Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Lompat Jauh

Lompat Jauh

Ratings: (0)|Views: 11 |Likes:
Published by Rizky Aulia Pratama
lompaht jau
lompaht jau

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Rizky Aulia Pratama on May 07, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/25/2014

pdf

text

original

 
Lompat Jauh
Lompat jauh adalah salah satu olahraga yang sering diajarkan oleh gurupendidikan jasmani di sekolah baik dari tingkat dasar hingga menengah.Tentunya seorang guru harus mengerti tentang teknik lompat jauh yangbenar sehingga dia mampu mengajarkan kepada siswa dengan baik danbenar. pada lompat jauh terdapat tiga macam gaya yaitu : Lompat Jauhgaya Jongkok (tuck), gaya menggantung (hang style), dan gaya jalan diudara (walking in the air). Yang membedakan dari gaya-gaya tersebutadalah gerakan waktu melayang di udara.. Untuk memperoleh hasillompatan yang jauh, selain diperlukan kemampuan fisik sepertikekuatan, daya ledak, kekuatan, kelincahan dan keseimbangan juga perludiperhatikan mengenai tekniknya. Berikut mengenai teknik dasar lompat jauh.AwalanJarak awalan tergantung dari kemampuan masing-masing atlet bagipelompat dalam jerak pendek sudah mampu mencapai kecepatanmaksimal (full speed) maka jarak awalan cukup dekat atau pendek saja(sekitar 30-35 meter atau kurang dari ini). Sedangkan bagi atlet lain yang jarak relatif jauh baru mencapai kecepatan maksimal, maka jarakawalan harus lebih jauh lagi (sekitar 30-45 meter atau lebih jauh dariitu). Bagi pemula tentu jarak awalan lebih pendek dari ancang-ancangtersebut.Posisi saat berdiri pada titik awalan kaki dapat sejajar atau salah satukaki ke depan. Hal ini tergantung dari kebiasaan masing-masing atlet.
 
Cara pengambilan awalan mulai pelan, kemudian cepat (sprint).Kecepatan ini harus dipertahankan sampai menjelang bertumpu ataumenolak.Setelah mencapai kecepatan maksimal, maka kira-kira 3-4 langkahterakhir bertumpu (take off) gerakan lari dilepas begitu saja tanpamengurangi kecepatan yang telah dicapai sebelumnya. Pada 3-4 langkahterakhir ini perhatian dan tenaga yang dicurahkan untuk melakukantumpuan pada papan atau balok tumpu.TolakanBeberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat melakukan tolakandiantaranya :Tolakan dilakukan dengan kaki yang kuat. Bagian telapak kaki yang kuatuntuk bertumpu adalah cenderung pada bagian tumit terlebih dahuludan berakhir pada bagian ujung kaki.Sesaat akan bertumpu sikap badan agak condong ke belakangBertumpu sebaiknya tepat pada papan tumpuanSaat bertumpu, kedua lengan ikut diayunkan ke depan atas.Pada kaki ayun diangkat ke depan setinggi pinggul dalam posisi lututditekuk.
 
Melayang Di UdaraSikap Badan melayang di udara dipengaruhi oleh gaya apa yangditerapkan oleh atlet. Berikut penjelasannya :Gaya Jongkok (Tuck)Hindari mencondongkan badan ke depan atau ke belakang selamamelayangKaki yang bertolak tergantung di belakang selama melayang.Bengkokkan kaki bertolak dan tarik ke depan dan ke atas untukmendarat.Pertahankan paha dari kaki bebas dalam posisi horisontal.Luruskan kaki yang diayun ke depan dan ke atas untuk mendarat.Gaya Menggantung (Hang Style)Angkatlah paha kaki bebas cepat ke posisi horisontal pada waktubertolak.Kaki bebas diturunkan pada waktu melayangAngkat posisi lengan pada waktu elayangGaya Berjalan Di Udara (Walking In The Air)Setelah berolak maka tariklah kaki bebas ke bawah dan ke belakang.Pada saat yang sama tariklah kaki yang bertolak ke depan dan ke atas..

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->