Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Isi Makalah SD

Isi Makalah SD

Ratings: (0)|Views: 626|Likes:
Published by Irfan Fadhilah
Isi Makalah SD
Isi Makalah SD

More info:

categoriesTypes, School Work
Published by: Irfan Fadhilah on May 08, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/13/2013

pdf

text

original

 
 
BAB IPENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Semakin sering kita mempelajari tentang statistik deskriptif maka semakin banyak pula pertanyaan tentang apa itu statistik deskriptif dan yang terkandungdidalamnya serta apa saja yang perlu di ketahui dalam mempelajari statistik.Dalam kesempatan ini makalah kami akan sedikit menjelaskan tentang DeretBerkala salah satu pokok bahasan dalam mata kuliah Statistika Deskriptif.
1.2.Tujuan
Tujuan dibuatnya makalah dan presentasi ini adalah sebagai syarat pembelajaran di kampus dalam mempelajari Statistika Deskriptif salah satu matakuliah. Serta dapat bermanfaat baik bagi penulis maupun bagi pembaca untuk meningkatkan pemahaman pada mata kuliah Statistika Deskriptif khususnya pada pokok bahasan Deret berkala antara lain :
 
Pengertian Deret Berkala
 
Penggolongan Gerakan Runtut Waktu /Komponen Deret Berkala
 
Pengerian Trend Sekuler 
 
Metode Least Square (Kuadrat terkecil)
 
 
1.3.Metode Penulisan
Metode penulisan yang digunakan adalah dengan pembahasan berdiskusisecara kelompok/ tim berdasarkan studi pustaka atau dari buku dan modul kuliahdan referensi dari buku tambahan lain dan internet.
 
 
BAB IIPEMBAHASAN
2.1. Pengertian Analisis Deret Berkala
Di bawah ini adalah beberapa pengertian dari Analisis Deret Berkala :
 
Data yang dikumpulkan dari waktu ke waktu untuk menggambarkan perkembangan suatu kegiatan (perkembangan produksi, harga, hasil penjualan, jumlah penduduk, jumlah kecelakaan, jumlah kejahatan, dsb).
 
Serangkaian nilai-nilai variabel yang disusun berdasarkan waktu.
 
Serangkaian data yang terdiri dari variabel Yi yang merupakan serangkaianhasil observasidan fungsi dari variabel Xi yang merupakan variabel waktuyang bergerak secara seragam dan ke arah yang sama, dari waktu yang lampauke waktu yang mendatang.Deret berkala atau runtut waktu adalah serangkaian pengamatan terhadap peristiwa, kejadian atau variabel yang diambil dari waktu ke waktu, dicatat secarateliti menurut urut-urutan waktu terjadinya, kemudian disusun sebagai datastatistik.Dari suatu runtut waktu akan dapat diketahui pola perkembangan suatu peristiwa, kejadian atau variabel. Jika perkembangan suatu peristiwa mengikutisuatu pola yang teratur, maka berdasarkan pola perkembangan tersebut akan dapatdiramalkan peristiwa yang bakal terjadi dimasa yang akan datang.Jika nilai variabel atau besarnya gejala (peristiwa) dalam runtut waktu(serangkaian waktu) diberi simbol
Y
1
, Y
2
, ..Y
n
dan waktu-waktu pencatatan nilaivariabel (peristiwa) diberi simbol
X
1
, X
2
, ..X
n
maka rutut waktu dari nilai variabel

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->