Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Masalah Gizi masyarakat

Masalah Gizi masyarakat

Ratings: (0)|Views: 77 |Likes:
gizi pada masyarakat
gizi pada masyarakat

More info:

Published by: Hanna BinSyeh Chauwri on May 08, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/19/2013

pdf

text

original

 
 1
BAB IPENDAHULUAN1.
 
Latar belakangKeadaan gizi dan kesehatan masyarakat tergantung pada tingkatkonsumsi, Dewasa ini Indonesia menghadapi masalah gizi ganda, yaknimasalah gizi kurang dan masalah gizi lebih. Masalah gizi kurang umumnyadisebabkan oleh kemiskinan, kurangnya persediaan pangan, kurang baiknyakualitas lingkungan (sanitasi), kurangnya pengetahuan masyarakat tentanggizi, menu seimbang dan kesehatan, dan adanya daerah miskin gizi(iodium). Sebaliknya masalah gizi lebih disebabkan oleh kemajuan ekonomi pada lapisan masyarakat tertentu yang disertai dengan minimnya pengetahuan tentang gizi, menu seimbang, dan kesehatan. dengan demikian,sebaiknya masyarakat meningkatkan perhatian terhadap kesehatan gunamencegah terjadinya gizi salah (malnutrisi) dan risiko untuk menjadi kuranggizi.Tingginya angka kematian ini juga dampak dari kekurangan gizi pada penduduk. Mulai dari bayi dilahirkan, masalahnya sudah mulai muncul,yaitu dengan banyaknya bayi lahir dengan berat badan rendah (BBLR<2.5Kg). Masalah ini berlanjut dengan tingginya masalah gizi kurang pada balita, anak usia sekolah, remaja, dewasa sampai dengan usia lanjut.Masalah gizi pada hakikatnya adalah masalah kesehatan masyarakat,namun penanggulangannya tidak dapat dilakukan dengan pendekatan medisdan pelayanan kesehatan saja. Penyebab timbulnya masalah gizi adalahmultifaktor, oleh karena itu pendekatan penanggulangannya harusmelibatkan berbagai sektor yang terkait.Suatu penyakit timbul karena tidak seimbangnya berbagai faktor, baik dari sumber penyakit (agens), pejamu (host) dan lingkungan (environment).Hal itu disebut juga dengan istilah penyebab majemuk (multiple causationof diseases) sebagai lawan dari peiiyebab tunggal (single causation).
 
 2
2.
 
Rumusan masalahMakalah ini disusun berdasarkan rumusan masalah sebagai berikut:1.
 
Apakah yang dimaksud dengan gizi?2.
 
Apakah yang dimaksud dengan status gizi?3.
 
Bagaimanakah cara penilaian status gizi ?4.
 
Apakah yang di maksud dengan masalah gizi masyarakat ?5.
 
Apa saja yang menyebabkan timbulnya masalah gizi ?6.
 
Bagaimana penanganan atau solusi masalah gizi masyarakat ?3.
 
Tujuan1.
 
Mahasiswa dapat mengerti tentang pengertian gizi2.
 
Mahasiswa Dapat memahami definisi status gizi3.
 
Mahasiswa dapat memahami bagaimana cara penilaian status gizi4.
 
Mahasiswa dapat mengetahui maslah gizi masyarakat5.
 
Mahasiswa dapat mengetahui penyebab dari masalah gizi masyarakat6.
 
Mahasiswa dapat mengetahui cara penanganan masalah gizi
 
 3
BAB IIPEMBAHASANA.
 
Definisi giziGizi adalah
 
suatu proses organisme menggunakan makanan yangdikonsumsi secara normal melalui proses digesti, absobsi, transportasi, penyimpanan, metabolisme dan pengeluaran zat-zat yang tidak digunakanuntuk mempertahankan kehidupan, pertumbuhan dan fungsi normal dariorgan-organ, serta menghasilkan energi.Tak satu pun jenis makanan yang mengandung semua zat gizi, yangmampu membuat seseorang untuk hidup sehat, tumbuh kembang dan produktif. Oleh karena itu, setiap orang perlu mengkonsumsi anekaragammakanan; kecuali bayi umur 0-4 bulan yang cukup mengkonsumsi Air SusuIbu (ASI) saja. Bagi bayi 0-4 bulan, ASI adalah satu-satunya makanantunggal yang penting dalam proses tumbuh kembang dirinya secara wajar dan sehat.B.
 
Status giziStatus gizi adalah
 
Ekspresi dari keadaan keseimbangan dalam bentuk variabel tertentu, atau perwujudan dari nutriture dalam bentuk variabeltertentu, contoh gondok endemik merupakan keadaaan tidak seimbangnya pemasukan dan pengeluaran yodium dalam tubuh.C.
 
Macam-macam cara penilaian status gizi1.
 
Penilaian status gizi secara langsungPenilaian status gizi secara langsung dapat dibagi menjadi empat penilaianyaitu antropometri, klinis, biokimia dan biofisik 
.
 a.
 
Antropometri1.
 
PengertianSecara umum antropometri artinya ukuran tubuh manusia. Ditinjaudari sudut pandang gizi, maka antropometri gizi berhubungan dengan berbagai macam pengukuran dimensi tubuh dan komposisi tubuh dari berbagai tingkat umur dan tingkat gizi.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->