mudah untuk mendapatkanalat ganti perkakasan komputer yang bersesuaian.
Jenis jenis Memori pada Komputer 
 Ada beberapa jenis memori yang ada pada komputer dengan berbagaisubtipe .Memori ini dikategorikan tergantung pada tugasnya masing masing didalamsistem komputer. Namun, dalam artikel ini kita akan bahas bebrapa jenis memorikomputer yang paling mendasar.Memori adalah salah satu alat yang paling penting pada sebuah komputer,baik itu komputer laptop atau PC. Ada berbagai jenis memori komputer yang bisadipergunakan, tergantung dengan kebutuhan untuk fungsi dan spesifikasi dari sistimkomputer.Memori berhubungan dengan banyak komponen yang bertugas untukmenyimpan data secara sementara atau secara permanen. Hal ini memungkinkanpengguna untuk menyimpan informasi atau data di komputer. Tanpa memori,prosesor tidak akan dapat menemukan apapun yang diperlukan untuk diambil dandiproses. Ada berbagai jenismemori di komputer yang ditujukan untuk tugas menyimpan daribeberapa macam data. Masing-masing memiliki kapasitas dan ciri khas tertentu.
Random Access Memory (RAM)
RAM adalah memori dalam sistem komputer yangberguna untuk menampung data sementara danmengirimnya kembali untuk segera diakses dandiproses oleh prosesor.Karena kecepatan prosesor lebihtinggi dari kecepatan hardisk,maka diperlukanRAM untuk menyeimbangkan data keluar masuk darihardisk. Informasi yang disimpan dalam RAM
 
diambil dari hard disk komputer, termasuk data yang berhubungan dengan sistemoperasi dan aplikasi tertentu. Ketika komputer dimatikan, memori yang tersimpanpada RAM akan hilang. Data akan disimpan dan hanya dipertahankan disaatkomputer sedang berjalan.Ketika memori RAM sudah penuh,kinerja atau kecepatan komputer akansemakin lambat. Data yang dapat diambil dalam urutan yang acak.Secara umum ada dua jenis RAM, yaitu Static RAM (SRAM) dan Dynamic RAM(DRAM). Ketika banyak program pada komputer yang dijalankan secara bersamaan,virtual memori memungkinkan komputer untuk mencari pada bagian memori RAMyang belum digunakan terakhir kemudian menyalinnya ke hard disk. Tindakanseperti ini akan membebaskan ruang RAM, dan memungkinkan sistem untukmenjalankan program yang berbeda.
Read Only Memory (ROM)
ROM adalah Jenis memori aktif,walaupun komputer dihidupkan ataudimatikan. Sesuai dengan sebutanya 'read only', isi di dalam ROM tidak dapatdirubah atau dimodifikasi. ROM merupakan sirkuit terpadu sebelum diprogramdengan data penting, yang harus selalu ada untuk komputer dalam melaksanakanfungsi normal.
Cache
Cache adalahjenis RAMpada sistem komputer yang lebih responsif daripadaRAM biasa. CPU akan memeriksa dulu didalam memori cache sebelum mencari dipenyimpanan pada memori pusat untuk menentukan suatu informasi yangdiperlukan. Hal ini untuk keperluan dari sistem komputer untuk mencari informasipada memori penyimpanan yang lebih besar, sehingga ekstraksi data menjadi lebihcepat.
Hardisk
Hardisk/ Hardrive adalah hardware yang berguna sebagai tempatpenyimpanan data penting yang dipasang didalam Komputer. kapasitas Memori darihardisk lebih besar, dan pengguna bisa memilih data yang perlu disimpan kedalammemori ataupun diakses dari memori. Saat ini hard disk yang banyak digunakanmemiliki kapasitas memori penyimpanan sebesar 120 GB hingga 500 GB.
Flash Disk
Flash Disk adalah jenis memori penyimpanan portabel yang bisa digunakandengan nyaman jika transfer data dari satu komputer ke komputer lain. Data didalamnya dapat dihapus dan diprogram ulang sesuai kebutuhan pengguna. Kartumemori USB/ flash disk adalah beberapa model dari jenis memori penyimpanankomputer.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->