Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
TENTANG SOSIOMETRI

TENTANG SOSIOMETRI

Ratings: (0)|Views: 242|Likes:
Published by Syam Valen Tino

More info:

Published by: Syam Valen Tino on May 07, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/15/2013

pdf

text

original

 
 SOSIOMETRI 
Sosiometri merupakan teknik yang tepat untuk mengumpulkan datamengenai hubungan sosial dan tingkah laku sosial siswa. Dengan teknik ini dapatdiperoleh data tentang suasana hubungan antar individu, struktur dan arah hubungansosial. Gambaran suasana hubungan sosial yang diperoleh dengan sosiometri disebutsosiogram. Dari data sosiometri individu dapat diketahui keluasan dan kedalaman pergaulan (keintiman pergaulan), status pemilihan atau penolakan sesama teman, dan popularitas dalam pergaulan.
Fungsi dari sosiometri
 a. Sebagai alat untuk meneliti struktur sosial dari suatu kelompok individudengan dasar terhadap relasi sosial dan status dari masing-masing anggotakelompok yang bersangkutan. b. Sebagai alat untuk memperbaiki hubungan insani (human relation) diantaraanggota-anggota kelompok tertentu.c. Dapat digunakan untuk menentukan kelompok kerja.d. Dapat digunakan untuk meneliti kemampuan memimpin seorang individudalam kelompok tertentu untuk suatu kegiatan tertentu.
Cara Pengerjaan Sosiometri
a. Siswa diberi daftar isian/angket sosiometri dan diminta untuk menuliskanidentitas dirinya.
 
 b. Konselor memberikan penjelasan maksud dan tujuan dari angket sosiometri,dan menjelaskan petunjuk pengisiannya.c.Konselor mempersilahkan kepada siswa untuk mengisi angket sosiometri,yaitu dengan cara menuliskan teman yang paling disukai dan yang palingtidak ia sukai disertai alasan-alasannya.d. Memotivasi siswa agar dapat mengerjakan dengan jujur, dengan memberikan jaminan kerahasiaan terhadap semua jawabannyae. Menginformasikan bahwa hasil angket sosiometri ini akan dijadikan acuandalam memberikan layanan (bantuan) pada siswa.
Pengolahan Hasil
Pengolahan hasil Instrumen sosiometeri mengacu pada langkah-langkahsebagai berikut :a. Siapkan tabel sosiometri yang berisikan nama pemilih / penolak dan namayang dipilih / ditolak dalam satu kelas. b. Masukkan data yang diperoleh dari angket sosiometri ke dalam tabel tersebutdengan ketentuan angka 1 untuk pilihan pertama ( 1 ) angka 2 untuk pilihankedus ( 2 ), angka 3 untuk penolakan pertama ( 3 ) dan angka 4 untuk  penolakan kedua ( 4 ), sehingga akan tampak skor pilihan dengan rumus jumlah angka 1 ditambah jumlah angka 2 serta skor penolakan dengan rumus jumlah angka 3 ditambah jumlah angka 4..c. Dari tabulasi yang ada dituangkan dalam tebel varian pilihan ( Cs ) untuk mengetahui indeks pilihan dengan rumus :
 
SKOR ( N x p )N : Jumlah RespondenP : Jumlah Pilihand. Selanjutnya dituangkan dalam tebel varian penolakan ( Rs ) untumengetahui indeks penolakan dengan rumus :SKOR X - 1( N x p ) N : Jumlah RespondenP : Jumlah Penolakane. Selanjutnya dituangkan lagi dalam tebel varian pemilihan dan penolakan( CRs ) untuk mengetahui indeks pemilihan dan penolakan dengan rumus :SKOR Pemilihan + SKOR Penolakan( N x q ) N : Jumlah Respondenq : Jumlah Pemilihan dan Penolakanf. Dari tabulasi yang ada dituangkan dalam bentuk sosiogram untuk melihathubungan antar individu dalam kelompok tersebut.
Penyampaian Hasil
Hasil dari pengolahan Instrumentasi perlu disampaikan kepada fihak-fihak yangterkait secara langsung dengan responden. Dalam penyampaian hasil instrumentasi ini

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->