Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Manusia, Sains, Teknologi Dan Seni

Manusia, Sains, Teknologi Dan Seni

Ratings: (0)|Views: 220|Likes:
Published by Iit Suryani

More info:

Published by: Iit Suryani on May 05, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/18/2013

pdf

text

original

 
 
TUGAS 11ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR 
Disusun oleh :
Iit Suryani
11.10.010.744.088
Dosen Pembimbing
:Dra. Asmawati, M.Pd
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKANSTKIP
 – 
YDB
 – 
LUBUK ALUNG2012
 – 
2013
 
 BAB 7MANUSIA, SAINS, TEKNOLOGI DAN SENI
A.
 
PENGERTIAN SAINS, TEKNOLOGI DAN SENI
1.
 
Sains 
Sains berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam semesta secara sistematis,dan bukan hanya kumpulan berupa fakta-fakta, konsep-konsep, prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan.Menurut Medawar (1984) Sains(dari istilah Inggris Science) berasal dari kata:
 sienz, cience, syence, scyence, scyense, scyens, scienc, sciens, scians
.Kata dasar yang diambil dari kata scientia yang berarti knowledge (ilmu). Tetapi,tidak semua ilmu itu boleh dianggap sains. Yang dimaksud ilmu sains adalah: ilmu yangdapat diuji (hasil dari pengamatan yang sesungguhnya) kebenarannya yangdikembangkan secara bersistem dengan kaidah-kaidah tertentu berdasarkan kebenaranatau kenyataan semata sehingga pengetahuan yang dipedomani tersebut boleh dipercayai,melalui eksperimen secara teori.
Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia, sains adalah: “Ilmu yang teratur 
(sistematik) yang dapat diuji atau buktikan kebenarannya, berdasarkan kebenaran ataukenyataan semata (missal:fisika, kimia, biologi).Pendidikan sains menekankan pada pengalaman secara langsung. Sains yangdiartikan sebagai salah satu cabang ilmu yang mengkaji tentang sekumpulan pernyataanatau fakta-fakta dengan cara yang sistematik dan serasi dengan hukum-hukum umumyang melandasi peradaban dunia modern. Sains merupakan satu proses unruk mencaridan menemui sesuatu kebenaran melalui pengetahuan (ilmu) dengan memahami hakikatmakhluk, untuk menerangkan hokum-hukum alam.Proses mencari kebenaran secara mencari jawaban kepada persoalan-persoalansecara sistematik yang dinamakan pendekatan saintifik dan ia menjadi landasan perkemabangan teknologi yang menjadi salah satu unsur terpenting peradaban manusia.Sains sangat penting untuk perkembangan dan kemajuan kemanusiaan dan teknologi.
 
 
2.
 
Teknologi 
Istilah teknologi barasal dari kata techne dan logia. Kata Yunani kuno techne berarti seni kerajinan. Dari techne kemudian lahirlah technikos yang berarti seseorangyang memilki keterampilan tertentu. Dengan berkembangnya keterampilan seseorangyang menjadi semakin tetap karena menunjukkan suatu pola, langkah dan metode yang pasti, keterampilan itu lalu menjadi teknik.Pada permulaan abad XX ini, istilah teknologi telah dipakai secara umum danmerangkum suatu rangkaian sarana, proses dan ide di samping alat-alat dan mesin-mesin.Perluasan arti berjalan terus sehingga sampai pertengahan abad ini muncul perumusanteknologi sebagai sarana dan aktivitas yang dengannya manusia berusaha mengubah ataumenangani lingkungannya.Teknologi dianggap sebagai penerapan ilmu pengetahuan, dalam pengertian bahwa penerapan itu menuju pada perbuatan atau perwujudan sesuatu. Demikianlahteknologi adalah segenap keterampilan manusia menggunakan sumber-sumber daya alamuntuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya dalam kehidupan. Secara lebihumum dapatlah bahwa teknologi merupakan suatu sistem penggunanaan berbagai saranayang tersedia untuk mencapai tujuan-tujuan praktis yang ditentukan.
3.
 
Seni 
Janet Woli mengatakan bahwa seni adalah produk social. Sedangkan menurut
 Kamus Besar Bahasa Indonesia
, seni adalah keahlian yang membuat karya yang bermutu(dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya, dll), seperti tari, lukis, ukir, dll.Maka konsep pendidikan yang memerlukan ilmu dan seni adalah proses atau upaya sadar antara manusia dengan sesame secara beradab, di mana pihak kesatu secara terarahmembimbing perkembangan kemampuan dan kepribadian pihak kedua secara manusiawiyaitu orang perorang. Oleh karena itu, budi bahasapun adalah suatu seni

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->