Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
TLH AQIDAH AKHLAK

TLH AQIDAH AKHLAK

Ratings: (0)|Views: 112 |Likes:
Published by Yahdiyanur

More info:

Published by: Yahdiyanur on May 06, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/17/2013

pdf

text

original

 
1
A.
 
Pengertian Telaah Penjelasan Materi Akidah Akhlak Madrasah Aliyah
 Untuk menghindari adanya salah penafsiran dan meluasnya permasalahan, sekaligusuntuk memberikan pengertian yang sejelas-jelasnya, maka pemakalah perlu menegaskanistilah-istilah dalam judul makalah ini sebagai berikut:1.
 
Pengertian Telaaha.
 
Secara EtimologiTelaah adalah suatu penyelidikan, kajian, pemeriksaan, dan penelitian.[3]   b.
 
Secara TerminologiTelaah yaitu penyelidikan mengenai beberapa materi tentang kesulitan-kesulitan yangmungkin ada pada materi yang dikaji.2.
 
Pengertian Penjelasana.
 
Secara EtimologiPenjelasan berasal dari kata jelas yang berarti nyata, dan ganblang.[4]   b.
 
Secara TerminologiPenjelasan adalah keterangan yang lebih jelas, uraian yang menjelaskan tentang bahan yangdi sampaikan.3.
 
Pengertian Materia.
 
Secara EtimologiMateri adalah benda, zat.[5]   b.
 
Secara TerminologiMateri adalah sesuatu yang menjadi bahan (untuk diujikan, dipikirkan, dibicarakan,dikarangkan, dsb).[6]  4.
 
Pengertian Akidah Akhlak a.
 
Pengertian Akidah1)
 
Secara Etimologi
Aqidah adalah bentuk masdar dari kata “ „aqoda, ya‟qidu, ‟aqdan
-
„aqidatan ” yang
 berarti simpulan, ikatan, sangkutan, perjanjian dan kokoh. Sedang secara teknis aqidah berartiiman, kepercayaan dan keyakinan.[7]  2)
 
Secara TerminologiAqidah adalah hal-hal yang wajib dibenarkan oleh hati dan jiwa merasa tentramkepadanya, sehingga menjadi keyakinan kukuh yang tidak tercampur oleh keraguan.[8]   b.
 
Pengertian Akhlak 1)
 
Secara Etimologi
 
2
Akhlak secara etimologi berasal dari kata “Khuluq” dan jama‟nya “Akhlaq”, yang
 berarti budi pekerti, etika, moral.[9]  2)
 
Secara Terminologi
Akhlak adalah “sikap hati yang mudah mendorong anggota tubuh untuk berbuatsesuatu”.
[10] Jadi yang dimaksud dengan Akidah Akhlak adalah suatu kepercayaan atau keyakinanyang berupa budi pekerti atau kelakuan, baik akhlak yang terpuji atau akhlakul karimahmaupun yang tercela atau akhlakul madzmumah.5.
 
Pergertian Madrasah Aliyaha.
 
Pengertian Madrasah1)
 
Secara EtimologiMenurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Madrasah berarti sekolah atau perguruan(biasanya yang berdasarkan agama Islam). Madrasah dilihat dari segi bahasa Arab berasaldari kata
darasa
yang artinya belajar, sedangkan madrasah itu sendiri berarti tempat belajar.2)
 
Secara TerminologiMadrasah berarti lembaga pendidikan yang mempunyai porsi lebih terhadap mata pelajaran Agama Islam. b.
 
Pengertian Aliyah1)
 
Secara EtimologiAliyah berarti sekolah agama (Islam) tingkat menengah atas.[11]  2)
 
Secara TerminologiAliyah adalah sebuah tingkatan yaitu tingkatan tinggi atau atas dalam suatu pendidikan.Jadi Madrasah Aliyah adalah lembaga pendidikan yang memberikan pendidikan dan pengajaran tingkat tinggi atau atas dan menjadikan mata pelajaran agama Islam sebagai mata pelajaran dasar.Dari pengertian diatas bisa dipahami bahwa judul yang dimaksud dengan TelaahPenjelasan Materi Akidah Akhlak Madrasah Aliyah adalah penyelidikan mengenai beberapamateri tentang kesulitan-kesulitan, kemudahan, kekurangan, kelebihan yang mungkin ada pada materi yang ditelaah, dengan menjelaskan tentang bahan yang disampaikan yaitu yangmengenai suatu kepercayaan atau keyakinan yang berupa budi pekerti atau kelakuan, baik akhlak yang terpuji atau akhlak al-karimah maupun yang tercela atau akhlak al-madzmumah pada lembaga pendidikan yang memberikan pendidikan dan pengajaran tingkat tinggi atauatas dan menjadikan mata pelajaran agama Islam sebagai mata pelajaran dasar.
B.
 
Substansi
 
 
3
1.
 
Judul
 
Judul buku yang kami telaah adalah “Menjaga Akidah dan Akhlak” yang disusun oleh
Roli Abdul Rahman dan M. Khamzah. Diterbitkan oleh PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri,Solo.Terdiri dari dua buku yaitu untuk kelas X berisi 129 halaman terbit tahun 2007, untuk kelas XI berisi 132 halaman terbit tahun 2008.Menurut kami pemakalah, judul buku tersebut sudah sesuai dengan program untuk dijadikan sebuah judul buku pada tingkat Madrasah Aliyah, dimana judul tersebutmempunyai maksud agar siswa Madrasah Aliyah bisa menerapkan pada kehidupan sehari-hari yaitu menjaga Akidah dan Akhlaknya.
2.
 
Latar Belakang Telaah
 Seiring perkembangan zaman, banyak kebutuhan yang semakin dibutuhkan olehmanusia, termasuk kebutuhan dalam bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan banyak hal yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan peserta didik, baik dari segi sarana prasarana maupun materi yang diajarkan. Untuk mendapatkan materi yang sesuai dengankebutuhan siswa, maka diperlukan buku ajar yang relevan untuk menunjang proses belajar mengajar. Sebuah buku ajar yang baik adalah sebuah buku yang benar-benar sesuai dengankebutuhan siswa. Untuk itu, di sini kami menelaah sebuah buku ajar materi Akidah Akhlak tingkat Madrasah Aliyah, agar dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan buku ajar tersebut, sehingga nantinya didapati sebuah buku ajar yang mudah dipahami oleh pesertadidik.
3.
 
Fokus Telaah
 Telaah yang kami lakukan ini memfokuskan pada penjelasan yang ada pada materiAkidah Akhlak Madrasah Aliyah.
C.
 
Telaah Penjelasan Materi Akidah Akhlak Madrasah Aliyah
 
3.
 
Penjelasan Materi Akidah Akhlak Kelas XI Semester 1
 
a.
 
BAB 1: ILMU KALAM
 
1)
 
Pengertian Ilmu Kalam
 Ilmu kalam diartikan sebagai ilmu yang membahas tentang wujud Allah, tentang sifat-sifatyang wajib tetap bagi-Nya, sifat-sifat yang jaiz disifatkan kepada-Nya dan tentang sifat-sifatyang sama sekali wajib ditiadakan daripada-Nya.
2)
 
Fungsi Ilmu Kalam
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->