Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
macam-macam majas

macam-macam majas

Ratings: (0)|Views: 188|Likes:
majas
majas

More info:

Published by: Islamiaty Insani Kamila on May 06, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/27/2013

pdf

text

original

 
MACAM-MACAM MAJAS
 
A. Macam-macam Majas Penegasan
 Dan berikut ini adalah berbagai macam dari majas penegasanbeserta contohnya yang berhasil blogbintang.com dapatkan :1.
 
Majas Klimaks : Adalah semacam gaya bahasa yang menyatakan beberapa hal yang dituntut semakin lama semakin meningkat. Contoh : Kesengsaraanmembuahkan kesabaran, kesabaran pengalaman, dan pengalaman harapan.2.
 
Majas Antiklimaks: Adalah gaya bahasa yang menyatakan beberapa halberurutan semakin lma semakin menurun. Contoh : Ketua pengadilan negeri ituadalah orang yang kaya, pendiam, dan tidak terkenal namany3.
 
Majas Koreksio: Adalah gaya bahasa yang mula-mula menegaskan sesuatu,tetapi kemudian memperbaikinya. Contoh : Silakan pulang saudara-saudara, ehmaaf, silakan makan.4.
 
Majas Asindeton : Adalah gaya bahasa yang menyebutkan secara berturut-turut tanpa menggunakan kata penghubung agar perhatian pembaca beralihpada hal yang disebutkan. Contoh : Dan kesesakan kesedihan, kesakitan,seribu derita detik-detik penghabisan orang melepaskan nyawa.5.
 
Majas Interupsi adalah gaya bahasa yang menggunakan kata-kata ataubagian kalimat yang disisipkan di dalam kalimat pokok untuk lebih menjelaskansesuatu dalam kalimat. Contoh : Tiba-tiba ia-suami itu disebut olehperempuan lain.6.
 
Majas Eksklmasio : Adalah gaya bahasa yang menggunakan kata-kata seruatau tiruan bunyi. Contoh : Wah, biar ku peluk, dengan tangan menggigil.
 
7.
 
Majas Enumerasio : Adalah beberapa peristiwa yang membentuk satukesatuan, dilukiskan satu persatu agar tiap peristiwa dalam keseluruhannyatanpak dengan jelas. Contoh : Laut tenang. Di atas permadani biru itu tanpaksatu-satunya perahu nelayan meluncur perlahan-lahan. Angin berhempussepoi-sepoi. Bulan bersinar dengan terangnya. Disana-sini bintang-bintanggemerlapan. Semuanya berpadu membentuk suatu lukisan yang haromonis.Itulah keindahan sejati.8.
 
Majas Silepsis dan Zeugma : Adalah gaya dimana orang mempergunakan duakonstruksi rapatan dengan menghubungkan sebuah kata dengan dua kata yanglain sebenarnya hanya salah satunya mempunyai hubungan sebuah kata dengandua kata yang lain sebenarnya hanya salah satunya mempunyai hubungandengan kata pertama. Contoh : ia menundukkan kepala dan badannya untukmemberi hormat kepada kami.9.
 
Majas Apofasis atau Preterisio : Adalah gaya bahasa dimana penulis ataupengarang menegaskan sesuatu, tetapi tampaknya menyangkal. Contoh : Sayatidak mau mengungkapkan dalam forum ini bahwa saudara telah menggelapkanratusan juta rupiah uang negara10.
 
Majas Pleonasme: Menambahkan keterangan pada pernyataan yang sudah jelas atau menambahkan keterangan yang sebenarnya tidakdiperlukan. Contoh: Saya naik tangga ke atas.11.
 
Majas Aliterasi: Adalah gaya bahasa berupa perulangan bunyi vokal yangsama. Contoh : Keras-keras kena air lembut juga12.
 
Majas Paralelisme: Adalah gaya bahasa penegasan yang berupa pengulangankata pada baris atau kalimat. Contoh : Jika kamu minta, aku akan datang
 
13.
 
Majas Tautologi: Adalah gaya bahasa yang mengulang sebuah kata dalamkalimat atau mempergunakan kata-kata yang diterangkan ataumendahului. Contoh : Kejadian itu tidak saya inginkan dan tidak saya harapkan14.
 
Majas Antanaklasis adalah yang mengandung ulangan kata yang sama denganmakna yang berbeda. Contoh : Ibu membawa buah tangan, yaitu buah apelmerah15.
 
Majas Anastrof atau Inversi : Adalah gaya bahasa yang dalampengungkapannya predikat kalimat mendahului subejeknya karena lebihdiutamakan. Contoh : Pergilah ia meninggalkan kami, keheranan kami melihatperanginya.16.
 
Majas Retoris : Adalah pernyataan yang dipergunakan dalam pidato atautulisan dengan tujuan untuk mencapai efek yang lebih mendalam danpenekanan yang wajar, dan sama sekali tidak menghendaki adanya suatu jawaban. Contoh : Siapakah yang tidak ingin hidup ?17.
 
Majas Elipsis: Adalah gaya bahasa yang berwujud menghilangkan suatu unsurkalimat yang dengan mudah dapat diisi atau ditafsirkan sendiri olehpembaca. Contoh : Kami ke rumah nenek ( penghilangan predikat pergi )18.
 
Majas Alonim: Penggunaan varian dari nama untuk menegaskan.19.
 
Majas Kolokasi: Asosiasi tetap antara suatu kata dengan kata lain yangberdampingan dalam kalimat.20.
 
Majas Pararima: Pengulangan konsonan awal dan akhir dalam kata atau bagiankata yang berlainan.21.
 
Majas Preterito: Ungkapan penegasan dengan cara menyembunyikan maksud yang sebenarnya.22.
 
Majas Sigmatisme: Pengulangan bunyi “
” untuk efek
tertentu.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->