Welcome to Scribd. Sign in or start your free trial to enjoy unlimited e-books, audiobooks & documents.Find out more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
kode etik

kode etik

Ratings: (0)|Views: 500|Likes:
Published by andriks

More info:

Published by: andriks on Apr 05, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/04/2011

pdf

text

original

 
Wini Friska Dwiastati0801082039Teknik Komputer KEKUATAN KODE ETIK JURNALISTIKBAB IKEPRIBADIAN DAN INTEGRITAS
Pasal 1
Wartawan Indonesia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwaPancasila , taat kepada Undang-Undang Dasar Negara, Ksatria, menjunjung tinggiharkat dan martabat manusia dan lingkungannya, mengabdi pada kepentingan bangsadan negara serta terpecaya dalam mengemban profesinya.
Pasal 2
Wartawan Indonesia dengan penuh rasa tanggung jawab dan bijaksanamempertimbangkan patut tidaknya menyiarkan berita, tulisan atau gambar, yang dapatmembahayakan keselamatan dan keamanan negara, persatuan dan kesatuan bangsa,menyinggung perasaan agama, kepercayaan dan keyakinan suatu golongan yangdilindumgi oleh Undang-undang.
Pasal 3
Wartawan Indonesia tidak menyiarkan berita, tulisan atau gambar yang menyesatkan,memutarbalikkan fakta, bersifat fitnah, cabul, sadis dan sensasi berlebihan.
Pasal 4
Wartawan Indonesia tidak menerima imbalan untuk menyiarkan atau tidak menyiarkanberita, tulisan atau gambar yang dapat menguntungkan atau merugikan seseorang atausesuatu pihak.
KODE ETIK JURNALISTIKBAB IICARA PEMBERITAAN
Pasal 5
Wartawan Indonesia menyajikan berita secara berimbang dan adil, mengutamakankecermatan dari kecepatan serta mencampuradukkan fakta dan opini sendiri. Tulisanberisi interpretasi dan opini wartawan agar disajikan dengan menggunakan nama jelaspenulisnya.
 
Pasal 6
Wartawan Indonesia menghormati dan menjunjung tinggi kehidupan pribadi dengantidak menyiarkan berita, tulisan, atau gambar yang merugikan nama baik atau perasaansusila seseorang, kecuali menyangkut kepentingan umum.
Pasal 7
Wartawan Indonesia dalam pemberitaan peristiwa yang diduga menyangkutpelanggaran hukum dan atau proses peradilan harus menghormati asas praduga takbersalah, prinsip adil, jujur, dan penyajian yang berimbang.
Pasal 8
Wartawan Indonesia dalam memberitakan kejahatan susila tidak menyebut nama danidentitas korban. Penyebutan nama dan identitas pelaku kejahatan yang masih dibawahumur, dilarang.
Pasal 9
Wartawan Indonesia menulis judul yang mencerminkan isi berita.
KODE ETIK JURNALISTIKBAB IIISUMBER BERITA
Pasal 10
Wartawan Indonesia menempuh cara yang sopan dan terhormat untuk memperolehbahan berita, gambar, atau tulisan dan selalu menyatakan identitasnya kepada sumber berita.
Pasal 11
Wartawan Indonesia dengan kesadaran sendiri secepatnya mencabut atau meralatsetiap pemberitaan yang kemudian ternyata tidak akurat, dan memberi kesempatan hak jawab serta proporsional kepada sumber dan atau obyek berita.
Pasal 12
Wartawan Indonesia meneliti kebenaran bahan berita dan memperhatikan kredibilitasserta kompetensi sumber berita.
Pasal 13
Wartawan Indonesia tidak melakukan tindakan plagiat, tidak mengutip berita, tulisan,atau gambar tanpa menyebut sumbernya.
 
Pasal 14
Wartawan Indonesia harus menyebut sumber berita, kecuali atas permintaan yangbersangkutan untuk tidak disebut nama dan identitasnya sepanjang menyangkut faktadan data bukan opini.Apabila nama dan identitas sumber berita tidak disebutkan, segala tanggung jawab adapada wartawan yang bersangkutan.
Pasal 15
Wartawan Indonesia menghormati ketentuan embargo, bahan latar belakang, dan tidakmenyiarkan informasi yang oleh sumber berita tidak dimasukkan sebagai bahan beritaserta atas kesepakatan dengan sumber berita tidak menyiarkan keterangan off therecord.
KODE ETIK JURNALISTIKBAB IVKEKUATAN KODE ETIK JURNALISTIK
Pasal 16
Wartawan Indonesia menyadari sepenuhnya bahwa penataan Kode Etik Jurnalistik initerutama berada pada hati nurani masing-masing.
Pasal 17
Wartawan Indonesia mengakui bahwa pengawasan dan penetapan sanksi pelanggaranKode Etik Jurnalistik ini adalah sepenuhnya hak organisasi dari Persatuan WartawanIndonesia (PWI) dan dilaksanakan oleh Dewan Kehormatan PWI.Tidak satu pihak pun di luar PWI yang dapat mengambil tindakan terhadap wartawanIndonesia dan atau medianya berdasarkan pasal-pasal dalam Kode Etik Jurnalistik ini.
KODE ETIK JURNALISTIKKODE ETIK AJI(ALIANSI JURNALIS INDEPENDEN)
1.Jurnalis menghormati hak masyarakat untuk memperoleh informasi yang benar.2.Jurnalis senantiasa mempertahankan prinsip-prinsip kebebasan dankeberimbangan dalam peliputan dan pemberitaan serta kritik dan komentar.3.Jurnalis memberi tempat bagi pihak yang kurang memiliki daya dan kesempatanuntuk menyuarakan pendapatnya.4.Jurnalis hanya melaporkan fakta dan pendapat yang jelas sumbernya.5.Jurnalis tidak menyembunyikan informasi penting yang perlu diketahuimasyarakat.6.Jurnalis menggunakan cara-cara yang etis untuk memperoleh berita, foto dandokumen.7.Jurnalis menghormati hak nara sumber untuk memberi informasi latar belakang,off the record, dan embargo.8.Jurnalis segera meralat setiap pemberitaan yang diketahuinya tidak akurat.

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Amren Rahim liked this
Mila Baay liked this
Sidjabat liked this
Nelly Dawati liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->