Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Penghitungan_Beban_Kerja

Penghitungan_Beban_Kerja

Ratings: (0)|Views: 17 |Likes:

More info:

Published by: Ahmad Faisal Ibrahim on May 08, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/28/2014

pdf

text

original

 
 PERHITUNGAN BEBAN KERJADALAM RANGKA PENYUSUNAN FORMASI PEGAWAI
 
I.
 
PENDAHULUAN
 A.
 
Latar BelakangDalam rangka penyelenggaraan pemerintahan yang efektif dan efisien, PegawaiNegeri Sipil (PNS) dituntut untuk bekerja secara profesional. Akan tetapi padakenyataannya, profesionalisme yang diharapkan belum sepenuhnya terwujud.Hal tersebut disebabkan karena adanya ketidak sesuaian antara kompetensipegawai dengan jabatan yang didudukinya.Ketidak sesuaian tersebut, disebabkan oleh komposisi keahlian atauketerampilan pegawai yang belum proporsional.Demikian pula penempatan pegawai saat ini masih belum mengacu padakebutuhan organisasi yang sebenarnya, dalam arti belum didasarkan pada bebankerja yang ada.Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan perbaikan dalampelaksanaan manajemen kepegawaian ke arah yang lebih baik, terarah,mempunyai pola yang jelas, serta berkesinambungan, terutama dalamperencanaan untuk formasi pegawai. Oleh karena itu, perencanan formasipegawai harus didasarkan pada hasil perhitungan beban kerja organisasi.B.
 
TujuanTujuan perhitungan beban kerja adalah untuk meningkatkan kualitasperencanaan pegawai, penyusunan formasi pegawai, dan penempatan pegawaisesuai dengan kebutuhan pegawai
1
 
 C.
 
Dasar Hukum1.
 
Undang-undang Nomor 5 Tahun 1974 tentang Pokok-pokok Kepegawiansebagaimana telah diubah dengan Undand-undang Nomor : 43 Tahun 1999;2.
 
Peraturan Pemerintah Nomor: 97 Tahun 2000 tentang Formasi PegawaiNegeri Sipil sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor:54 Tahun 2003;3.
 
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor:KEP/61/M.PAN/6/ 2004 tentang Pedoman Pelaksanaan Analisis Jabatan;4.
 
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor:KEP/75/M.PAN/7/ 2004 tentang Pedoman Perhitungan Kebutuhan Pegawaiberdasarkan Beban Kerja Dalam rangka Penyusunan Formasi PegawaiNegeri Sipil.
II.
 
KETENTUAN UMUM
 A.
 
Pengertian1.
 
Beban Kerja adalah sejumlah target pekerjaan atau target hasil yang harusdicapai dalam satu satuan waktu tertentu;2.
 
Standar kemampuan rata-rata pegawai atau standar prestasi rata-ratapegawai adalah standar kemampuan yang menunjukkan ukuran energi rata-rata yang diberikan oleh seorang pegawai untuk memperoleh satu satuanhasil;3.
 
Perhitungan beban kerja adalah suatu teknik untuk menetapkan waktu bagiseorang pegawai yang memenuhi persyaratan (qualified) dalammenyelesaikan suatu pekerjaan tertentu dengan standar prestasi yang telahditetapkan;4.
 
Formasi pegawai adalah jumlah dan susunan pangkat pegawai yangdiperlukan dalam satu satuan organisasi untuk mampu melaksanakan tugaspokok dan fungsi dalam jangka waktu tertentu.
2
 
 B.
 
 Aspek-aspek Dalam Perhitungan Beban Kerja1.
 
Beban KerjaBeban kerja merupakan aspek pokok yang menjadi dasar untuk perhitungan.Beban kerja ditetapkan melalui program unit kerja yang selanjutnyadijabarkan menjadi target pekerjaan untuk setiap jabatan.2.
 
Standar kemampuan rata-rata/standar prestasiStandar kemampuan rata-rata dapat berupa standar kemampuan yang diukur dari satuan waktu yang digunakan atau satuan hasil.Standar kemampuan yang diukur dari satuan waktu disebut dengan NormaWaktu, sedangkan standar kemampuan yang diukur dari satuan hasil disebutdengan Norma Hasil.
Norma waktu adalah satu satuan waktu yang dipergunakan untukmengukur berapa hasil yang dapat diperoleh.Rumus Norma Waktu : Norma waktu = orang x waktuHasil
Contoh:Seorang pengetik dalam waktu 30 menit dapat menghasilkan 2 lembar ketikan.Norma waktu = 1 orang pengetik x 30 menit2 lembar ketikanDari contoh tersebut dapat ditetapkan bahwa rata-rata standar kemampuanseorang pengetik adalah 30 menit untuk menghasilkan 2 lembar ketikan.
Norma Hasil adalah satu satuan hasil dapat diperoleh dalam waktuberapa lama.Rumus Norma Hasil : Norma Hasil = Hasilorang x waktu
ContohSeorang analis jabatan untuk menghasilkan 1 uraian jabatan diperlukanwaktu 2 jam
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->